Perbedaan Metode Akuntansi Berbasis Akrual dan Metode Kas

Konten [Tampil]
Akuntansi merupakan seni dalam mengumpulkan, menghitung dan pada akhirnya menjadi sebuah laporan keuangan, tahukah ada metode dalam penyusunan laporan keuangan yaitu metode akrual dan metode kas.

Penentuan laba akuntansi tentu tidak akan terlepas dari jurnal penyesuaian. Penentuan laba yang salah akan membuat laba yang diperoleh perusahaan menjadi salah sehingga dapat mempertinggi atau memperendah dari keadaan yang sebenarnya terjadi.


Akuntansi Berbasis Akrual

Akrual adalah pencatatan sebuah transaksi pada saat transaksi terjadi. Akuntansi berbasis akrual adalah pencatatan pemberikan jasa, barang dan pengeluaran atas hal tersebut dicatat oleh perusahaan tanpa memandang kas sudah diterima atau belum.

Perbedaan Metode Akuntansi Berbasis Akrual dan Metode Kas

Contoh akun akuntansi yang berbasis akrual adalah piutang dan utang usaha. Piutang hanya akan muncul ketika pembayaran atas pekerjaan perusahaan telah dilaksanakan dimasa mendatang.
Baca Juga Cara Membuat Neraca Saldo dari Buku Besar dan Jurnal Umum

Akuntansi Berbasis Kas

Kas adalah aktiva lancar perusahaan yang memiliki sifat likuid dan mudah untuk diselewengkan. Akuntansi berbasis kas adalah pencatatan pemberian jasa dan barang serta pengeluarannya ketika kas diterima atau dikeluarkan dari perusahaan.

Contoh akun akuntansi berbasis akrual adalah pendapatan dan kas. Kas hanya keluar ketika ada beban dan masuk ketika ada pengeluaran.
Baca Juga  Contoh Soal Neraca Saldo Beserta Jawabannya

Perbedaan Metode Pencatatan Akrual dan Tunai.

Perbedaan metode pencatatan akrual dan tunai adalah ketika pencatatan dilakukan oleh akuntan, apabila menggunakan metode akrual maka langsung dicatat akan tetapi ketika menggunakan metode tunai maka pencatatan hanya ketika diterimanya kas oleh perusahaan.

Mengapa teknik akuntansi akrual dianggap lebih baik daripada akuntansi tunai? karena dalam metode akrual semua pencatatan baik biaya dan pendapatan yang seharusnya terjadi telah dicatat walaupun belum diterima oleh perusahaan ya.
Baca Juga Contoh Soal Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perkebunan
Bagaimanakan pemakaian basis akrual dan basis tunai dalam akuntansi keuangan daearah / publik, sekarang ini sektor publik telah merubah tata cara pencatatan dari tunai menuju ke akrual ya.

0 Response to "Perbedaan Metode Akuntansi Berbasis Akrual dan Metode Kas"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel