Cara Menghitung Agio dan Disagio Saham Biasa dan Saham Preferen

Konten [Tampil]

Cara menghitung agio dan disagio saham biasa dan saham preferen merupakan dasar bagi entitas menetapkan jumlah modal ditanam dan modal disetor. Akta pendirian perusahaan adalah surat perjanjian kerjasama yang diberikan oleh entitas dalam rangka menyelenggarakan kegiatan jual beli barang ataupun jasa.

Contoh soal agio dan disagio saham berperan sebagai dasar publikasi laporan posisi keuangan. Agio saham biasa dapat diartikan sebagai tambahan modal disetor. Modal perusahaan dapat bertambah sebab adanya keinginan mempublikasikan setiap laporan perubahan ekuitas per periode sesuai kebijakan akuntansinya.

Perbedaan disagio dan agio saham di perusahaan mengakibatkan adanya penjualan saham kepada masyarakat. Penerbitan saham biasa dan saham preferen harus didasarkan pada kontribusi perusahaan terhadap kemakmuran masyarakat dalam upaya mencari market atau target penjualan barang dan jasanya.

Cara Menghitung Agio dan Disagio Saham Biasa dan Saham Preferen

Perbedaan Agio dan Disagio Saham Biasa

Perbedaan agio dan disagio saham biasa terletak pada informasi selisih antara nilai nominal saham dengan harga jual kepada masyarakat. Mekanisme penerbitan saham harus melalui underwriter agar dapat melakukan penjualan saham sesuai kebijakan dari otoritas jasa keuangan dan mengikuti ketentuan umum perpajakan.

Cara menghitung disagio dan agio saham biasa dan preferen dianjurkan agar entitas tidak mengalami keterlambatan pencatatan informasi. Modal saham dan laba ditahan menunjukkan adanya kesempatan entitas dalam rangka publikasi laporan posisi keuangan sesuai ketentuan umum perpajakan yang berlaku.

Pengertian agio saham biasa adalah nilai selisih yang terjadi diantara setoran para pemegang saham terhadap nilai nominal saham. Mengapa agio saham tidak dikenakan pajak sebab menjadi keuntungan akibat penjualan saham dan pembelian saham yang tidak menjadi objek dan subjek pajak penghasilan badan usaha.

Baca Juga: Contoh Soal Deplesi dan Amortisasi Penjualan

Contoh Soal dan Jawaban Agio dan Disagio Saham

Contoh soal dan jawaban agio dan disagio saham merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka mengerjakan informasi keuangan entitas. Jika dividen yang didapatkan investor lebih tinggi daripada capital gain maka pemegang saham tidak akan membagian laba ditahan melainkan akan diinvestasi kembali.

Cara menghitung disagio dan agio saham bertujuan menilai kekuatan perusahaan terhadap perkembangan market penjualan. Target pemasaran adalah badan usaha atau orang pribadi yang berkeinginan membeli produk untuk dilakukan konsumsi atau diperdagangkan kembali untuk mencari keuntungan.

Sekuritas dilutif adalah surat berharga yang dimiliki perusahaan untuk menciptakan aliran pendapatan kena pajak. Mengapa beberapa investor lebih memilih dividen dibandingkan dengan capital gain sebab pembagian dividen memiliki risiko lebih rendah daripada capital gain dimana nilai saham akan cenderung naik atau turun.

Baca Juga: Cara Input Bukti Potong Pph Pasal 23 atas Dividen

Cara Menghitung Agio dan Disagio Saham Beserta Jurnal Pencatatannya

Cara menghitung agio dan disagio saham beserta jurnal pencatatannya layak menjadi pertimbangan bagi entitas untuk segera membagikan dividen. Tarif dividen orang pribadi akan dikenakan pajak final sebesar 10%, tarif dividen untuk badan usaha sebesar 15% dan dapat dikreditkan saat melaporkan spt tahunannya.

Jurnal pencatatan disagio dan agio saham terjadi ketika PT Masraffi menjual saham yang dimilikinya dengan nilai nominal Rp 800 yang berhasil dijual sebesar Rp 1.000. Penjualan saham terjadi sebanyak 80 lembar saham yang dibeli secara tunai. Bagaimana cara mencatat transaksi penjualan saham biasa tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/03/2023Kas Rp 80.000
Saham Biasa Rp 64.000
Agio Saham Rp 16.000

Mengapa modal bisa bertambah di perusahaan sebab adanya keuntungan yang didapatkan selama produksi dan tambahan modal yang diberikan pemegang saham. Misalnya, PT Masraffi berhasil menjual kembali saham biasa sebanyak 90 lembar saham dengan harga sesuai contoh soal agio dan disagio saham diatas. Maka, jurnal pencatatan yang harus dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/03/2023Kas Rp 90.000
Saham Biasa Rp 72.000
Agio Saham Rp 18.000

Baca Juga: Cara Membeli Saham Perbankan di Bursa Efek Indonesia

Demikian cara menghitung agio dan disagio saham biasa dan saham preferen sesuai kebutuhan modal disetor perusahaan. Laporan perubahan ekuitas diharapkan mampu mensejahterakan para pemegang saham sesuai kebutuhan untuk melangsungkan kegiatan operasional sesuai target pemasarannya.

0 Response to "Cara Menghitung Agio dan Disagio Saham Biasa dan Saham Preferen"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel