Contoh Soal dan Jawaban Capital Leasing dan Operating Leasing

Konten [Tampil]
Contoh soal capital leasing dan operating leasing akuntansi keuangan menengah menjadi persoalan yang sering dibahas. Rumus dan contoh soal sewa guna usaha akan menjadi kebiasan para akuntan terutama yang ingin bekerja pada kredit motor ya.

Contoh kasus sewa guna usaha atau sering disebut leasing akan berupa pembayaran yang harus dibayar selama masa peminjaman. Contoh soal dan jawaban sewa guna usaha akan memudahkan anda mengetahui mekanisme pembayaran bunga dan pokok pada saat angsuran.

Contoh soal capital lease dan operating lease tentunya berbeda baik dalam pencatatan ataupun dalam perhitungan ya.

Contoh Soal dan Jawaban Capital Leasing dan Operating Leasing

Contoh Soal Leasing Akuntansi Keuangan Menengah.

Contoh soal capital lease dan operating lease akuntansi keuangan menengah terjadi pada PT Rafinternet yang menyewa sebuah mobil dengan kontrak sewa selama 5 tahun. Setiap tahun PT rafinternet harus membayar sebesar Rp 32.520.000 pada awal tahun. Harga tunai mobil yaitu Rp 120.000.000. PT Rafinternet akan dibebankan bunga sebesar 18% pertahun dengan taksiran umur ekonomis selama 5 tahun.

Berdasarkan contoh soal leasing akuntansi keuangan menengah diatas, cara hitung capital lease dan operating lease yang harus dibuat sebagai berikut ini
Baca Juga Aset Tetap Adalah ~ Pengertian, Karakteristik, Penggolongan Aktiva Tetap

Cara Menghitung Capital Leasing / Lease.

Cara menghitung capital lease lebih mudah dilakukan dengan menggunakan tabel pembayaran yang terjadi selama masa sewa ya. Namun sebelum itu, harus ditentukan nilai dimasa depan dengan menggunakan rumus PV atau present value dengan rumus sebagai berikut = 32.520.000 * 1 - (1-r)^-n / r

Perhitungan capital lease yang harus dibayar oleh PT rafinternet yaitu = Rp 101.695.602, setelah ini ditentukan baru dibuat tabel pembayarannya ya.

Contoh Soal dan Jawaban Capital Leasing dan Operating Leasing
Baca Juga  Perbedaan Metode Akuntansi Berbasis Akrual dan Metode Kas

Cara Menghitung Operating Leasing / Lease.

Contoh soal operating leasing yang telah dikemukakan di atas maka cara untuk menghitung operating lease yang menjadi beban perusahaan selama tahun tersebut yaitu.

Contoh Soal dan Jawaban Capital Leasing dan Operating Leasing

Demikianlah contoh soal dan jawaban sewa guna usaha operating lease dan capital lease dalam mata kuliah akuntansi keuangan menengah, jika anda perlu bantuan dapat berkomentar ya

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Capital Leasing dan Operating Leasing"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel