Contoh Soal Payback Period 2 Proyek dan Cara Menghitungnya

Konten [Tampil]

Contoh soal payback period 2 proyek dan cara menghitungnya merupakan pedoman bagi perusahaan untuk menyelenggarakan pengambilan keputusan investasi modal. Rumus profitability index dan contoh perhitungannya akan mempermudah seseorang dalam rangka mengaplikasikan setiap prosedur penambahan kekayaannya.

Contoh soal metode periode pengembalian investasi modal atau payback period dapat digunakan agar perusahaan mengantipasi berkurangnya manfaat arus kas. Model pengambilan keputusan investasi modal terdiri dari model nondiskonto dan model diskonto. Adanya nilai waktu uang akan mempengaruhi investasi modal perusahaan.

Cara menghitung payback period per bulan ditujukan agar investasi aktiva tetap yang dijalankan perusahaan mendatangkan keuntungan. Non discounting model artinya perusahaan akan mengabaikan informasi suku bunga dan jangka waktu pelunasan tagihan berdasarkan informasi pengambilan keputusan investasinya.

Contoh Soal Payback Period 2 Proyek dan Cara Menghitungnya

Apa itu Payback Period Menurut Para Ahli

Contoh soal payback period 2 proyek dan cara menghitungnya merupakan prosedur mendasar bagi perusahaan dalam rangka menetapkan kewajiban informasi keuangannya. Discounted payback period dan contohnya akan mengaplikasikan setiap pertumbuhan perusahaan untuk penambahan kekayaan diperiode berjalan.

Apa itu payback period menurut para ahli? Metode periode pengembalian investasi adalah ukuran kasar perihal periode yang diperkirakan dapat mengembalikan arus kas. Apabila arus kas tidak sama jumlahnya antar periode, maka perusahaan dalam menjumlahkan arus kas untuk menetapkan standar perhitungan hasil kinerja keuangan.

Pengertian metode periode pengembalian investasi menurut para ahli adalah jangka waktu ditetapkannya masa untuk pemulihan arus kas atas pembelian aktiva tetap. Time value of money adalah harga dari sebuah uang yang dihasilkan pada periode sekarang dengan faktor inflasi dan tingkat kekayaan perusahaan lainnya.

Baca Juga: Contoh Soal Profitability Index dan Rumus Perhitungannya

Kelebihan dan Kelemahan Payback Period dalam Keputusan Investasi

Kelebihan payback period dalam pengambilan keputusan investasi melibatkan adanya konsekuensi pertimbangan kekayaan yang diperlakukan perusahaan. Mengapa perusahaan menggunakan metode periode pengembalian arus kas dalam keputusan investasi sebab mempertimbangkan risiko bertambahnya usia pakai mesin.

Contoh soal payback period 2 proyek dapat terjadi pada perhitungan pengadaan mesin dan bangunan. Batasan periode pengembalian investasi dapat ditetapkan berdasarkan kebutuhan perusahaan. Kelebihan payback period dalam pengambilan keputusan investasi adalah penambahan arus kas yang semakin besar.

Kelemahan payback periode dalam investasi adalah manajer keuangan mengabaikan adanya faktor nilai waktu uang dan kinerja investasi setelah melampaui masa pengembalian. Kegunaan dari metode periode pengambalian adalah membantu mengatasi risiko keusangan dan penilaian kinerja keuangan per bulan.

Baca Juga: Cara Menghitung Pembagian Dividen di Perusahaan Terbuka

Contoh Soal dan Cara Menghitung Metode Periode Pengembalian

Contoh soal dan cara menghitung metode periode pengembalian mesin dan kendaraan dalam 2 proyek atau lebih berdampak pada pemaksimalan potensi arus kas. Profitability index akan memperkenalkan informasi penambahan kekayaan perusahaan sebagai usaha mencari tambahan modal berupa hutang jangka pendek.

Contoh soal payback period 2 proyek terjadi ketika PT Masraffi memiliki informasi pengadaan mesin senilai Rp 240.000.000. Masa maksimal pengadaan mesin adalah 4 tahun. Berapakah nilai arus kas yang harus dihasilkan perusahaan untuk memaksimalkan potensi mesin dan masa pakai sesuai pengalaman perusahaan?

Rumus PBP (Pay Back Period) = Rp 240.000.000 : (4 * 12bulan)
Rumus PBP (Pay Back Period) = Rp 5.000.000

Cara menghitung payback periode mesin dan kendaraan bergantung kepada arus kas yang didapatkan. Apabila arus kas yang didapatkan tidaklah sama setiap bulan, maka perusahaan dapat memperhitungkan arus kas setelah investasi mesin, bangunan, tanah dan kendaraan dapat dipakai dan disusutkan.

Baca Juga: Cara Berinvestasi di Saham Melalui Aplikasi Bareksa

Demikian contoh soal payback period 2 proyek mesin dan kendaraan dalam materi pengambilan keputusan investasi. Manajer perusahaan akan memilih metode periode pengembalian investasi sebab akan memperhitungkan keuntungan yang didapatkan dalam jangka pendek terutama ketika mesin dalam kondisi prima.

0 Response to "Contoh Soal Payback Period 2 Proyek dan Cara Menghitungnya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel