Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Jurnal Penyesuaiannya

Konten [Tampil]

Contoh soal rekonsiliasi bank dan jurnal penyesuaian adalah tindakan perusahaan meminta catatan bank untuk proses penentuan biaya administrasi dan pendapatan jasa giro. Laporan rekonsiliasi bank dapat berbentuk 2 kolom, 4 kolom dan 8 kolom menyesuaikan kebutuhan informasi yang diminta manajemen perusahaan.

Contoh soal rekonsiliasi bank perusahaan rayahu dan pt maju terus dapat berbentuk pilihan ganda dan soal essay. Mengapa pada saat menyusun laporan rekonsiliasi bank harus dibuat jurnal penyesuaian sebab entitas memiliki transaksi yang belum tercatat seperti pengakuan biaya administrasi bank dan pendapatan jasa giro.

Kesalahan yang sering terjadi dalam proses rekonsiliasi bank adalah entitas tidak mendapatkan rekening koran dari bank. Tujuan rekonsiliasi bank adalah mencocokan saldo rekening giro perusahaan berdasarkan catatan staff finance dan laporan mutasi bank yang mengelola dana perusahaan setiap kali transaksi terjadi.

Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Jurnal Penyesuaiannya

Apa itu Rekonsiliasi Bank?

Pengertian rekonsiliasi bank menurut para ahli adalah proses mencocokkan pencatatan transaksi antara pembukuan perusahaan dengan lembaga keuangan yang mengelola dana perusahaan. Tujuannya agar mengurangi resiko kesalahan pencatatan yang berakibat pada penurunan jumlah kas perusahaan dan pemiliknya.

Tujuan rekonsiliasi bank adalah memastikan jumlah kas yang tercatat di perusahaan sesuai target yang ditetapkan manajemen keuangan. Mengapa bisa terjadi ketidakcocokan antara saldo kas perusahaan dengan saldo rekening koran dari bank sebab adanya perbedaan waktu pencatatan transaksi dan jenis pembiayaannya.

Pengertian rekonsiliasi bank menurut para ahli adalah aktivitas staff finance perusahaan dalam kegiatan membayarkan tagihan yang jatuh tempo. Prosedur yang berguna untuk menentukan apakah semua penerimaan kas yang tercatat telah disimpan di rekening bank adalah jurnal penerimaan kas per periode.

Baca Juga: Cara Input Rekonsiliasi Bank di Accurate

Tujuan dan Manfaat Rekonsiliasi Bank

Tujuan dan manfaat rekonsiliasi bank akan dirasakan bagi seluruh karyawan perusahaan terutama bagian keuangan. Pendapatan jasa giro adalah penghasilan perusahaan atas pemakaian layanan lembaga keuangan. Perbankan memberikan fasilitas internet banking agar dapat memonitor saldo kas serta mutasinya setiap saat.

Kesalahan yang sering terjadi dalam proses rekonsiliasi bank berdampak pada pelaporan informasi keuangan perusahaan. Rekening koran adalah mutasi aliran kas masuk dan kas keluar sesuai periodenya. Jika terdapat selisih saldo atau ketidakcocokan kas perusahaan maka entitas harus membuat jurnal koreksi.

Tujuan dan manfaat rekonsiliasi bank harus dibuktikan dengan adanya bukti transaksi. Mengapa jurnal penyesuaian dibutuhkan dalam proses pembuatan laporan keuangan sebab entitas diwajibkan menunjukkan kinerja dan kondisi keuangan yang sesungguhnya. Kesalahan yang sering terjadi dalam proses rekonsiliasi bank adalah

  1. Terdapat penerimaan pelunasan piutang oleh bank tetapi belum dicatat perusahaan
  2. Setoran kas dari perusahaan belum dibukukan bank
  3. Pengeluaran perusahaan yang telah dibiayakan bank tetapi entitas belum mencatat
  4. Pengeluaran perusahaan yang belum dicairkan oleh supplier
  5. Kesalahan pencatatan masing-masing departemen.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membatalkan Proses Rekonsiliasi Bank di Accurate

Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Perusahaan Rahayu dan Jurnal Penyesuaiannya

Contoh soal rekonsiliasi bank perusahaan rahayu dan jurnal penyesuaikannya akan diberikan pada akhir bulan sesuai target pelaksanaan transaksi. Auditor atau akuntan publik bertugas memastikan proses perhitungan saldo kas menurut catatan bank dan perusahaan sudah sesuai prinsip dasar akuntansi.

Siapa saja diperusahaan yang bertugas membuat rekonsiliasi bank adalah manajer keuangan dan kasir. Langkah-langkah rekonsiliasi bank di accurate dan myob accounting memerlukan akses informasi keuangan perusahaan. Kas dan bank merupakan fitur penerimaan dan pelunasan tagihan di perusahaan.

Mengapa bisa terjadi ketidakcocokan antara saldo kas perusahaan dengan saldo rekening koran dari bank sebab entitas tidak menerapkan sistem pengendalian internal. Jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank hanya dibuat disisi perusahaan menyesuaikan jumlah saldo yang tercantum pada rekening koran.

Contoh Soal Rekonsiliasi Bank PT Maju Terus dan Jurnal Penyesuaiannya

Contoh soal rekonsiliasi bank pt maju terus dan jurnal penyesuaikannya telah menunjukkan adanya saldo bank mandiri senilai Rp 51.000.000 dan laporan rekening koran adalah Rp 28.460.000. Adapun transaksi yang terjadi selam satu periode akuntansi adalah

  1. Terdapat pendapatan jasa giro belum tercatat senilai Rp 15.000
  2. Terdapat biaya administrasi bank Rp 545.000
  3. Cek yang rencana mau dicairkan tidak terdapat saldo di lawan transaksi senilai Rp 15.200.000
  4. Bank belum mencatat setoran perusahaan senilai Rp 5.000.000
  5. Bank salah melakukan debit transaksi senilai Rp 1.250.000
  6. Supplier belum mencairkan cek senilai Rp 560.000

Dari transaksi diatas maka perusahaan akan membuat laporan rekonsiliasi bank di akhir periode akuntansi sebagai berikut

PT Maju Terus
Laporan Rekonsiliasi bank
Per BukuPer Bank
Saldo Awal Rp 51.000.000 Saldo Awal Rp 28.460.000
+ Pendapatan Bunga Rp 15.000 + Deposit In Transit Rp 5.000.000
- Biaya Administrasi-Rp 545.000 + Koreksi Kesalahan Bank Rp 1.250.000
- Cek Kosong-Rp 15.200.000 - Cek Masih Beredar-Rp 560.000
Saldo Akhir Rp 35.270.000 Rp 35.270.000

Baca Juga: Transaksi yang Memerlukan Rekonsoliasi Bank

Demikian contoh soal rekonsiliasi bank dan jurnal penyesuaian dalam materi akuntansi keuangan menengah. Setiap mahasiswa program studi akuntansi diharapkan mampu membuat jurnal penyesuaian atas transaksi pembayaran dan penerimaan kas melalui rekening giro yang dimiliki perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Jurnal Penyesuaiannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel