Jurnal Pencatatan Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung Akuntansi Biaya

Konten [Tampil]

Jurnal pencatatan biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung akuntansi biaya merupakan tindakan perusahaan dalam rangka mengalokasikan kas dan setara kas untuk pembayaran upah dan gaji karyawan. Imbal balik atas pemakaian tenaga kerja adalah memberikan kas yang setara dengan produktivitas barang ciptaan perusahaan.

Contoh tenaga kerja langsung dan tidak langsung dalam akuntansi biaya sering disingkat BTK. Produk dalam proses merupakan komponen untuk memperhitungkan total pencapaian perusahaan saat menyelenggarakan kegiatan bisnis. Tujuan pemakaian tenaga kerja adalah memaksimalkan proses perubahan bahan baku menjadi barang jadi.

Bagaimana cara menghitung biaya tenaga kerja tidak langsung di perusahaan dagang, jasa dan manufaktur harus dapat mengklasifikasikan biaya variable dan biaya tetap. Anggaran tenaga kerja ditujukan agar perusahaan mempersiapkan gaji dan upah saat proses pembayaran waktu yang diberikan para pekerja mencapai perencanaan bisnis.

Jurnal Pencatatan Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung Akuntansi Biaya

Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Akuntansi Biaya

Jurnal pencatatan biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung akuntansi biaya bertujuan agar perusahaan dapat membuat formula produk. Pengertian bill of material adalah keseluruhan komponen produksi barang meliputi pemakaian bahan baku dan biaya konversi yang dihasilkan selama satu periode akuntansi.

Contoh soal biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung dalam akuntansi biaya perlu dihindari agar entitas dapat menerapkan mesin produksi. Faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam penyusunan anggaran tenaga kerja langsung adalah tingkat pendidikan, pengalaman dan produktivitas karyawan selama bekerja.

Contoh soal biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung terjadi ketika PT Masraffi menetapkan hasil produksi standar sebesar 87 per jam. Bagaimana cara menghitung pendapatan gaji dan upah yang harus dibayarkan perusahaan apabila tarif dasar sebesar Rp 8.250 dengan metode rencana bonus seratus persen?

HariHasil produksiJam Kerja
Senin626 Unit8 Jam
Selasa661 Unit8 Jam
Rabu800 Unit8 Jam
Kamis724 Unit8 Jam
Jumat682 Unit8 Jam

Baca Juga: Cara Memasukkan Saldo Awal Piutang dan Hutang Dagang di Accurate

Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Metode Rencana Bonus Seratus Persen

Jurnal pencatatan biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung akuntansi biaya harus mempertimbangkan adanya program insentif kelompok dan individu. Komponen tenaga kerja meliputi tingkat pendidikan, pengalaman, skill dan pencapaian target yang telah ditentukan oleh tim manajemen perusahaan.

Mengapa perusahaan sangat memerlukan anggaran biaya tenaga kerja terutama biaya tenaga kerja langsung sebab harus dapat mengalokasikan kas dan setara kas secara maksimal untuk pembayaran tagihan atau upah karyawan. Proses penganggaran biaya tenaga kerja harus dipertimbangkan dan disampaikan saat rapat umum pemegang saham.

Bagaimana cara menghitung biaya tenaga kerja metode rencana bonus seratus persen adalah mempertimbangkan ada tidaknya pencapaian individu atau kelompok. Metode rencana unit kerja langsung diorientasikan pada hasil produksi yang layak jual untuk memperhitungkan gaji yang didapatkan karyawannya.

HariHasil produksiJam KerjaUnit StandarRasio EfisiensiTarif dasarTotal upah
Senin626 Unit8 Jam696 Unit90% Rp 8.250 Rp 66.000
Selasa661 Unit8 Jam696 Unit95% Rp 8.250 Rp 66.000
Rabu800 Unit8 Jam696 Unit115% Rp 8.250 Rp 75.900
Kamis724 Unit8 Jam696 Unit104% Rp 8.250 Rp 68.640
Jumat682 Unit8 Jam696 Unit98% Rp 8.250 Rp 66.000

Baca Juga: Cara Menghitung Skedul Umur Piutang Tak Tertagih

Contoh Jurnal Pencatatan Gaji dan Upah Karyawan Tetap

Contoh jurnal pencatatan gaji dan upah karyawan tetap harus mempertimbangkan pengenaan pph pasal 21. Subjek dan objek pajak penghasilan pasal 21 harus diterapkan selama karyawan berada di indonesia. Subjek pajak penghasilan akan ada saat seseorang lahir dan memiliki karakteristik pendapatan tertentu.

Jurnal pencatatan biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung akuntansi biaya perlu dihindari untuk efektivitas kegiatan bisnis. Aktiva dan passiva adalah komponen informasi penting agar pemegang saham mengetahui arah tujuan perusahaan saat menjalankan investasi, operasional atau permodalan.

Contoh jurnal pencatatan gaji dan upah karyawan tetap terdiri dari beberapa departemen. Tenaga kerja di perusahaan manufaktur terdiri dari departemen produksi, marketing dan administrasi. Apabila pembayaran gaji dan upah tenaga kerja tidak sesuai tanggal yang dijanjikan maka akan terjadi penurunan produktivitas.

TanggalKeteranganDebitKredit
01/08/2023Beban Gaji dan Upah Karyawan Rp 342.540
Bank Mandiri Rp 342.540

Baca Juga: Komponen Biaya Bahan Baku

Demikian jurnal pencatatan biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung akuntansi biaya dalam program komputer akuntansi. Setiap perusahaan diharapkan mampu membayarkan gaji, tunjangan, upah dan program insentif lainnya secara tepat waktu untuk menghindari konflik kepentingan tertentu.

0 Response to "Jurnal Pencatatan Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung Akuntansi Biaya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel