Contoh Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Konten [Tampil]

Contoh penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari memberikan dampak bagi pengamanat dan komisioner dalam hal perolehan omzet tahun berjalan. Mengapa penjualan konsinyasi membutuhkan modal tinggi sebab entitas tidak menaruh persediaan barang dagang ditoko sendiri melainkan dititipkan ke tempat lain.

Contoh soal konsinyasi akuntansi keuangan lanjutan bertujuan agar perusahaan dapat menentukan target penjualan barang sesuai kuantitas ataupun total harganya. Keuntungan pengamanat atas penjualan konsinyasi adalah persediaan barang tidak ikut disita saat komisioner dinyatakan bangkrut oleh pengadian negeri.

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan laba tidak terpisah bagi komisioner dan pengamanat dapat memberikan kepastian tentang jumlah tagihan yang harus dibayarkannya. Semakin besar penjualan menandakan barang dan produk yang dimiliki diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Contoh Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian Penjualan Konsinyasi Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud sistem konsinyasi? Pengertian penjualan konsinyasi adalah transaksi jual beli barang dagang dimana pelanggan akan membeli langsung dari agen sehingga agen menerima pendapatan komisi. seluruh biaya promosi dan biaya penyimpanan barang di gudang dapat dibebankan ke perusahaan tempat jualbelinya.

Pengertian penjualan konsinyasi menurut para ahli adalah tindakan perusahaan dalam rangka mengalokasikan sebagian besar kekayaan yang dimilikinya untuk atribusi keuangannya. Kewajiban perpajakan harus dijalankan untuk mendatangkan informasi perpajakan sesuai keinginan dari pemegang sahamnya.

Contoh penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari layak menjadi pertimbangan atas kekayaan wajib pajak. Pendapatan komisi terutang pph pasal 21 atas penghasilan yang diterima bukan karyawan perusahaan. Pph pasal 23 dapat dijalankan untuk mengakomodir kebutuhan penyetoran kas ke negara.

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan PPh Badan Perusahaan dengan Omzet diatas 4,8 Miliar

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Akuntansi Keuangan Lanjutan

Contoh soal penjualan konsinyasi akuntansi keuangan lanjutan bertujuan agar setoran kas dari komisioner dapat dipertanggungjawabkan. Setiap perusahaan berhak mengadakan prosedur alokasi informasi perpajakan guna menghindari koreksi fiskal positif dan koreksi fiskal negatif sesuai periodenya.

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan laba tidak terpisah bergantung pada mekanisme catatan atas laporan posisi keuangan. Prosedur audit laporan keuangan hendak diatribusikan sesuai peruntukkan agar dapat memperhitungkan pph badan atas penghasilan kena pajak.

Contoh penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari terjadi ketika PT Masraffi mengadakan perjanjian kerjasama penjualan barang lewat agen. PT Masraffi mengirimkan barang senilai Rp 93.000.000 dan diharapkan agen dapat menjual dengan harga Rp 120.000.000 untuk mendapatkan komisi 20%. Jika biaya promosi sebesar Rp 450.000. Bagaimana cara membuat jurnal pencatatan yang diperlukan?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
20/01/2023Konsinyasi Keluar - Persediaan Rp 93.000.000
Persediaan Barang Jadi Rp 93.000.000
31/03/2023Kas Rp 119.550.000
Konsinyasi Keluar - Biaya promosi Rp 450.000
Konsinyasi Keluar - Penjualan Rp 120.000.000
31/03/2023Konsinyasi keluar - Penjualan Rp 120.000.000
Konsinyasi Keluar - Persediaan Rp 93.000.000
Konsinyasi Keluar - Biaya Promosi Rp 450.000
Laba Penjualan Konsinyasi Rp 26.550.000

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Jurnal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Tidak Terpisah

Jurnal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan tidak terpisah bertujuan agar proses pencatatan administrasi keuangan dapat dikendalikan sesuai arahan auditor. Auditor internal bertugas mengatasi permasalahan keuangan perusahaan dengan meminjamkan kas pribadi untuk pelunasan hutang jangka panjang.

Contoh penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari layak menjadi acuan bagi entitas dalam rangka mengalokasikan sebagian besar nilai persediaan barang dagang. Persediaan barang merupakan komponen aktiva perusahaan untuk menghindari adanya pemanipulasian data laporan keuangan berdasarkan hasil pemeriksaan.

Jurnal konsinyasi metode laba terpisah dan tidak terpisah hendaknya dialokasikan sesuai arahan auditor perusahaan. Manajer keuangan bertugas untuk membantu departemen perusahaan dalam rangka mengalokasikan pembayaran sesuai tingkat kebutuhan produksi dalam rangka mendapatkan penghasilan.

Baca Juga: Apa Itu Metode Laba Terpisah dan Tidak Terpisah dalam Penjualan Konsinyasi

Demikian contoh penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan. Setiap perusahaan berhak mengadakan perjanjian kerjasama bisnis untuk menghindari kerugian akibat tidak dilaksanakan kewajiban antar pihak berkepentingan sesuai tujuan perusahaan.

0 Response to "Contoh Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel