Contoh Soal Saham Treasury Metode Nilai Nominal dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal saham treasury metode nilai nominal dan jawabannya merupakan prosedur yang diselenggarakan perusahaan untuk mengembalikan saham yang telah beredar. Keberadaan saham di pasar modal bertujuan agar entitas mendapatkan tambahan modal yang cukup berpeluang memberikan arus kas bersih.

Jelaskan apa yang dimaksud saham treasury dan berikan contohnya merupakan prosedur yang dipergunakan entitas dalam rangka mendapatkan kesempatan berbisnis. Saham treasuri adalah saham yang telah diperdagangkan pada bursa efek indonesia tetapi entitas mau membelinya kembali dengan tujuan mempertahankan jumlah pemegang saham.

Soal modal saham dan laba ditahan adalah tujuan entitas didirikan. Laba ditahan adalah keuntungan perusahaan yang belum direncanakan untuk dibagikan dalam rangka mengaplikasikan untuk keperluan bisnis. Dividen adalah bentuk kas yang telah diberikan kepada para pemegang saham beredar sesuai ketentuannya.

Contoh Soal Saham Treasury Metode Nilai Nominal dan Jawabannya

Jelaskan Apa yang Dimaksud Saham Treasury dan Berikan Contohnya

Pengertian saham treasury menurut para ahli adalah saham yang telah diperdagangkan melalui bursa efek indonesia tetapi entitas melakukan pembelian kembali sesuai nilai yang ditargetkannya. Ketika saham treasuri dibeli lebih dari nilai nominal saham dan Metode Biaya digunakan untuk mencatat saham treasuri akun apa yang harus didebit dapat menggunakan metode biaya pembelian.

Contoh soal saham treasury metode nilai nominal dan biaya pembelian adalah dasar bagi staff finance untuk mencatat segala pengeluaran perusahaan. Keuntungan dan kerugian atas penerbitan instrumen keuangan tidak perlu dilaporkan pada catatan atas laporan posisi keuangan sebab hanya berlaku untuk transaksi internalnya.

Jelaskan apa yang dimaksud saham treasury dan berikan contohnya adalah jenis saham yang direakuisisi entitas dan tidak digolongkan sebagai ekuitas perusahaan. Pembelian saham treasury tidak diberikan hak-hak pemegang saham sebagaimana mestinya seperti hak menerima dividen dan rapat umum pemegang saham.

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Rugi Penjualan Saham Treasury

Alasan Perusahaan Membeli Kembali Saham yang Beredar

Mengapa perusahaan membeli kembali saham yang beredar tentu mempertimbangkan adanya konsekuensi kepercayaan masyakarat. Penyajian saham treasuri di neraca saldo terletak pada ekuitas paling bawah. Saham treasuri tidak akan memperoleh hak seperti suara dalam rapat umum pemegang saham.

Penyebab perusahaan membeli kembali saham yang telah beredar adalah meningkatkan laba per lembar saham yang dibagikan kepada para pemiliknya. Apakah semua saham memiliki dividen? Tentu tidak. Saham treasuri adalah satu-satunya saham yang tidak memberikan manfaat bagi pemiliknya.

Contoh soal saham treasury metode nilai nominal dan jawabannya menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan menengah. Sebelum mempelajari proses pembuatan jurnal pembelian kembali saham. Adapun penyebab perusahaan membeli kembali saham yang telah beredar adalah

  1. Meningkatkan laba per lembar saham
  2. Mengurangi jumlah saham dipasar
  3. Memberikan saham untuk kompensasi pegawai
  4. Mengagalkan proses perebuatan hak kontrol entitas lain
  5. Mempengaruhi harga jual saham
  6. Memberikan dividen yang maksimal

Baca Juga: Contoh Soal Biaya Riset dan Pengembangan Produk

Contoh Soal Saham Treasuri dan Laba Ditahan di Laporan Keuangan

Contoh soal saham treasuri dan laba ditahan di laporan keuangan merupakan aktivitas utama bagi entitas untuk mengerjakan perpajakan. Keuntungan apa yang didapatkan jika perusahaan membeli saham treasuri adalah kepastian tentang jumlah dividen yang dibayarkan kepada para pemegang saham tertentu.

Contoh soal penerbitan saham biasa terjadi ketika PT Masraffi menerbitkan saham 40.000 lembar dengan nilai par Rp 200. Harga jual saham yang disetujui adalah Rp 500. Bagaimana cara membuat jurnal penerbitan saham biasa dan saham preferen tersebut?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
26/03/2023 Bank Mandiri Rp 20.000.000
Saham Biasa Rp 8.000.000
Agio Saham Rp 12.000.000

Dikemudian harinya, PT Masraffi melakukan reakuisisi saham atau pembelian kembali saham yang beredar sebanyak 2000 lembar dengan harga Rp 600. Bagaimana cara mencatat jurnal saham treasuri tersebut?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
27/05/2023 Saham Treasuri Rp 1.200.000
Bank Mandiri Rp 1.200.000

Penjualan kembali saham yang telah dibeli dilakukan sebanyak 500 lembar saham dengan harga Rp 700. Apa yang akan terjadi jika perusahaan anak mengakuisisi saham treasury dari pemegang saham minoritas tidak mengakibatkan aktivitas penting di perusahaan. Adapun jurnal penjualan kembali saham treasuri adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
23/11/2023 Bank Mandiri Rp 350.000
Saham Treasuri Rp 300.000
Agio Saham Treasuri Rp 50.000

Baca Juga: Karakteristik Saham Treasuri, Saham Preferen dan Saham Biasa

Demikian contoh soal saham treasury metode nilai nominal dan jawabannya dalam materi akuntansi keuangan menengah. Bagaimana perlakuan akuntansi untuk saham treasuri yang ditarik diakui sesuai nilai yang diperdagangkan oleh perusahaan melalui pasar modal ataupun melalui lembaga perbankan lainnya.

0 Response to "Contoh Soal Saham Treasury Metode Nilai Nominal dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel