Contoh Soal Deplesi dan Amortisasi Beserta Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal deplesi dan amortisasi beserta jawabannya merupakan langkah awal bagi perusahaan pertambangan untuk melakukan penyusutan terhadap aktiva tetap yang dimilikinya. Cara menghitung depresiasi dan deplesi telah diatur dalam pernyataan standar akuntansi keuangan yang telah berlaku di indonesia.

Cara menghitung deplesi, amortisasi dan depresiasi adalah peluang bagi entitas untuk mengalokasikan biaya perolehan ke dalam beberapa tahun berjalan. Sumber daya alam berupa bahan tambang seperti minya, gas dan mineral lainnya harus dilaporkan dalam catatan atas laporan posisi keuangan setiap periodenya.

Perbedaan deplesi dan depresiasi merupakan perjuangan bagi entitas dalam rangka mengapresiasi setiap kemungkinan bisnis. Contoh aktiva berwujud dan aset tak berwujud yang memerlukan deplesi setiap periodenya adalah batubara, hutan kayu putih, biji besi dan sumber daya alam lainnya yang memerlukan konsentrasi.

Contoh Soal Deplesi dan Amortisasi Beserta Jawabannya

Apa yang Dimaksud dengan Deplesi?

Pengertian deplesi menurut para ahli adalah tindakan perusahaan mengalokasikan biaya perolehan aktiva tetap ke beberapa periode secara sistematis sesuai umur manfaat yang dipergunakannya. Biasanya metode penyusutan yang digunakan untuk sumber daya alam menggunakan metode satuan hasil produksi per bulannya.

Contoh soal deplesi dan amortisasi beserta jawabannya harus dicanangkan perusahaan untuk menghindari koreksi fiskal. Aktiva dan liabilitas pajak tangguhan akan muncul sembari entitas menyelenggarakan kegiatan pencatatan. Penyusutan merupakan bagian dari prosedur pengalaman perusahaan mempergunakan aset selama satu periode.

Apa yang dimaksud dengan deplesi? Pengertian deplesi merupakan program yang digunakan perusahaan untuk menentukan biaya tetap atas pemakaian mesin dan bangunan. Perusahaan tambang batubara dan mineral tentu akan menghasilkan omzet penjualan lebih tinggi daripada mekanisme perolehan kinerjanya.

Baca Juga: Contoh Pilihan Ganda dan Soal Essay Aktiva Tetap

Contoh Soal Perhitungan Deplesi Sumber Daya Alam

Contoh soal deplesi dan amortisasi sumber daya alam dan sumber daya modal bertujuan agar perusahaan mempersiapkan dana sebagai ganti atas imbal balik pemakaian mesin. Imbal balik tenaga kerja manusia terdiri dari gaji dan tunjangan yang disesuaikan kebijakan akuntansi selama satu periodenya.

Kasus deplesi yang perlu dilakukan koreksi / revisi menjadi bagian dari tugas auditor. Aktiva pajak tangguhan adalah biaya penyusutan yang sudah dibebankan perusahaan melalui laporan keuangan tetapi harus disesuaikan dalam perhitungan pajak penghasilan badan usaha. Spt badan usaha wajib dilaporkan dalam kurun waktu 12 bulan fiskal.

Contoh soal perhitungan deplesi sumber daya alam terjadi ketika PT Masraffi menginvestasikan dana senilai Rp 90.000.000 untuk menciptakan 100.000 ton batubara. Pada tahun pertama, PT masraffi telah memperoleh batubara sebanyak 19.000. Bagaimana cara mencatat deplesi sumber daya alam yang terjadi di perusahaan tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Jawabannya

Cara Menghitung Biaya Deplesi dan Akumulasi Deplesi

Contoh soal deplesi dan amortisasi sumber daya alam merupakan bagian dari perencanaan investasi jangka panjang perusahaan. Perusahaan tambang batubara diwajibkan melaporkan pemungutan pph pasal 22. Setiap keuntungan yang didapatkan di daerah pabean terutang pajak pertambahan nilai setiap transaksinya.

Bagaimana cara menghitung biaya deplesi dan akumulasi deplesi dapat dijadikan pedoman bagi entitas ketika menetapkan kebijakan fiskal. Perusahaan akan membagi total perolehan sumber daya alam dengan taksiran yang telah direncanakannya. Adapun langkah-langkah menghitung beban deplesi per periode adalah

Beban Deplesi per Ton = Rp 90.000.000 : 100.000 = Rp 900
Beban Deplesi tahun pertama = Rp 900 * 19.000 = Rp 17.100.000

Jurnal Mencatat Beban Deplesi per Periode

Jurnal mencatat beban deplesi per periode merupakan bagian dari prosedur perusahaan mencatat sebagian besar peluang bisnis. Keseluruhan transaksi keuangan harus dilaporkan entitas sesuai nilai wajar. Nilai wajar adalah nilai yang berlaku pada waktu transaksi sesuai periode yang dijalankan perusahaan.

Tanggal Keterangan DebitKredit
21/03/2023 Beban Deplesi Rp 17.100.000
Akumulasi Deplesi Rp 17.100.000

Baca Juga: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di Cloudflare

Demikian contoh soal deplesi dan amortisasi beserta jawabannya dalam sistem informasi akuntansi. Internal control aktiva tetap harus dijalankan terutama pada saat pembelian dan perawatannya. Biaya perawatan aset akan diakui sebagai biaya pemeliharaan yang tidak mempengaruhi biaya perolehan saat aktiva dibeli.

0 Response to "Contoh Soal Deplesi dan Amortisasi Beserta Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel