Prinsip-Prinsip Pengendalian Internal Perusahaan

Konten [Tampil]
Penyelewengan merupakan tindakan yang berlainan dengan tujuan perusahaan yaitu mendapatkan laba. Penyelewengan hanya dapat dicegah dengan melakukan pengendalian internal yang efektif sehingga dapat menghindari adanya fraud dimasa depan.

Prinsip pengendalian interen perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lainnya berbeda ya karena hal ini bergantung fokus perusahaan dalam mencegah terjadinya sebuah pelanggaran dalam perusahaan.


Apa Itu Pengendalian Internal

Pengendalian internal menurut para ahli adalah sebuah aktivitas pencegahan terjadinya suatu kecurangan dalam sebuah perusahaan yang dapat berguna untuk memperkecil resiko yang mungkin terjadi diperusahaan.


Perusahaan yang baik tentu akan memiliki aktivitas pengendalian internal yang baik sehingga akan menghindari adanya kerugian yang mungkin terjadi. Pengendalian internal sebagai sebuah metode yang saling berkaitan untuk mengamankan aset dan meningkatkan keandalan pencatatan akuntansi yang menjamin kesesuaian dengan ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku.
Baca Juga Perbedaan Metode Akuntansi Berbasis Akrual dan Metode Kas

Prinsip Prinsip Pengendalian Internal Akuntansi Perusahaan

Prinsip-prinsip pengendalian internal perusahaan jasa dan perusahaan dagang pada dasarnya sama, akan tetapi cara perusahaan untuk mengamankan aset yang dimilikinya yang membedakannya saja.

Komponen dan prinsip pengendalian internal adalah penetapan tanggungjawab, pemisahan tugas, prosedur dokumentasi, pengawasan fisik, verifikasi internal dan pengendalian atas sumber daya manusia.

Sebutkan prinsip prinsip pengendalian internal pada suatu instansi adalah
  • Penetapan tanggungjawab
  • Pemisahan tugas
  • Pengawasan Fisik
  • Verifikasi Independen
  • Pengendalian sumber daya manusia.
Pengendalian sumber daya manusia merupakan suatu hal yang paling penting karena akan menjaga agar perusahaan dapat efektif, selain itu manusia merupakan benda yang memiliki akal sehingga akan dapat memilih manakah yang baik dan tidak.
Baca Juga Cara Membuat Neraca Saldo dari Buku Besar dan Jurnal Umum
Oleh karena itu, sebaiknya perusahaan memiliki sistem pengawasan yang terbaik sehingga dapat mengawasi semua aktivitas yang ada diperusahaan. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu memenuhi prinsip-prinsip pengawasan internal perusahaan secara efektif, efisien dan ekonomis

0 Response to "Prinsip-Prinsip Pengendalian Internal Perusahaan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel