Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan dalam akuntansi merupakan pedoman bagi perusahaan dalam rangka investasi jangka panjang. Apa kelebihan dari metode persentase penyelesaian adalah entitas dapat melaporkan kinerja keuangan dan membayarkan pajak pertambahan nilai setiap periode kontrak kerjasama.

Kelebihan dan kekurangan metode persentase penyelesaian dalam pengakuan pendapatan harus mempertimbangkan aspek perpajakan. Contoh soal akuntansi kontrak kontruksi berkaitan dengan hubungan istimewa diantara anak perusahaan dan induk perusahaan saat menjalankan transaksi kerjasama.

Bagaimana mengatasi penyimpangan penjualan pada pengakuan pendapatan adalah mengakui keseluruhan pemasukan arus kas entitas. Penghasilan kena pajak adalah objek pajak yang harus dilakukan pemungutan dan pelaporan sesuai periode terjadinya pembayaran tagihan berdasarkan kesepakatan diantara para pemegang saham.

Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan

Apa Saja Kriteria Pengakuan Pendapatan

Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan bertujuan agar entitas dapat melaporkan seluruh kegiatan pemungutan pajak pertambahan nilai. Pengusaha kena pajak adalah organisasi yang melaksanakan kebijakan pelaporan spt tahunan dan spt masa sesuai kriteria pemotong, pemungut dan pelapor pajak penghasilan.

Kapan Pendapatan Tunai di Akui

Jelaskan kriteria pengakuan pendapatan dan jelaskan hubungannya untuk dapat diakui pendapatan harus dipublikasi dalam catatan atas laporan posisi keuangan. Penjualan tunai adalah kegiatan jual beli barang dan jasa untuk mengalihkan hak manfaat dan milik secara tunai sebelum barang dikirimkan ke pelanggannya.

Kapan Pendapatan Kredit atau Cicilan Diakui

Kapan pendapatan kredit atau cicilan diakui saat entitas menyelenggarakan kegiatan pelaporan penjualan kredit kepada atasan. Konsep yang mendasari pengakuan pendapatan adalah teori akuntansi. Perusahaan tidak diperkenankan mengakui pendapatan yang belum terjadi tetapi boleh mengakui biaya dimasa depan.

Kapan Pendapatan Konsinyasi Diakui

Penjualan konsinyasi adalah penjualan barang dan jasa yang dilakukan dengan bantuan pihak ketiga. Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan akan memperlihatkan kapan pendapatan konsinyasi diakui. Penjualan konsinyasi diakui oleh pemilik barang pada saat penyerahan barang kepada pihak ketiga yang dilakukan oleh komisioner.

Kapan Penjualan Tagih dan Tahan Diakui

Kapan penjualan tagih dan tahan diakui adalah sebuah transaksi penagihan atas barang dan jasa yang dimiliki perusahaan sesuai standar akuntansi keuangan. Pendapatan penjualan tagih dan tahan (bill and hold) diakui pada saat kemungkinan besar pengiriman diselenggarakan dan pembayaran telah didapatkan perusahaan.

Kapan Pendapatan Bunga, Royalti dan Dividen Diakui

Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan menjadi objek pajak terutama pendapatan bunga, royalti dan dividen. Pendapatan bunga diakui selama periode penyediaan jasa memakai metode suku bunga efektif. Pendapatan royalti diakui sesuai jangka waktu perjanjian menggunakan metode garis lurus. Pendapatan dividen diakui pada saat pengumuman terjadi pembagian dividen tunai.

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Pertanyaan Tentang Pengakuan Pendapatan dalam Teori Akuntansi

Pertanyaan tentang pengakuan pendapatan dalam teori akuntansi dapat diselenggarakan bersamaan dengan penerapan prinsip persamaan dasar akuntansi. Hubungan afiliasi dapat terjadi ketika perusahaan semakin berkembang dan mendapatkan kesempatan mengelola modal milik para pemegang saham.

Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan akan diselenggarakan ketika entitas mendapatkan kepastian tentang penerimaan kas. Bagaimana mengatasi penyimpangan penjualan pada pengakuan pendapatan adalah melaporkannya pada saat membuat catatan atas laporan posisi keuangan hasil auditing.

Apa yang terjadi jika perusahaan mengakui pendapatan sebelum kepastian terealisasi yang wajar maka entitas akan melaporkan laba yang tidak sesuai kondisinya. Pada saat kapan pengakuan pendapatan pada penjualan dapat ditunda yaitu pada saat pembeli memberikan informasi tidak dapat menerima barang dagang.

Baca Juga: Berapa Persen Tarif PPh Pasal 23 yang Berlaku

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan dalam Akuntansi Keuangan

Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan merupakan aspek utama bagi berjalannya tujuan perusahaan. Dalam kondisi apa saja yang harus terpenuhi agar pendapatan dari penjualan barang dapat diakui yaitu adanya fisik barang atau jasa yang diberikan dan perhitungan tagihan kepada pelanggan dilakukan dengan handal.

Contoh soal wesel bayar dan wesel tagih terjadi ketika PT Masraffi mendapatkan pelunasan tagihan dengan nilai nominal Rp 90.000.000, bunga 8% per tahun. Wesel tagih akan dilunasi oleh pelanggan 3 bulan sejak penerbitannya. Bagaimana cara menghitung pendapatan perusahaan berdasarkan teori akuntansi?

Rumus Pendapatan = Rp 90.000.000 * 8% * 3 / 12
Rumus Pendapatan = Rp 1.800.000

Apa kelebihan dari metode persentase penyelesaian adalah entitas dapat mengakui pendapatan sesuai periode diselesaikannya pekerjaan sementara kepada pelanggan. Tujuan pemakaian metode persentase penyelesaian adalah entitas mendapatkan bantuan dalam upaya mendapatkan kesempatan membayarkan pajak pertambahan nilai.

Baca Juga: Cara Menghitung PPh Pasal 4 Ayat 2 atas Pendapatan Dividen Orang Pribadi

Demikian contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan dalam teori akuntansi. Jelaskan kriteria pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai diharapkan mampu menterjemahkan keinginan perusahaan dalam mengoperasionalkan kegiatan pembayaran tagihannya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel