Contoh Soal Pencatatan Piutang Dagang dan Piutang Wesel Beserta Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pencatatan piutang dagang dan piutang wesel beserta jawabannya merupakan prosedur yang digunakan perusahaan dalam rangka mencegah proses manipulasi penjualan barang. Setiap piutang mengandung manfaat ekonomis yang berasal dari penyerahan barang atau jasa sesuai nilai perjanjiannya.

Contoh soal anjak piutang tak tertagih dapat terjadi ketika nasabah tidak berhasil memperjualbelikan seluruh komponen laporan keuangan. Penurunan nilai piutang dapat terjadi saat perusahaan mengalokasikan sebagian besar kekayaannya untuk membayarkan tagihan yang jatuh tempo sesuai peruntukkannya.

Apa saja yang termasuk piutang dagang yaitu seluruh komponen informasi keuangan yang ditujukan untuk kepentingan bisnis. Bagaimana cara atau strategi yang tepat dalam memanage mengelola piutang suatu perusahaan sehingga piutang tersebut menjadi efektif dan efisien bagi perusahaan dengan melihat kemampuan nasabah membayarkan tagihannya.

Contoh Soal Pencatatan Piutang Dagang dan Piutang Wesel Beserta Jawabannya

Pengertian Piutang Dagang dan Piutang Wesel

Pengertian piutang dagang dan piutang wesel adalah komponen aktiva lancar yang dimiliki perusahaan saat terjadi penyerahan barang dan jasa kena pajak. Piutang jatuh tempo kurang dari satu tahun diakui sebagai aktiva lancar. Piutang tak tertagih dapat muncul ketika nasabah tidak mampu membayarkan tagihan dan dinyatakan pailit.

Pengertian Piutang Dagang Menurut Para Ahli

Pengertian piutang dagang adalah tagihan yang diberikan kepada nasabah dalam rangka mengaplikasikan setiap penjualan barang dan jasanya. Piutang diakui sebesar nilai yang ditagihkan kepada pelanggan termasuk pemungutan pajak pertambahan nilai. Piutang dianggap sebagai aktiva lancar jika mampu diolah dalam satu periode.

Pengertian Piutang Wesel Menurut Para Ahli

Pengertian piutang wesel menurut para ahli adalah tagihan perusahaan kepada pihak ketiga yang telah menjanjikan pembayaran sesuai nilai tagihannya. Wesel tagih dan wesel bayar memiliki bunga yang dikenakan atas setiap tahunnya. Pembayaran bunga wesel dilakukan setiap periode sesuai perjanjian kerjasamanya,

Baca Juga: Cara Membuat Email Domain Sendiri di Cloudflare

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Piutang Usaha

Faktor faktor yang mempengaruhi besar kecilnya piutang usaha dalam suatu perusahaan adalah working capital. Working capital atau modal kerja adalah kas yang dibutuhkan perusahaan agar rencana produksi dan penjualan barang dapat dijalankan sesuai target periode yang diperlukan oleh perusahaan.

Contoh soal pencatatan piutang dagang dan piutang wesel beserta jawabannya telah diatur dalam standar akuntansi keuangan. Bagaimana cara mengendalikan piutang agar tidak menjadi kredit macet atau piutang tak tertagih adalah menilai kualitas pembayaran tagihan nasabah sebelum kredit pajak disetujui.

Faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya piutang usaha dan piutang dagang di perusahaan adalah kesepakatan dengan para nasabahnya. Penjualan kredit menjadikan entitas bertanggungjawab atas setiap pengeluaran barang dan jasa kena pajak sesuai target yang ditentukan oleh manajemen keuangannya.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Pemeriksaan Piutang dan Kertas Kerja Pemeriksaan

Contoh Soal Pencatatan Piutang Dagang dan Jawabannya

Contoh soal pencatatan piutang dagang dan jawabannya terjadi ketika entitas bertanggungjawab atas segala pengeluaran perusahaan. Penyebab terjadinya piutang dagang adalah penjualan kredit. Penjualan kredit bertujuan agar perusahaan dapat meningkatkan estimasi arus kas dimasa depan sesuai nilai tagihannya.

Penyebab piutang tak tertagih di perusahaan mengakibatkan arus kas tidak stabil. Setiap perusahaan memiliki kebijakan perihal penurunan nilai piutang. Peristiwa yang mengakibatkan penurunan nilai piutang terjadi saat entitas telah mensejahterakan para karyawannya. Adapun faktor-faktor penyebab piutang tak tertagih adalah

  1. Piutang tidak dilunasi dalam jangka waktunya
  2. Pokok pinjaman dan bunganya tertunggak beberapa periode
  3. Peminjam dinyatakan pailit oleh pengadilan
  4. Adanya perpanjangan waktu pembayaran

Contoh Soal Piutang Dagang dan Piutang Wesel

Contoh soal piutang dagang dan piutang wesel terjadi ketika PT Masraffi memperjualbelikan jasa service kendaraan kepada nasabahnya dengan harga Rp 80.000.000. Pembayaran akan dilakukan secara kredit dalam waktu 10 hari sejak tagihan jatuh tempo. Bagaimana jurnal pencatatan penjualan barang dan jasa tersebut?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
02/03/2023Piutang Dagang Rp 88.800.000
Pendapatan Lain-lain Rp 80.000.000
PPN Keluaran Rp 8.800.000

Jurnal Pelunasan Piutang dan Jawabannya

Tanggal Keterangan Debit Kredit
12/03/2023Kas Rp87.200.000
PPh Pasal 23 Dibayar Dimuka Rp1.600.000
Piutang Dagang Rp88.800.000

Baca Juga: Karakteristik Piutang Dagang

Demikian contoh soal pencatatan piutang dagang dan piutang wesel beserta jawabannya dalam sistem informasi akuntansi. Setiap perusahaan berhak mengadakan pertimbangan atas kebijakan kredit yang akan diterapkan. Semakin lama umur piutang menunjukkan ketidakmampuan nasabah membayarkan tagihannya.

0 Response to "Contoh Soal Pencatatan Piutang Dagang dan Piutang Wesel Beserta Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel