2 Contoh Soal Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan dan Jurnalnya

Konten [Tampil]

Contoh soal masuknya anggota baru dalam persekutuan dan jurnalnya merupakan informasi perubahan pemilikan firma yang mengakibatkan terjadinya pembubaran secara legalitas. Akuntansi pembentukan firma dan pembubaran persekutuan diperlukan agar mahasiswa dapat memahami laporan keuangan konsolidasi.

Contoh soal dan jawaban perubahan pemilikan persekutuan dapat terjadi saat entitas menyelenggarakan kegiatan pencatatan bisnis. Pengertian firma adalah badan usaha yang menjalankan kegiatan jual beli untuk mendatangkan pasar dan omzet penghasilan agar para sekutu berhasil mendapatkan kekayaan yang diinginkannya.

Perubahan pemilikan persekutuan terjadi tatkala adanya anggota baru ingin bergabung ke firma atau anggota lama yang menjual pemilikannya kepada anggota baru. Masuknya anggota baru dalam persekutuan harus diukur berdasarkan total pemilikan agar persentase pembagian laba rugi dapat ditentukan dengan jelas.

2 Contoh Soal Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan dan Jurnalnya

Akuntansi Perubahan Pemilikan Firma

Akuntansi perubahan pemilikan firma berkaitan dengan prosedur keluar masuknya anggota sekutu. Sekutu adalah pihak yang memberikan sebagian harta pribadinya untuk kesejahteraan perusahaan. Para sekutu akan mendapatkan imbal balik berupa dividen, laba ditahan dan gaji sesuai kinerja yang diberikan pada perusahaan.

Contoh soal masuknya anggota sekutu baru dalam persekutuan dan jurnalnya terdiri dari dua cara. Bagaimana cara menjadi anggota sekutu baru yaitu dengan membeli hak anggota lama atau menambah kekayaan atau modal persekutuan sehingga muncul goodwill atau bonus yang diberikan sesuai nilai lebihnya.

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan diwajibkan agar prosedur dan prinsip dasar akuntansi dapat diterapkan. Job order costing, process costing dan just in time harus diselenggarakan agar prosedur perhitungan harga pokok penjualan ditentukan dengan jelas sehingga laba kotor dan laba bersih diketahui.

Baca Juga: Cara Menghitung Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Contoh Soal Masuknya Anggota Sekutu Baru dengan Membeli Hak Sekutu Lama

Contoh soal masuknya anggota sekutu baru dengan membeli hak sekutu lama tidak berpengaruh terhadap neraca saldo perusahaan. Jual beli modal firma menjadi transaksi pribadi antara sekutu aktif dan sekutu pasif. Peralihan hak dan tanggungjawab sekutu terjadi saat dicatatnya perubahan akta pendirian firma.

Contoh kasus perubahan persekutuan firma menjadi perseroan terbatas akan mengubah ekuitas perusahaan dari modal pribadi menjadi saham. Saham adalah bentuk penyertaan harta pribadi seseorang dalam rangka memperoleh kepastian tentang jumlah keuntungan yang didapatkan dalam bentuk dividen.

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan terjadi ketika PT Masraffi ingin membeli hak sekutu dari firma ABC dengan nilai transaksi Rp 45.000.000. Hak sekutu di firma ABC adalah Rp 40.000.000. Bagaimana jurnal mencatat masuknya anggota sekutu baru dengan membeli hak sekutu lama tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2022Modal Tuan Lama Rp 40.000.000
Modal PT Masraffi Rp 40.000.000

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung

Contoh Kasus Firma dan Penyelesaiannya

Contoh kasus firma dan penyelesaiannya merupakan materi akuntansi keuangan lanjutan 1. Akuntansi terhadap anggota baru yang masuk dan anggota lama yang keluar berakibat pada perubahan pemilikan persekutuan sehingga persentase laba rugi harus diperhitungkan ulang agar koreksi fiskal dapat dipertimbangkan.

Pendaftaran perubahan anggaran dasar persekutuan firma harus disertakan nomor ktp dari masing-masing sekutu. Metode goodwill dan metode bonus dapat digunakan dalam pengukuran nilai lebih yang diberikan sekutu kepada firma. Nilai lebih dapat dijadikan aktiva tidak berwujud ataupun mengurangi setoran modal sekutu lainnya.

Contoh soal masuknya anggota baru dalam persekutuan dengan membeli hak anggota lama terjadi saat PT Masraffi menyediakan kas senilai Rp 67.000.000 untuk membeli hak sekutu A dan sekutu B dalam firma ABC. Neraca saldo akhir menunjukkan saldo modal sekutu A adalah Rp 46.000.000 dan sekutu B adalah Rp 20.000.000. Buatlah jurnal mencatat pembelian hak sekutu lama oleh sekutu baru tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2022Modal Sekutu A Rp 46.000.000
Modal Sekutu B Rp 20.000.000
Modal PT Masraffi Rp 66.000.000

Baca Juga: Pertanyaan Diskusi Tentang Akuntansi Perubahan Pemilikan Firma

Demikian contoh soal masuknya anggota sekutu baru dalam persekutuan firma dan jawabannya dalam akuntansi keuangan lanjutan. apabila sekutu baru masuk dengan mengganti atau membeli hak anggota lama, maka transaksi jual beli tidak akan mempengaruhi pencatatan di perusahaan. Perpindahan modal berakibat pada perpindahan hak dan tanggungjawab antar sekutu.

0 Response to "2 Contoh Soal Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan dan Jurnalnya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel