Contoh Soal Perubahan Pemilikan Persekutuan Karena Adanya Anggota yang Keluar

Konten [Tampil]

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan karena adanya anggota yang keluar merupakan aktivitas perpindahan hak milik firma dari anggota lama ke anggota baru. Keluarnya anggota firma dan meninggalnya salah satu sekutu berakibat pada pembubaran persekutuan yang disebabkan adanya perbedaan akta pendirian.

Apa penyebab anggota sekutu keluar dari firma karena meninggal dunia atau tidak sesuai standar operasional prosedur. Pemasalahan keuangan harus diselesaikan termasuk hutang piutang agar sekutu yang terlibat dapat menghindari ketidaksesuaian saat menyelenggarakan audit laporan posisi keuangan dan laba rugi.

Bagaimanakah pencatatan akuntansi jika terjadi disolusi persekutuan karena mengundurkan diri harus menterjemahkan informasi modal yang dimilikinya. Pembagian laba rugi persekutuan wajib ditentukan saat akta pendirian disepakati dalam rangka menetapkan hak dan tanggungjawab sesuai kondisi keuangannya.

Contoh Soal Perubahan Pemilikan Persekutuan Karena Adanya Anggota yang Keluar

Apa Penyebab Anggota Sekutu Keluar dari Persekutuan atau Firma

Penyebab anggota sekutu keluar dari persekutuan atau firma adalah meninggal dunia atau terjadi permasalahan keuangan. Sekutu yang keluar akan meninggalkan goodwill atau bonus atas kontribusinya dalam kegiatan perusahaan. Beberapa alternatif keluarnya anggota persekutuan adalah

  1. Sekutu mendapatkan hak sebesar saldo modalnya
  2. Anggota firma memperoleh hak lebih besar dari saldo modalnya
  3. Sekutu memperoleh hak lebih kecil dari saldo modalnya

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan karena adanya anggota yang keluar berakibat pada penurunan jumlah modal tertanam. Persoalan akuntansi dalam pembubaran persekutuan harus dapat menjalankan hak dan tanggungjawab sesuai kontribusi yang didapatkannya selama kegiatan operasionalnya.

Apa penyebab anggota sekutu keluar dari persekutuan disebabkan firma mengalami permasalah keuangan dengan pihak supplier. Ketidakmampuan membayarkan tagihan jatuh tempo menandakan kondisi keuangan yang tidak sesuai keinginan dari pemegang saham saat pembayaran tagihannya.

Baca Juga: Apa itu Goodwill dalam Persekutuan

Contoh Soal Keluarnya Anggota Sekutu dari Firma

Contoh soal keluarnya anggota sekutu dari persekutuan bertujuan agar modal tertanam dapat diberikan kepada sekutu tertentu. Persentase pembagian laba rugi didasarkan pada gaji dan bonus saat penandatangan akta pendirian. Pengunduran diri sekutu harus menyelesaikan hutang piutang sebelum pembagian modalnya.

Transaksi apa saja yang menyebabkan perubahan dalam persekutuan adalah masuk dan keluarnya anggota sekutu. Bagaimana cara penyelesaian jika ada pengunduran diri dari seorang anggota atau lebih harus menyelesaikan hutang piutang. Apa itu goodwill dalam persekutuan adalah nilai lebih sekutu terhadap sekutu lainnya.

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan karena adanya anggota yang keluar terjadi ketika Firma Masraffi yang beranggotakan 3 orang atas persentase pembagian laba rugi 3:4:2. Sebelum salah satu sekutu keluar, terdapat laba ditahan sebesar Rp 90.000.000. Adapun jumlah modal awal dan gaji bulanan masing-masing sekutu adalah

Nama Anggota Jumlah Modal Awal Gaji
Nafis Aula Fitri Rp 23.000.000 Rp 5.520.000
Adinda Ayu Alyana Rp 78.000.000 Rp 18.720.000
Saidah sri sulistiyani Rp 86.000.000 Rp 20.640.000

Baca Juga: Contoh Soal Anggota Sekutu Meninggal Dunia dalam Persekutuan

Cara Menghitung Modal Akhir Sekutu Setelah Gaji dan Bonus

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan karena adanya anggota yang keluar harus diberikan goodwill atau bonus sesuai nilai kontribusinya. Kekayaan firma tidak terlepas dari setoran modal awal para sekutu sesuai akta pendirian. Perhitungan pembagian laba rugi persekutuan setelah gaji dan bonus bertujuan agar sekutu bersemangat dalam mencari penghasilan.

Cara menghitung modal akhir sekutu setelah gaji dan bonus bertujuan agar sekutu tetap dapat menjalankan kewajiban untuk kemakmuran para pemegang saham. Cara menentukan angka-angka dalam neraca apabila ada anggota sekutu baru dan lama didasarkan pada total nilai kontribusi terhadap harta perusahaan.

Adapun cara menghitung pembagian laba rugi persekutuan setelah gaji dan bonus adalah

Keterangan Nafis Aula Fitri Adinda Ayu Alyana Saidah sri sulistiyani
Gaji Rp 5.520.000 Rp 18.720.000 Rp 20.640.000
Pembagian laba rugi Rp 15.040.000 Rp 20.053.333 Rp 10.026.667
Modal Awal Rp 23.000.000 Rp 78.000.000 Rp 86.000.000
Modal Akhir Rp 43.560.000 Rp 116.773.333 Rp 116.666.667

Anggota Sekutu Memperoleh Hak Lebih Besar Daripada Saldo Modal

Anggota firma yang keluar memperoleh hak lebih besar daripada saldo modalnya harus diperlakukan sebagai informasi tambahan atas kekayaan perusahaan. Apakah jika ada sekutu yang keluar, persekutuan harus menghentikan usahanya tidak perlu sebab dapat diusahakan adanya perubahan akta pendirian.

Kelemahan menggunakan rasio modal awal dalam pembagian laba rugi persekutuan adalah sekutu hanya dinilai saat pendirian firma. Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan karena adanya anggota yang keluar terjadi saat Saidah Sri Sulistiyani keluar dari firma dengan modal yang diakui sebesar Rp 120.000.000.

Bagaimana cara menghitung goodwill atau bonus yang diberikan kepada anggota sekutu yang keluar bertujuan agar sekutu diberikan kemudahan dalam mendirikan perusahaan baru. Perubahan keanggotaan firma berakibat pada penurunan performa penjualan sehingga omzet menurun.

Adapun cara menghitung bonus bagi anggota sekutu yang keluar adalah

Keterangan Bonus Keluarnya Anggota Sekutu
Nafis Aula Fitri Rp1.428.571
Adinda Ayu Alyana Rp1.904.762

Jurnal Mencatat Anggota Sekutu yang Keluar

Tanggal Keterangan Debit Kredit
08/12/2023 Modal Nafis Aula Fitri Rp 1.428.571
Modal Adinda Ayu Alyana Rp 1.904.762
Modal Saidah sri sulistiyani Rp116.666.667
Kas Rp 120.000.000

Baca Juga: 5 Macam Cara Pembelian Hak Sekutu Lama oleh Sekutu Baru

Demikian contoh soal perubahan pemilikan persekutuan karena adanya anggota yang keluar dalam akuntansi keuangan lanjutan 1. Bagaimana pencatatan akuntansi jika terjadi disolusi persekutuan karena mengundurkan diri dilakukan pencatatan pengakuan goodwill atau bonus yang muncul.

0 Response to "Contoh Soal Perubahan Pemilikan Persekutuan Karena Adanya Anggota yang Keluar"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel