Contoh Soal Metode Harga Pokok Pesanan dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal metode harga pokok pesanan dan jawabannya merupakan program perusahaan dalam rangka  menentukan biaya pokok dari produk dan jasa yang diberikan kepada pelanggan. Perhitungan laba kotor didasarkan pada kemampuan perusahaan menaikkan harga jual barang disertai adanya penurunan biaya tertentu.

Contoh soal dan jawaban metode harga pokok pesanan dapat menggunakan full costing atau variable costing. Perusahaan manufaktur akan mengeluarkan nomor seri atau batch untuk setiap fase produksi. Tujuan akuntansi biaya adalah memudahkan proses perhitungan harga pokok untuk menilai kondisi keuangannya.

Perusahaan yang menggunakan harga pokok pesanan dan harga pokok proses dalam kegiatan produksi perlu menghindari adanya kontrak kerjasama jangka panjang. Biaya produksi terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik yang dikeluarkan untuk setiap pesanan atau batch.

Contoh Soal Metode Harga Pokok Pesanan dan Jawabannya

Ciri-Ciri Metode Harga Pokok Pesanan

Bagaimana ciri-ciri metode harga pokok pesanan adalah entitas hanya melakukan produksi ketika pelanggan mengirimkan purchase order atau surat pesanan barang. Pelanggan memiliki hak untuk menetapkan karakteristik produk sesuai yang diinginkannya agar dapat diperdagangkan dikemudian harinya.

Contoh soal metode harga pokok pesanan dan jawabannya diperlukan agar setiap pengeluaran perusahaan mendapatkan kesempatan dalam mempertahankan kondisi keuangannya. Laporan laba rugi full costing dan variable costing ditujukan agar entitas mempertanggungjawabkan seluruh pemakaian dana perusahaan per periodenya.

Ciri-ciri metode harga pokok pesanan dalam perusahaan manufaktur adalah entitas hanya melakukan produksi per pesanan dan produk cenderung memiliki karakteristik yang berbeda. Job order costing dan process costing ditujukan agar mutasi perpindahan barang dari bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: Apa itu Job Order Costing dan Process Costing

Aliran Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan sering disebut dengan job order costing. Costing adalah proses perubahan arus kas menjadi barang jadi dimana kepala produksi bertanggungjawab mempertahankan bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi yang dimiliki perusahaan saat surat perintah kerja diberikan.

Contoh soal metode harga pokok pesanan dan jawabannya perlu menghindari adanya kecurangan yang dilakukan karyawan. Sistem pengendalian internal perusahaan harus dapat mempublikasikan setiap transaksi yang diselenggarakan secara wajar untuk memaksimalkan potensi arus kas investasi dan pendanaannya.

Aliran sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan memerlukan biaya bahan baku dan biaya konversi. Biaya konversi merupakan biaya variabel yang dapat berubah-ubah menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Job order costing dan process costing perlu dihindari untuk meminimalisir kecurangan entitas.

Baca Juga: Contoh Jurnal Pembelian Secara Tunai dan Kredit

Contoh Soal Metode Harga Pokok Pesanan dan Jawabannya

Contoh soal metode harga pokok pesanan dan jawabannya bertujuan agar setiap perusahaan mempersiapkan kondisi keuangan yang disesuaika kebutuhan perusahaan. Arus kas operasional harus dipertahankan agar tidak menggangu proses pembayaran gaji dan tunjangan para karyawan produksi dan staffnya.

Cara Menghitung Harga Pokok Pesanan untuk Biaya Bahan Baku

Cara menghitung harga pokok pesanan untuk biaya bahan baku terjadi ketika PT Masraffi membeli bahan baku abs senilai Rp 93.000.000. Kartu biaya produksi menunjukkan pemakaian bahan langsung sebesar Rp 73.000.000 dan biaya overhead pabrik senilai Rp 10.000.000. Buatlah jurnal pencatatan yang diperlukan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/04/2023Persediaan Bahan Baku Rp 93.000.000
PPN Masukan Rp 10.230.000
Kas Rp 103.230.000
(Jurnal mencatat pembelian bahan baku)
14/04/2023Persediaan dalam Proses - Bahan Baku Rp 73.000.000
Biaya Overhead Pabrik Rp 10.000.000
Persediaan Bahan Baku Rp 83.000.000
(Jurnal pembebanan biaya bahan baku ke proses produksi)

Cara Menghitung Harga Pokok Pesanan untuk Biaya Tenaga Kerja

Cara menghitung harga pokok pesanan untuk biaya tenaga kerja di perusahaan manufaktur diperlukan agar entitas dapat memperpanjang masa kontrak kerjasama bisnis. Apa saja contoh contoh perusahaan yang menerapkan sistem harga pokok pesanan adalah entitas yang memberikan kebebasan desain untuk pelanggannya.

Biaya tenaga kerja langsung yang dibayarkan PT Masraffi sebesar Rp 24.000.000 dan biaya tenaga kerja tidak langsung sebesar Rp 8.000.000. Bagaimana cara mencatat transaksi pembayaran gaji dan tunjangan karyawan oleh perusahaan tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/04/2023Biaya Gaji dan Upah Karyawam Rp 32.000.000
Utang gaji dan upah Rp 32.000.000
(Jurnal pencatatan schedul pembayaran gaji karyawan)
24/04/2023Persediaan dalam Proses - Biaya Tenaga Kerja Rp 24.000.000
Biaya Overhead Pabrik Rp 8.000.000
Biaya Gaji dan Upah Karyawam Rp 32.000.000
(jurnal pembebanan biaya tenaga kerja ke produksi)

Jurnal Anggaran Biaya Overhead Pabrik

Jurnal anggaran biaya overhead pabrik harus ditetapkan sebab entitas memiliki formula produk atau bill of material. Setiap surat perintah kerja akan dikeluarkan yang mengakibatkan entitas harus mempersiapkan anggaran untuk mengantisipasi kenaikan harga pokok produksi atas pesanan tersebut.

Jurnal Pembebanan Biaya Produksi Ke Persediaan Barang Jadi

Setelah proses produksi diselenggarakan. Maka, tujuan produksi adalah mempersiapkan dana untuk mensejahterakan para karyawannya. Perhitungan harga pokok produksi harus diukur dengan handal agar dapat dipertanggungjawabkan ketika kantor pelayanan pajak datang ke perusahaan tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Formula Produksi atau Bill of Material di Accurate

Demikian contoh soal metode harga pokok pesanan dan jawabannya dalam materi akuntansi pengantar. Setiap perusahaan manufaktur memiliki sistem informasi akuntansi yang diperuntukkan membedakan persediaan bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi yang dimiliki perusahaan di gudangnya.

0 Response to "Contoh Soal Metode Harga Pokok Pesanan dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel