Contoh Soal Perhitungan Modal Kerja dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal perhitungan modal kerja dan jawabannya merupakan prosedur yang dilalui perusahaan dalam rangka mengoperasikan kinerja perusahaan berdasarkan riwayat pengeluaran bahan baku dan produksinya. Modal kerja perusahaan adalah aliran kas masuk yang langsung digunakan untuk membiayai pengeluarna perusahaan.

Cara menghitung modal kerja pada laporan keuangan bertujuan agar seluruh pengeluaran perusahaan dapat dimaksimalkan berdasarkan aliran kas masuk. Working capital adalah jumlah aktiva lancar yang dimiliki perusahaan seperti kas, piutang dan persediaan untuk dijadikan omzet penjualan ditahun berjalan.

Bagaimana cara menentukan kebutuhan modal kerja yang tepat bagi suatu perusahaan didasarkan pada kebutuhan persediaan bahan baku untuk melaksanakan produksi. Profit margin adalah estimasi kas yang didapatkan setelah entitas memperjualbelikan barang dan jasa kepada pelanggan berdasarkan termin pembayaran.

Contoh Soal Perhitungan Modal Kerja dan Jawabannya

Apa itu Modal Kerja di Perusahaan Jasa dan Dagang

Contoh soal perhitungan modal kerja dan jawabannya merupakan prosedur yang dilalui perusahaan sebagai dasar penetapan kebutuhan aliran pendapatan kena pajak. Modal kerja berdasarkan konsep kualitatif adalah bagian dari aset lancar yang mampu digunakan untuk membiayai operasional perusahaan tanpa melibatkan liabilitasnya.

Apa itu modal kerja? Pengertian working capital adalah setiap dana yang dimiliki perusahaan untuk menciptakan pendapatan lagi. Non working capital adalah dana yang tidak langsung dapat digunakan setelah terjadi transaksi jual beli untuk perpindahan hak milik dan hak manfaat sebuah barang dan jasa di perusahaan.

Pengertian modal kerja menurut para ahli adalah dana yang diinvestasikan perusahaan dalam bentuk persediaan dan tenaga kerja untuk menghasilkan omzet penjualan. Laporan keuangan terdiri dari aktiva tetap dan aktiva lancar untuk membantu membiayai segala pengeluaran perusahaan setiap kali investasi diselenggarakan.

Baca Juga: Cara Menentukan Kebutuhan Modal Kerja yang Tepat Bagi Perusahaan

Contoh Pertanyaan Tentang Modal Kerja Manajemen Keuangan

Contoh pertanyaan tentang modal kerja manajemen keuangan terdiri dari modal kerja permanen dan modal kerja variabel. Faktor-faktor yang mempengaruhi modal kerja perusahaan didasarkan pada permintaan penjualan barang dan jasa berdasarkan forcast penjualan yang telah direncanakan setiap tahunnya.

Periode perputaran modal kerja dimulai pada saat entitas menginvestasikan kas ke dalam bentuk bahan baku atau biaya tenaga kerja langsung. Jenis-jenis ekuitas di laporan keuangan terdiri dari saham, disagio saham, agio saham, laba ditahan dan prive atas pengambilan sejumlah dana milik investor pribadinya.

Contoh pertanyaan tentang modal kerja manajemen keuangan didasarkan pada perhitungan kekayaan perusahaan per periodenya. Faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya modal kerja yang dibutuhkan perusahaan adalah

  1. Periode perputaran modal kerja
  2. Pengeluaran kas kecil rata-rata setiap hari
  3. Kebutuhan urgensi pemakaian kas

Baca Juga: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Investasi dalam Piutang

Cara Menghitung Modal Kerja Berdasarkan Konsep Kualitaf, Kuantitatif dan Fungsional

Cara menghitung modal kerja berdasarkan konsep kualitatif, kuantitatif dan fungsional didasarkan pada kemampuan entitas saat menyelenggarakan pencatatan bisnis. Keseluruhan informasi keuangan ditujukan agar entitas dapat melaksanakan perputaran modal kerja yang efisien agar tidak mengalami kondisi kesulitan.

Contoh soal perhitungan modal kerja dan jawabannya bertujuan agar perusahaan mempersiapkan kebutuhan dana setiap harinya. Pengeluaran setiap hari adalah jumlah kas yang dibutuhkan perusahaan untuk memperlancar kegiatan operasional setiap hari berdasarkan riwayat pemakaian bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.

Cara menghitung modal kerja berdasarkan konsep kualitatif, kuantitatif dan fungsional didasarkan pada kemampuan bisnis yang dimiliki lawan transaksi. Jika kebutuhan bahan baku sebesar Rp 800.000 per bulan, biaya tenaga kerja Rp 700.000 per bulan. Berapakah rata-rata kebutuhan kas setiap hari bagi perusahaan?

KeteranganJumlah
Bahan Baku Rp 800.000
Upah karyawan Rp 700.000
Jumlah hari kerja25
Rata-rata kebutuhan kas Rp 60.000

Baca Juga: Resiko Kehabisan Persediaan Bahan Baku dan Barang Jadi

Demikian contoh soal perhitungan modal kerja yang dibutuhkan saat mendirikan suatu usaha. Agar perusahaan terhindar dari kondisi kesulitan keuangan, alangkah baiknya mempersiapkan diri untuk memperbanyak transaksi penjualan agar peluang aliran kas masuk dapat bertambah sesuai ekspektasi pemegang saham.

0 Response to "Contoh Soal Perhitungan Modal Kerja dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel