Aset Tetap Adalah ~ Pengertian, Karakteristik, Penggolongan Aktiva Tetap

Konten [Tampil]
Aset tetap sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam rangka menjalankan kegiatan operasionalnya sehari-hari. Tahukah kamu apa itu aset tetap, karakteristik aset tetap, dan penggolongan aset tetap. Nah kali ini mas raffi akan memberikan pengetahuan mengenai aset tetap.


Pengertian Aset Tetap

Aset tetap adalah sebuah aktiva yang memiliki wujud secara fisik dan digunakan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan yang memiliki umur ekonomis yang lama serta tidak ada maksud untuk diperjualbelian kepada pihak lain.

Aset Tetap Adalah - Pengertian, Karakteristik, Penggolongan Aktiva Tetap
 
Aset dahulunya bernama aktiva, karena adanya perubahan dalam psak tahun 2009 maka penamaan aktiva menjadi aset tetap dan aset tak berwujud. Aset tetap memiliki karakteristik yang membedakannya dengan akun yang lainnya yang dipunyai oleh perusahaan terutama barang dagang ya.

Karakteristik Utama Aset tetap adalah aset tetap tidak diperjualbelikan karena dipergunakan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan sehari-hari.
Baca Juga Perbedaan Metode Akuntansi Berbasis Akrual dan Metode Kas

4 Karakteristik Aset Tetap Berdasarkan PSAK

Apa saja karakteristik aset tetap yang dimiliki oleh perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya sehari-hari. Berikut ini adalah ciri-ciri aktiva tetap ya.
  • Aset tetap dipergunakan dalam jangka panjang
  • Aset tetap memiliki umur manfaat lebih dari satu tahun
  • Aset tetap digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan 
  • Aset tetap tidak bermaksud untuk diperjualbelikan.
 Nah karakteristik aset tetap menurut para ahli telah saya berikan ya, perusahaan tentunya akan selalu memiliki aset tetap dalam mejalankan kegiatan operasional ya, karakteristik tersebut diperlukan untuk membedakan dengan akun yang lainnya.

Karakteristik aset tetap yang membedakan dengan perlengkapan kantor adalah perlengkapan kantor yang dimiliki perusahaan hanya memiliki umur ekonomis dalam waktu satu tahun saja akan tetapi aset tetap memiliki umur yang lebih dari satu tahun.

Karakteristik aset tetap yang membedakan dengan investasi jangka panjang adalah aset tetap yang dipergunakan dalam jangka panjang hanya akan mendapatkan penghasilan ketika dipergunakan untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan sendiri.
Baca Juga Prinsip-Prinsip Pengendalian Internal Perusahaan

Jenis-Jenis Aset Tetap

Aset tetap memiliki beberapa jenis atau penggolongan aktiva lancar terdapat beberapa item sebagai berikut:
  • Tanah, baik yang digunakan sebagai pabrik atau fasilitas perusahaan lainya seperti tempat parkir.
  • Perbaikan tanah, seperti pagar dan drainase air.
  • Gedung, seperti kantor dan pabrik
  • Peralatan, seperti peralatan kantor dan peralatan pabrik
Nah itulah pengertian aset tetap, bagaiamana penggolongan aset tetap bahkan karakteristik aset tetap yang membedakannya dengan aset yang lainnya

0 Response to "Aset Tetap Adalah ~ Pengertian, Karakteristik, Penggolongan Aktiva Tetap"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel