Cara Membuat Neraca Saldo dari Buku Besar dan Jurnal Umum

Konten [Tampil]
Cara membuat neraca saldo dari buku besar dan jurnal umum merupakan langkah yang cukup membantu dalam proses penyusunan laporan keuangan dan laporan laba rugi. Neraca saldo berasal dari buku besar dan jurnal umum yang telah dibuat pada proses awal akuntansi.

Cara buat neraca saldo 6 lajur dan 10 lajur yang membedakan adalah berapa jumlah kolom yang dipergunakan dalam proses pembuatan necara saldo yang membuat informasi mengenai neraca saldo awal, jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah disesuaikan, laporan laba rugi bahkan laporan posisi keuangan.


Apa itu Neraca Saldo

Neraca saldo adalah suatu kertas yang digunakan untuk mengumpulkan semua data akuntansi yang dibuat perusahaan dalam penyusunan laporan keuangan secara sistematis. Necara saldo bukan merupakan bagian dari laporan keuangan ya, hanya sebagai pembantu dalam proses penyusunan laporan keuangan saja.
Baca Juga Contoh Soal Pph Pasal 25 Badan dan Jawabannya

Komponen Neraca Saldo

Komponen neraca saldo dalam laporan keuangan memuat item sebagai berikut.
  1. Neraca saldo awal
  2. Jurnal Penyesuaian
  3. Necara Saldo Setelah penyesuaian
  4. Laporan laba rugi
  5. Laporan posisi keuangan.
Neraca saldo memuat beberapa kolom yaitu 6 dan 10 kolom, yang paling populer digunakan adalah 10 kolom ya.
Baca Juga Cara Memasukan Saldo Persediaan Awal Barang Dagang di Myob

Proses Penyusunan Neraca Saldo

Cara buat nerasa saldo dari buku besar terdapat beberapa tahap yang harus dilalui yaitu

Cara buat nerasa saldo sebelum penyesuaian berasal dari saldo akhir masing-masing akun dalam buku besar atau general ledger, silahkan anda masukkan saldo akun buku besar ke dalam kolom neraca yang telah disiapkan ya.

Setelah itu, anda membuat beberapa jurnal penyesuaian yang anda dapat masukan ke dalam jurnal penyesuaian dalam kolom penyesuaian ya.

Cara buat neraca saldo disesuaikan hanya dengan menghitung pada bagian neraca saldo sebelum penyesuaian dengan jurnal penyesuaian, jangan sampai anda salah hitung ya.

Lalu anda pindahkan jumlah yang ada pada bagian neraca saldo disesuaikan ke dalam lapora laba rugi dan posisi keuangan ya, ingat hal ini akan menimbulkan selisih yang disebut laba atau rugi perusahaan.

Cara membuat neraca saldo balance cukup mudah, biasanya kesalahan mendasar pada bagian penjumlahan dan pengurangan dari neraca saldo sebelum penyesuaian dengan jurnal penyesuaian, lalu ada kemungkinan anda salah menaruh hasil pada kolom debit dan kreditnya ya.

Cara membuat neraca saldo penutupan berasal dari buku besar setelah penyesuaian dan jurnal penutup ya, tugas anda hanyalah menghitung kedua item tersebut dan jangan sampai terbalik ya.

Cara membuat neraca saldo setelah penutupan tanpa buku besar bukanlah suatu hal yang mustahil karena hanya perlu melakukan perhitungan dengan teliti saja sehingga proses pembuatan neraca saldo benar ya.
Baca Juga PPh pasal 24, Inilah Cara Hitung, Jurnal dan Contoh Soal

Manfaat Neraca Saldo

Neraca saldo memiliki banyak sekali manfaat khususnya dalam proses penyusunan laporan keuangan, manfaat yang didapatkan dari penyusunan neraca saldo adalah dapat memeriksa kebenaran dan kevalidan data yang digunakan dalam proses penyusunan laporan keuangan serta dapat membuktikan bahwa prosedur penyusunan laporan keuangan telah dilakukan semuanya ya.
Baca Juga Cara Menghitung BPHTB Jual Beli dan BPHTB Warisan serta Jurnalnya

Contoh Neraca Saldo Perusahaan Dagang dan Perusahaan Jasa

Contoh neraca saldo perusahaan dagang dan contoh neraca saldo perusahaan jasa pada dasarnya hampir mirip, hal yang membedakan hanyalah nama akun dalam penyusunan laporan keuangan saja. Dalam perusahaan dagang terdapat harga pokok penjualan sedangkan dalam perusahaan jasa tidak terdapat.

Format neraca saldo perusahaan dagang dan perusahaan jasa adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Neraca Saldo dari Buku Besar dan Jurnal Umum


0 Response to "Cara Membuat Neraca Saldo dari Buku Besar dan Jurnal Umum"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel