Cara Menghitung Obligasi dengan Kupon Bunga

Konten [Tampil]
Cara menghitung nilai obligasi dengan kupon bunga merupakan tindakan kita menganalisis berapakah yang menjadi tanggungan kita selama satu periode sebagai akibat menggunakan hutang obligasi.

Cara menghitung obligasi dalam akuntansi lebih mudah diberikan dalam bentuk contoh soal obligasi dan jawabannya. Obligasi sebagai hutang yang harus dibayar perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Cara Menghitung Obligasi dengan Kupon Bunga

Cara Menghitung Nilai Obligasi dengan Kupon Bunga

Pengertian Obligasi.

Pengertian obligasi merupakan surat hutang yang diberikan dari perusahaan sebagai tanda permintaan hutang kepada para kreditor yang disertai dengan kupon atau bunga.

Obligasi sebagai media untuk berhutang memiliki nilai obligasi yang akan berbeda dari satu masa ke masa berikutnya.

Cara menghitung nilai obligasi dengan kupon bunga pada dasarnya bunga akan berbeda dari satu masa ke masa lain menyesuaikan dengan tingkat inflasi yang terjadi pada suatu negara.

Macam-Macam Obligasi.

Obligasi terdiri dari dua macam yaitu obligasi tanpa bunga dan obligasi dengan bunga. Walaupun begitu yang namanya hutang pada suatu bisnis ekonomi pastinya pembayaran akan lebih banyak dibandingkan dengan yang diterima ya.

Contoh Soal Obligasi dan Jawabannya dalam Akuntansi.

Contoh soal obligasi dan jawabannya akan mempermudah dalam perhitungan nilai obligasi pada masa depan ya. Adapun contoh soal obligasi dan jawabannya terjadi pada PT Rafinternet ya.

PT Rafinternet menerbitkan obligasi dengan nilai nominal Rp 10.000.000 tertanggal 1 Januari 2020, jatuh tempo dalam jangka waktu 5 tahun dengan bunga obligasi sebesar 8 persen yang dibayarkan setiap tahunnya. Berapakah yang harus dibayar PT rafinternet pada setiap tahunnya?

Cara Menghitung Obligasi.

Menghitung nilai obligasi diawali dengan mencari nilai present value yang akan terjadi di masa depan untuk menentukan apakah terjadi bunga atau tidak ya.

Terlebih dahulu dihitung nilai present value untuk nilai nominal pada masa depan dengan cara = nilai obligasi * (1/(1+i)^n = Rp 10.000.000 * (1/1+8%)^5 = Rp 6.805.832.

Cara menghitung obligasi at par dilanjutkan dengan mencari present value untuk pembayaran bunga ke depan = nilai bunga * ((1 – (1+i)^n )/( i)) = Rp 800.000 * 1 – (1+8%)^5 / 8% = Rp 3.194.168.

Lalu dihitung antara present value untuk nilai nominal dengan present value untuk pembayaran bunga = Rp 6.805.832 + Rp 3.194.168 = Rp 10.000.000.

Jurnal untuk mencatat bunga obligasi beserta pembayaran bunga dan pengakuan hutang obligasi adalah sebagai berikut ini.

Tanggal
Keterangan
Debit Kredit
1 Jan
Kas
   Utang Obligasi
Rp 10.000.000
    Rp 10.000.000
31 Des
Beban Bunga
   Utang Bunga Obligasi
Rp 800.000
   Rp 800.000
1 Jan
Utang Bunga Obligasi
   Kas
Rp 800.000
   Rp 800.000


Demikianlah Cara Menghitung Obligasi dengan Kupon Bunga semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Cara Menghitung Obligasi dengan Kupon Bunga"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel