Contoh Soal Kas dan Setara Kas di Perusahaan Manufaktur

Konten [Tampil]

Contoh soal kas dan setara kas di perusahaan manufaktur merupakan transaksi yang sering terjadi agar peruahaan dapat berjalan seperti biasanya. Perbedaan pengakuan kas dan setara kas menurut akuntansi dan perpajakan dapat melibatkan adanya sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses saat produksi.

Contoh soal pilihan ganda dan soal essay kas dan setara kas di perusahaan berasumsi bahwa entitas diwajibkan menjalankan kegiatan publikasi laporan keuangan selama satu periode. Keberadaan kas sangatlah vital sebab entitas tidak dapat beroperasi dan mengakibatkan karyawan kurang bersemangat dalam bekerja.

Bagaimana perusahaan melaporkan kas dan setara kas dalam laporan keuangan terletak pada bagian aset paling atas. Pembatasan pemakaian kas kecil untuk pembayaran tagihan bertujuan agar entitas tidak mengeluarkan biaya lebih besar akibat dipakainya jasa perbankan saat menyelenggarakan transaksi bisnis.

Contoh Soal Kas dan Setara Kas di Perusahaan Manufaktur

Apa yang Terjadi Jika Kas Tidak Diatur dengan Baik di Suatu Perusahaan

Apa yang terjadi jika kas tidak diatur dengan baik di suatu perusahaan maka entitas akan mengalami keterlambatan pembayaran hutang jangka pendek. Sumber daya modal perusahaan berasal dari laba tahun berjalan, setoran kas yang diberikan pemilik usaha, hutang jangka pendek dan hibah dari pemerintah daerah.

Contoh soal kas dan setara kas di perusahaan manufaktur terdiri dari kas kecil metode imprest dan metode fluktuasi serta rekonsiliasi bank. Rekonsiliasi bank adalah kegiatan perusahaan menyamakan transaksi rekening koran dengan catatan di perusahaan sebagai akibat pendapatan jasa giro dan biaya administrasi yang dibebankan.

Apa yang terjadi jika kas tidak diatur dengan baik di suatu perusahaan mengakibatkan perusahaan tidak mampu memenuhi pesanan. Modal kerja adalah kas yang diperlukan entitas agar dapat menjalankan kewajibkan pemenuhan surat pesanan pelanggan yang sudah diberikan uang muka penjualan sewaktu mengerjakan.

Baca Juga: Cara Menghitung Modal Kerja yang diperlukan Perusahaan

Perbedaan Pengakuan Kas dan Setara Kas Menurut Akuntansi dan Perpajakan

Perbedaan pengakuan kas dan setara kas menurut akuntansi dan perpajakan adalah seluruh sumber daya perusahaan harus dipublikasikan agar pencatatan dapat diselenggarakan dengan jelas. Fungsi kas kecil adalah membantu entitas membayarkan tagihan yang tidak dapat menggunakan rekening giro sebagai metode pembayarannya.

Pengertian kas menurut para ahli adalah alat pembayaran yang mampu menenangkan pihak supplier atau pemasok untuk membiayai seluruh kegiatan perusahaan. Kas di laporan posisi keuangan terdiri dari kas kecil, rekening giro, deposito dan bank overdraft yang dimiliki sesuai perjanjian dagang dengan lembaga keuangan.

Contoh soal kas dan setara kas di perusahaan manufaktur diwajibkan menjalankan seluruh kegiatan administrasi perusahaan. Perbedaan pengakuan kas dan setara kas menurut akuntansi dan perpajakan harus dapat mempublikasikan setiap pemenuhan kewajiban pph dan ppn selama satu periode yang telah berjalan.

Baca Juga: Pertanyaan Diskusi Tentang Penggabungan Usaha Bisnis

Contoh Soal Pilihan Ganda Kas dan Setara Kas

Contoh soal pilihan ganda kas dan setara kas berkaitan dengan mekanisme menyajikan kas di neraca saldo. Kas dalam mata uang asing diperlakukan sebagai alat pembayaran yang sah untuk kegiatan jual beli barang dagang. Kurs mata uang asing yang dipergunakan layaknya memakai kurs menteri keuangan untuk menghitung pajak penghasilannya.

Contoh soal pilihan ganda kas dan setara kas terdiri dari kas kecil dan rekonsiliasi bank. Kas kecil adalah uang tunai yang digunakan membantu kegiatan administrasi perusahaan selama satu periode. Sistem pengendalian internal kas harus diselenggarakan sebab kas memiliki resiko bawaan dan resiko pengendalian.

Contoh soal kas dan setara kas terlihat dari kemampuan entitas saat melaporkan spt tahuannya. Spt tahunan dan spt masa harus dilaporkan setiap wajib pajak badan usaha. Badan usaha diwajibkan menyelenggarakan kegiatan pembukuan sesuai nilai tagihan yang telah diaplikasikan berdasarkan kemampuannya.

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Pemeriksaan Kas Kecil

Demikian contoh soal kas dan setara kas di perusahaan manufaktur dan jasa. Bagaimana cara perusahaan menghadapi terjadinya kekurangan kas pada perusahaan agar perusahaan tetap berjalan lancar yakni menetapkan tingkat prioritas pengeluaran atau pembayaran tagihan sesuai modal kerja yang didapatkannya.

0 Response to "Contoh Soal Kas dan Setara Kas di Perusahaan Manufaktur"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel