Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah bagi Pengamanat

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah bagi pengamanat akuntansi keuangan lanjutan merupakan program pemasaran yang dilakukan perusahaan agar mendapatkan peluang memperbesar pembelian barang. Hak kepemilikan barang pada konsinyasi diselenggarakan berdasarkan kemampuan perusahaan.

Contoh soal akuntansi penjualan konsinyasi untuk pengamanat dan komisioner diperlukan agar entitas mendapatkan kepastian tentang pembayaran komisi. Cara memasarkan produk baru kepada pelanggan harus dapat memberikan bantuan agar seseorang dapat membantu mensejahterakan para karyawan yang bekerja.

Siapa saja yang terlibat dalam penjualan konsinyasi adalah pengamanat dan komisioner. Penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari dapat dilihat berdasarkan industri rumah tangga. Perusahaan dapat bekerjasama dengan pelanggan dalam rangka menerapkan penjualan tunai, penjualan kredit dan penjualan konsinyasi.

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah bagi Pengamanat

Bagaimana Proses Penjualan dengan Sistem Konsinyasi

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah bagi pengamanat merupakan langkah yang ditempuh perusahaan dalam rangka menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan. Audit laporan keuangan diperlukan untuk memaksimalkan prosedur pencatatan sistem informasi akuntansi terutama kas dan piutang dagang.

Proses penjualan dengan sistem konsinyasi dilakukan berdasarkan permintaan dari pengamanat. Pengamanat akan memberikan komisi dan bantuan kas untuk promosi agar komisioner dapat memperoleh penghasulan. Perpindahan hak milik dan hak manfaat akan terjadi saat faktur pajak penjualan diterbitkan atas nama pembeli.

Apa saja resiko yang mungkin terjadi pada penjualan konsinyasi adalah resiko barang rusak dan barang tidak terhitung saat melaksanakan stock opname. Mengapa strategi penjualan dengan sistem konsinyasi sangat efektif bagi pemilik produk? sebab komisioner atau konsinyi tidak perlu melakukan pembelian barang jadi.

Baca Juga: Cara Input Penjualan Konsinyasi di Accurate dan Zahir Accounting

Siapa Saja yang Terlibat dalam Penjualan Konsinyasi

Siapa saja yang terlibat dalam penjualan konsinyasi perlu dipertimbangkan dalam rangka menentukan hak dan tanggungjawabnya. Mengapa barang konsinyasi tidak ikut disita apabila terjadi kebangkrutan dalam perusahaan sebab terjadi pemisahan harta antara pengamanat dan komisioner saat menyelenggarakan pencatatan.

Siapa itu Pengamanat

Pengamanat dalam penjualan konsinyasi adalah seseorang yang menitipkan barang kepada pelanggan untuk melaksanakan penjualan sesuai arah dan tujuannya. Konsinyor merupakan pihak yang memiliki barang dan tidak akan terjadi perpindahan hak milik dan hak manfaat aset kecuali setelah diberikan komisi.

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah bagi pengamanat dan komisioner harus menerapkan standar akuntansi keuangan. Bagi pengamanat, penjualan konsinyasi bermanfaat untuk mengurangi biaya sewa ruko atau gudang. Konsinyor adalah pihak yang menetapkan harga jual barang.

Siapa itu Komisioner

Komisioner dalam penjualan konsinyasi adalah pihak yang bersedia melaksanakan penjualan barang milik orang lain. Shopee affiliate dan tokopedia affiliate ditujuan agar penjual tidak perlu membeli barang dagang terlebih dahulu sehingga resiko barang rusak dan barang tidak sesuai pesanan dapat dikendalikan.

Jika barang konsinyasi tidak laku atau tidak dapat terjual, siapakah yang akan menderita kerugian adalah pihak pengamanat. Barang konsinyasi hanya diakui stock bagi pengamanat sehingga komisioner hanya melakukan penjagaan terhadap barang titipan agar dapat diperdagangkan sesuai tagihannya.

Baca Juga: Resiko Penjualan Konsinyasi Bagi Konsinyor

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Jawabannya

Contoh soal penjualan konsinyasi akuntansi keuangan lanjutan bertujuan agar perusahaan mendapatkan tambahan pekerjaan. Faktur pajak penjualan dan invoice ditujuan agar pelanggan mampu membayarkan tagihan sesuai nilai dan jangka waktu yang tercantum di termin pembayaran bagi pelanggan.

Apakah laba dalam penjualan konsinyasi dicatat terpisah dari laba penjualan reguler bergantung pada kebijakan akuntansi perusahaan. Resiko penjualan konsinyasi adalah pengamanat tidak mengetahui karakteristik barang yang dijual dan tidak perlu melakukan strategi penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah terjadi ketika PT Masraffi mengirimkan barang dagang dengan harga jual Rp 8.000.000 dan harga pokok produksi Rp 5.000.000. Diakhir periode, komisioner berhasil menjual barang dan mendapatkan komisi 20% dengan diberikannya biaya promosi sebesar Rp 100.000. Buatlah jurnal mencatat transaksi konsinyasi akuntansi keuangan lanjutan.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
18/01/2023Konsinyasi Keluar - Persediaan Rp 5.000.000
Persediaan Barang Jadi Rp 5.000.000
31/01/2023Kas Rp 7.900.000
Konsinyasi Keluar - Biaya promosi Rp 100.000
Konsinyasi Keluar - Penjualan Rp 8.000.000
31/01/2023Konsinyasi keluar - Penjualan Rp 8.000.000
Konsinyasi Keluar - Persediaan Rp 5.000.000
Konsinyasi Keluar - Biaya Promosi Rp 100.000
Laba Penjualan Konsinyasi Rp 2.900.000

Baca Juga: Contoh Perjanjian Kerjasama Penjualan Konsinyasi

Demikian contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah bagi pengamanat dan komisioner. Siapa yang menanggung kerugian apabila barang konsinyasi tidak laku terjual sampai akhir periode adalah pihak yang memiliki barang. Perjanjian kerjasama harus dilakukan agar kedua belah pihak dapat menjalankan hak dan tanggungjawabnya.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah bagi Pengamanat"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel