Cara Menghitung Accounting Rate of Return dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Cara menghitung accounting rate of return merupakan langkah perusahaan dalam upaya pengambilan keputusan investasi modal selama satu periode. Investasi adalah kegiatan perusahaan menyerahkan sumber daya keuangannya kepada pihak lain sebagai dasar pembelian aktiva tetap dan aktiva tak berwujud.

Contoh soal accounting rate of return dan jawabannya menjadi bagian dari materi analisis laporan keuangan. Kelebihan dan kekurangan average accounting rate of return diperkenankan agar dapat diaplikasikan berdasarkan informasi keuangan. Setiap perusahaan berhak membeli aktiva tetap sesuai arus kas investasi.

Contoh soal dan jawaban accounting rate of return memperlihatkan kemungkinan perusahaan dalam merepresentasikan profitability index. Tingkat pengembalian akuntansi akan mengukur sejauh mana kelayakan sebuah investasi jangka pendek dengan memakai laba bersih bukan menggunakan arus kas yang didapatkan.

Cara Menghitung Accounting Rate of Return dan Pembahasannya

Apa yang Dimaksud Accounting Rate of Return Arr?

Accounting rate of return arr menurut para ahli adalah alat yang digunakan perusahaan untuk menilai investasi jangka panjang. Keputusan investasi modal diperlukan sebagai upaya perusahaan melakukan kegiatan administrasi sesuai pertumbuhan informasi keuangan yang diselenggarakan setiap tahun fiskal.

Cara menghitung accounting rate of return ditujukan agar manajer keuangan dapat menghindari konflik dengan departemen lain. Arr bertujuan untuk analisis informasi keuangan yang didasarkan pada kebutuhan perusahaan untuk merepsentasikan kegiatan perpajakan dan administrasi sesuai kebutuhan perusahaan per periodenya.

Metode tingkat pengembalian akuntansi akan memakai informasi laba rata-rata, investasi rata-rata dan nilai penyusutan. Mengapa perusahaan menggunakan metode tingkat pengembalian akuntansi dalam keputusan investasi sebab adanya pertimbangan berkaitan dengan laba kotor dan laba bersih yang dapat dihasilkan.

Baca Juga: Cara Mengisi E-Spt PPh Pasal 4 Ayat 2

Kelebihan dan Kekurangan Average Accounting Rate of Return

Kelebihan dan kekurangan average accounting rate of return diperlukan sebagai upaya mempertahankan kelangsungan berbisnis. Laba rata-rata sebuah proyek diperhitungkan berdasarkan penjumlahan laba per bulan dengan jumlah periodenya. Arus kas yang didiskontokan merupakan perhitungan nilai sekarang arus kas menggunakan prinsip nilai waktu uang.

Kelebihan dan kekurangan accounting rate of return harus dipertimbangkan agar keputusan taktis pembelian aktiva tetap dapat diupayakan. Pembelian aset tetap merupakan tindakan perusahaan mengadakan aset yang diperkirakan dalam menaikkan omzet perusahaan dimasa depan sesuai kebutuhannya.

Menghitung arr merupakan kegiatan utama setelah perusahaan merepresentasikan kekayaannya. Laba bersih tahunan adalah keuntungan yang didapatkan perusahaan dalam upaya menambahkan sumber daya modalnya. Present value adalah nilai sekarang dari aset yang diinvestasikan untuk jangka waktu ke depan.

Baca Juga: Jurnal Mencatat Transaksi Capital Leasing dan Operating Leasing

Contoh Soal Accounting Rate of Return dan Jawabannya

Contoh soal metode tingkat pengembalian akuntansi terjadi ketika PT Masraffi mengusulkan pembelian mesin produksi dengan harga perolehan Rp 234.000.000. Laba kotor yang didapatkan selama 5 tahun adalah Rp 800.000.000. Bagaimana cara menghitung dan rumus arr yang diperlukan untuk investasi.

Rumus Arr Accounting Rate of Return

Rumus Arr = Laba rata-rata : total investasi jangka pendek

Cara Menghitung Metode Tingkat Pengembalian Akuntansi

Cara menghitung metode tingkat pengembalian akuntansi merupakan kebijakan yang diselenggarakan perusahaan untuk menyakinkan pihak keuangan dalam rangka mengapresiasi pertumbuhannya. Semakin tinggi nilai arr menandakan investasi yang dilakukan perusahaan mendatangkan keuntungan setiap tahunnya.

Cara menghitung metode tingkat pengembalian akuntansi bertujuan agar setiap kekayaan perusahaan dapat diperhitungkan secara jelas. Kelemahan metode arr adalah tidak memakai prinsip nilai waktu uang dalam alokasi perhitungan investasi. Inflasi adalah penyebab perusahaan harus mempersiapkan arus kasnya.

Rumus Arr = Rp 234.000.000 : Rp 800.000.000
Rumus Arr = 29,25%

Baca Juga: Perbedaan NPV, ARR dan IR

Demikian cara menghitung accounting rate of return dalam metode pengambilan keputusan investasi pada perusahaan manufaktur dan dagang. Rasio keuangan diperlukan agar investor dapat menyelenggarakan kegiatan pembayaran tagihan. Mengapa npv dikatakan sebagai metode keputusan investasi terbaik sebab dapat memperkirakan arus kas masa depan dengan nilai sekarang.

0 Response to "Cara Menghitung Accounting Rate of Return dan Pembahasannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel