Contoh Soal Cara Menghitung Cashback, Diskon dan Ppn Saat Penjualan

Konten [Tampil]

Contoh soal cara menghitung cashback, diskon dan ppn saat penjualan dan pembelian adalah aktivitas utama agar perusahaan mendapatkan peluang memperoleh laba. Laba kotor adalah keuntungan yang didapatkan perusahaan dari penjualan barang setelah dikurangi biaya pembuatan barang yang dipesan pelanggan.

Cara menghitung cashback, diskon dan ppn 11% di excel bertujuan agar pelanggan mempersiapkan dana yang cukup untuk mendapatkan pendapatan lain-lain. Cashback 10 persen artinya pembeli memperoleh kembali dana yang telah dibayarkan kepada penjual sebesar 10% dari total tagihan setelah terjadi pembayaran penuh.

Jurnal mencatat pembelian barang dengan ppn, diskon dan cashback dilakukan agar entitas tidak salah mengalokasikan informasi keuangannya. Cara mencatat transaksi penjualan dan pembelian barang melalui shopee, tokopedia, lazada, bukalapak dan marketplace lainnya bertujuan untuk mengurangi pemeriksaan pajak.

Contoh Soal Cara Menghitung Cashback, Diskon dan Ppn Saat Penjualan

Apa itu Cashback, Diskon dan Pajak Pertambahan Nilai

Apa itu cashback? Pengertian cashback adalah uang kas yang diberikan oleh penjual kepada pembeli yang telah melakukan pembayaran secara penuh. Cashback masuk ke akun pendapatan lain-lain bagi pembeli. Cashback masuk ke akun biaya pemasaran bagi penjual. Tujuan pemberian cashback adalah meningkatkan kualitas penjualan barangnya.

Apa itu diskon atau potongan harga? Pengertian diskon adalah pengurangan pembayaran yang diberikan kepada pembeli atas barang yang dibelinya. Diskon termasuk komponen dalam faktur pajak keluaran. Pembelian barang dapat menggunakan metode perpetual dan periodik sesuai dengan kebutuhan perusahaannya.

Apa itu pajak pertambahan nilai? Pengertian value add tax atau pajak pertambahan nilai adalah tambahan biaya yang wajib dikeluarkan pembeli atas pertambahan rantai pasokan nilai dari penjual. PPn bertujuan agar penjual diberikan tambahan modal sementara sebelum penyetoran kas ke negara melalui kode billing pajak.

Baca Juga: Cara Menghitung Diskon 70 Persen dari Total Tagihan

Contoh Soal Cara Menghitung Cashback, Diskon dan Pajak Pertambahan Nilai

Contoh soal cara menghitung cashback, diskon dan pajak pertambahan nilai saat penjualan dan pembelian barang bertujuan untuk meningkatkan sarana promosi bagi perusahaan. Semakin tinggi rasio promosi perusahaan maka semakin besar kesempatan memperoleh penghasilan sesuai dengan biaya pemasarannya.

Cara menghitung diskon 70 persen ditentukan berdasarkan nilai tagihan barangnya. Apa itu cashback 50% artinya pembeli memperoleh kembali uangnya sebesar 50% dari total tagihan akhir. Perhitungan cashback di excel bertujuan memudahkan pembuatan invoice dan faktur pajak keluaran sesuai aturan pemerintah.

Contoh soal jurnal mencatat pemberian cashback dan diskon serta pemungutan ppn terjadi ketika PT Masraffi mengadakan transaksi pembelian barang senilai Rp 53.000.000. Penjual memberikan cashback 10% dari total pembayaran atau diskon Rp 700.000 dari tagihan. Bagaimana cara mencatat jurnal pemberian cashback atau potongan harga tersebut?

Baca Juga: Cara Input Pemberian Cashback di Accurate

Jurnal Mencatat Pemberian Diskon dan Cashback bagi Pembeli

Jurnal mencatat pemberian diskon dan cashback bagi pembeli ditujukan agar perusahaan memperoleh kesempatan dalam memberikan peluang bisnis. Langkah-langkah mencatat transaksi pembelian tunai di accurate dianjurkan agar transaksi pembelian atau yang lainnya dapat diorientasikan sesuai kebutuhan perusahaan.

Jurnal Mencatat Pemberian Cashback Bagi Pembeli

Jurnal mencatat pemberian cashback bagi pembeli bertujuan agar dibuatkannya bukti potong pph pasal 23. Cashback menjadi objek pajak penghasilan atas jasa manajemen. Cashback masuk ke akun pendapatan lain-lain setelah pemotongan pph pasal 23. Adapun jurnal mencatat pemberian cashback bagi pembeli adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/04/2023Komputer Rp 53.000.000
PPN masukan Rp 5.830.000
Kas Rp 58.830.000
(jurnal pembelian komputer secara tunai)
14/04/2023Kas Rp 5.194.000
PPh Pasal 23 Rp 106.000
Pendapatan Lain-Lain Rp 5.300.000
(jurnal mencatat cashback pembelian barang)

Jurnal Mencatat Pemberian Diskon atau Potongan Harga bagi Pembeli

Contoh soal cara menghitung cashback, diskon dan ppn saat penjualan dan pembelian melalui excel diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur yang menjalankan transaksi bisnis. Diskon adalah potongan harga yang diberikan kepada pelanggan untuk mempertahankan loyalitas dan meningkatkan daya jual barang kembali.

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/04/2023Komputer Rp 24.000.000
PPN Masukan Rp 2.563.000
Potongan Pembelian Rp 700.000
Kas Rp 25.863.000
(Jurnal mencatat Pembelian Dengan Diskon)

Baca Juga: Perbedaan Cashback dan Potongan Harga

Demikian contoh soal cara menghitung cashback, diskon dan pajak pertambahan nilai saat penjualan barang dan pembelian bahan baku. Ketentuan perpajakan mengenai cashback dan potongan harga akan dialokasikan berdasarkan keputusan menteri keuangang yang berlaku menyesuaikan kebutuhan perusahaannya.

0 Response to "Contoh Soal Cara Menghitung Cashback, Diskon dan Ppn Saat Penjualan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel