Contoh Soal Cara Menghitung Goodwill dan Bonus Bagi Sekutu yang Keluar Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh soal cara menghitung goodwill dan bonus bagi sekutu yang keluar persekutuan merupakan tindakan seseorang dalam rangka mensejahterakan para pemegang saham yang berlaku. Setiap perusahaan diharapkan mampu memberikan imbal balik maksimal atas dana investasi yang telah diberikan para sekutu saat awal pendirian firma.

Cara menghitung goodwill dan bonus bagi sekutu yang keluar firma berakibat pada penurunan jumlah modal sekutu lama. Penyebab anggota sekutu keluar dari firma adalah ketidakcocokan kerjasama dengan sekutu lainnya, permasalahan keuangan dan kerugian berkelanjutan serta permasalahan hukum yang mungkin terjadi.

Pertanyaan tentang pembubaran persekutuan dan perubahan pemilikan firma ditujukan bagi pemegang saham yang memiliki banyak investasi di perusahaan. Karakteristik firma, ciri ciri persekutuan hendaknya didasarkan para pertimbangan modal yang diberikannya selama kegiatan operasional serta mekanisme pengunduran diri sekutu.

Contoh Soal Cara Menghitung Goodwill dan Bonus Bagi Sekutu yang Keluar Persekutuan

Materi Pengunduran Diri Sekutu dari Firma

Contoh soal cara menghitung goodwill dan bonus bagi sekutu yang keluar persekutuan dapat diselenggarakan setelah entitas memastikan bahwa salah satu investor keluar dari firma. Apa penyebab dibubarkannya persekutuan adalah entitas tidak menjalankan kewajiban kepadanya terutama permasalah hutang piutang.

Pengunduran diri sekutu bertujuan untuk memaksimalkan kekayaan yang ada di perusahaan untuk mencegah terjadinya kekurangan dana. Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan diawali dengan akuntansi pendirian firma, perubahan pemilikan persekutuan dan likuidasi saat akhir periode akuntansi.

Bagaimana cara penyelesaian jika ada pengunduran diri dari seorang anggota atau lebih harus dilakukan perubahan akta pendirian. Firma adalah badan usaha yang menjalankan kewajiban hukum serta legal. Pembubaran firma menandakan entitas mengalami kesulitan keuangan seperti terjadi kerugian.

Baca Juga: Jurnal Pencatatan Biaya Tenaga Kerja Langsung

Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 Persekutuan

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan bertujuan agar kekayaan perusahaan dapat digunakan untuk menghasilkan dividen bagi para sekutu. Laba atau keuntungan yang didapatkan persekutuan tidak menjadi objek dan subjek pajak penghasilan. PPh pasal 21 dan pph badan dioptimalkan untuk menjalankan kewajiban pembayarannya.

Contoh soal cara menghitung goodwill dan bonus bagi sekutu yang keluar persekutuan harus memperlihatkan karakteristik firma. Karakteristik firma diawali dengan mutual agency, limited life dan unlimited liability. Goodwill negatif artinya pemakaian goodwill yang telah terbentuk sebelumnya dari aktivitas masuk dan pendirian persekutuan.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan terjadi ketika Firma Diadora yang memiliki pembagian laba rugi sebesar 8:9:5 mendapatkan laba sebesar Rp 258.000.000. Adapun informasi perihal modal awal dan jumlah gaji yang harus dibayarkan untuk menghitung modal akhir adalah

Nama Anggota Jumlah Modal Awal Gaji
Mela Rp67.000.000 Rp16.080.000
Ifa Rp97.000.000 Rp23.280.000
Firda Rp15.000.000 Rp 3.600.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Rumus Cara Menghitung Nilai Perusahaan

Anggota Firma yang Keluar Memperoleh Hak Lebih Besar Daripada Saldo Modal

Anggota firma yang keluar memperoleh hak lebih besar daripada saldo modalnya bertujuan agar proses alokasi informasi keuangan dapat ditujukan bagi pemegang saham untuk mendapatkan imbal balik. Reksa dana, obligasi dan saham menjadi instrumen keuangan yang dapat menambah kekayaan individual.

Contoh soal cara menghitung goodwill dan bonus bagi sekutu yang keluar persekutuan hendaknya didasarkan para pertimbangkan kekayaan perusahaan. Apakah jika ada sekutu yang keluar, persekutuan harus dibubarkan tentu didasarkan pada aktivitas operasional dan kondisi keuangan saat ada perubahan pemilikan persekutuan.

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan yang diakibatkan keluarnya anggota sekutu atau anggota sekutu meninggal dunia harus mempertimbangkan nilai modal diakhir periode. Bagaimana cara menghitung modal akhir masing-masing sekutu setelah mendapatkan pembagian laba rugi dan gaji firma?

Keterangan Mela Ifa Firda
Gaji Rp16.080.000 Rp23.280.000 Rp3.600.000
Pembagian laba rugi Rp78.196.364 Rp87.970.909 Rp 48.872.727
Modal Awal Rp67.000.000 Rp97.000.000 Rp 15.000.000
Modal Akhir Rp 161.276.364 Rp208.250.909 Rp 67.472.727

Cara Menghitung Bonus dan Goodwill yang Diterima Sekutu

Cara menghitung bonus dan goodwill yang diterima anggota sekutu yang keluar persekutuan melibatkan adanya perubahan pemilikan persekutuan. Permohonan pengunduran diri karyawan selambat-lambatnya harus dilakukan dalam waktu 30 hari sebelum tanggal keluar dari perusahaan tempat bekerja.

Adapun cara menghitung pembagian laba rugi persekutuan setelah gaji dan upah sekutu adalah

Keterangan Bonus Keluarnya Anggota Sekutu
Mela Rp24.718.717
Ifa Rp27.808.556

Jurnal Akuntansi Pengunduran Diri Sekutu dari Firma

Tanggal Keterangan Debit Kredit
08/12/2023 Modal Mela Rp24.718.717
Modal Ifa Rp27.808.556
Modal Firda Rp67.472.727
Kas Rp 120.000.000

Baca Juga: Apa Arti Goodwill Negatif

Demikian contoh soal cara menghitung goodwill dan bonus bagi sekutu yang keluar persekutuan dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Apakah bisa membatalkan surat pengunduran diri sekutu tentu didasarkan pada pengalaman dan skill yang dimiliki serta nilai lebih karyawan selama kegiatan operasionalnya.

0 Response to "Contoh Soal Cara Menghitung Goodwill dan Bonus Bagi Sekutu yang Keluar Persekutuan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel