Cara Memasukkan Saldo Awal Piutang dan Hutang Dagang di Zahir Accounting

Konten [Tampil]

Cara memasukkan saldo awal piutang dan hutang dagang di zahir accounting merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka melaksanakan kegiatan memperoleh kas dan setara kas dari hasil penjualan barang dagangan. Piutang dan hutang adalah hasil dari penerapan kebijakan akrual basis terhadap transaksi keuangan.

Cara input saldo awal hutang dan piutang dagang di zahir accounting harus mengandalkan buku besar pembantu piutang. Buku besar pembantu akan merinci setiap nama pelanggan yang pernah bertransaksi dengan entitas dalam rangka mengerjakan informasi perpajakan atas transaksi jual beli barang dagangan.

Bagaimana cara mengisi saldo awal piutang dan hutang perlu mempertimbangkan adanya informasi di neraca saldo. Supplier balance berfungsi menginput saldo awal hutang dagangan. Customer balance berfungsi menginput saldo awal piutang dagangan atas transaksi yang pernah dilakukan oleh perusahaan manufaktur.

Cara Memasukkan Saldo Awal Piutang dan Hutang Dagang di Zahir Accounting

Apa yang Dimaksud dengan Saldo Awal Piutang dan Hutang

Apa yang dimaksud dengan saldo awal piutang dan hutang dagang merupakan komponen laporan keuangan yang berfungsi melaksanakan penagihan dan penjadwalan pembayaran untuk beberapa invoice yang jatuh tempo. Pemungutan pajak pertambahan nilai dapat dilaksanakan saat entitas menjadi objek pajak penjualan.

Pada program zahir accounting, bagaimana cara menginput saldo awal piutang dan hutang harus segera dilaksanakan agar neraca saldo awal menunjukkan nilai sebenarnya. Neraca saldo adalah keseluruhan jenis aktiva yang diperoleh perusahaan dari hasil liabilitas dan ekuitas pemegang saham pada awal periode.

Cara memasukkan saldo awal piutang dan hutang dagang di zahir accounting memerlukan buku besar pembantu. Pengisian saldo awal berdampak pada informasi proses penjadwalan pesanan dan penilaian tagihan jatuh tempo sesuai masa yang telah dilaksanakan entitas. Termin pembayaran adalah dasar penetapan periode pembayaran tagihan.

Baca Juga: Cara Membuat Database Zahir Accounting Baru

Cara Memasukkan Saldo Awal Piutang Dagang di Zahir Accounting

Cara memasukkan saldo awal piutang dagang di zahir accounting harus dilaksanakan sesuai standar akuntansi keuangan. Piutang diakui saat entitas telah menyerahkan sejumlah pesanan sesuai purchase order tertentu dan dapat dinilai secara handal menggunakan satuan unit moneter dinegara tersebut.

Cara menginput saldo awal piutang di zahir accounting dan accurate harus menampilkan total tagihan yang sama antara buku besar dengan total saldo di neraca saldo. Laporan posisi keuangan akan menunjukkan total kekayaan yang dimiliki perusahaan agar mengupayakan entitas dapat mengalokasikan prosedur penjadwalan.

Langkah-langkah mengisi saldo awal piutang harus mempersiapkan detail tagihan yang belum terbayarkan sampai awal periode. Data awal piutang yang harus ada adalah nomor tagihan, termin pembayaran, nama pelanggan, total tagihan terutang sehingga dapat dinilai masa jatuh tempo tagihan tersebut.

Langkah-Langkah Input Saldo Awal Piutang di Zahir

  • Pilih menu Setting > Saldo Awal
  • Cara Memasukkan Saldo Awal Piutang dan Hutang Dagang di Zahir Accounting
  • Klik saldo awal piutang usaha
  • Pilih informasi baru, edit atau hapus tagihan
  • Cara Memasukkan Saldo Awal Piutang dan Hutang Dagang di Zahir Accounting
  • Isilah nama pelanggan, tanggal invoice, nomor invoice dan nilai piutang yang belum terbayarkan
  • Cara Memasukkan Saldo Awal Piutang dan Hutang Dagang di Zahir Accounting
  • Tentukan termin pembayaran yang disepakati
  • Cara Memasukkan Saldo Awal Piutang dan Hutang Dagang di Zahir Accounting
  • Pastikan nilai buku besar pembantu piutang sesuai nilai sado piutang di neraca saldo
  • Cara Memasukkan Saldo Awal Piutang dan Hutang Dagang di Zahir Accounting

Baca Juga: Download Zahir Accounting Versi 6 Build 13

Cara Mengisi Saldo Awal Hutang Dagang di Zahir Accounting

Cara mengisi saldo awal hutang dagang di zahir accounting bertujuan agar perusahaan tidak telat dalam membayarkan tagihan kepada supplier untuk menghindari keterlambatan pengiriman barang pesanan. Hutang dagang adalah akun yang menunjukkan pembelian barang belum terbayar setelah surat tagihan diterbitkan.

Pada program zahir, bagaimana langkah-langkah menginput saldo awal hutang memerlukan informasi perihal total tagihan yang telah diterbitkan oleh pemasok. Seluruh perusahaan tentu pernah berhutang saat kebijakan penjualan kredit diberikan oleh supplier. Pemasok akan mendapatkan kas setelah pengiriman barang tertentu.

Pengisian saldo awal akun piutang dan hutang terdapat pada menu setting dan menu saldo awal. Supplier balance berfungsi memberitahu total hutang perusahaan kepada pihak ketiga. Customer balance berfungsi memberitahu total tagihan yang harus dibayarkan para pelanggan perusahaan sebelum jatuh tempo.

Baca Juga: Cara Install Zahir Accounting 6 Full Version di Komputer Server

Demikian cara memasukkan saldo awal piutang dan hutang dagang di zahir accounting dalam materi komputer akuntansi. Setiap perusahaan harus dapat menyelenggarakan kegiatan pembukuan untuk menghindari adanya piutang tak tertagih dan berakibat pada penurunan performa perusahaan saat menghitung laba rugi.

0 Response to "Cara Memasukkan Saldo Awal Piutang dan Hutang Dagang di Zahir Accounting"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel