2 Contoh Soal Pertanyaan Tentang Akuntansi Pendirian Firma

Konten [Tampil]

Contoh soal pertanyaan tentang akuntansi pendirian firma persekutuan merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka mengerjakan informasi keuangan terutama penggabungan usaha. Aktivitas penggabungan usaha perseorangan menjadi badan hukum harus didukung dengan legalitas agar keberlangsungan usaha dapat terjaga.

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 diawali dengan materi persekutuan. Persekutuan terdiri dari aktivitas pendirian, perubahan pemilikan firma dan likuidasi yang hendak diselesaikan. Karakteristik firma dan prosedur pembukuan harus menyesuaikan standar akuntansi keuangan guna menghindari pemeriksaan pajak.

Tujuan perusahaan melakukan pembentukan persekutuan adalah meningkatkan pasar penjualan barang dan memperbanyak modal usaha. Akuntansi pendirian firma terdiri dari masalah prosedur pembukuan saat anggoa menyetorkan modal awal dan perhitungan pembagian laba rugi sesuai komposisi informasinya.

2 Contoh Soal Pertanyaan Tentang Akuntansi Pendirian Firma

Apa itu Persekutuan dalam Akuntansi Keuangan Lanjutan?

Contoh soal pertanyaan tentang akuntansi pendirian firma seharusnya menjadi dasar bagi lawan transaksi menyelenggarakan kegiatan bisnis. Mengapa bentuk organisasi usaha persekutuan kadang lebih disukai dibandingkan korporasi atau badan usaha perseorangan disebabkan keefektifan modal usaha yang disetorkan para anggota.

Pengertian persekutuan dalam akuntansi keuangan lanjutan menurut para ahli adalah bentuk usaha yang dijalankan oleh lebih dari dua anggota dengan tujuan mencapai kejayaan dengan setoran modal yang sama. Perbedaan firma dan perseroan terbatas adalah pertanggungjawaban liabilitas setelah entitas menyetorkan modal.

Apa itu persekutuan dalam akuntansi keuangan lanjutan? Karakteristik firma dimana setiap anggota berhak mewakili anggota lain saat menjalankan usaha disebut mutual agency. Firma menjadi organisasi yang memiliki usia terbatas disebabkan pembubaran usaha dapat terjadi saat perbedaan nama anggota usaha.

Baca Juga: Contoh Perusahaan Berbadan Hukum Firma atau Persekutuan di Indonesia

Pertanyaan Tentang Akuntansi Pendirian Firma

Pertanyaan tentang akuntansi pendirian firma dapat dijalankan oleh anggota dalam rangka mendapatkan kesempatan memperoleh keuntungan. Penyetoran modal awal oleh anggota dapat berupa aktiva kas dan aktiva non kas yang disesuaikan nilai standar atau nilai wajar saat transaksi berjalan sesuai informasi aktuaris.

Contoh soal pertanyaan tentang akuntansi pendirian firma menjadi bagian dari soal ulangan tengah semester akuntansi keuangan lanjutan. Saat anggota menjalankan kerjasama bisnis hendaknya diawali dengan perjanjian kerjasama untuk mencegah terjadinya pemakaian dana perusahaan tanpa otorisasi yang bertanggungjawab.

Contoh Isi Akta Pendirian Firma

  1. Nama, bentuk dan alamat organisasi bisnis
  2. Jenis usaha, jumlah modal disetor.
  3. Hak dan tanggungjawab para anggota.
  4. Pembagian laba rugi persekutuan
  5. Syarat pengambilan modal kembali atau prive
  6. Prosedur penerimaan anggota sekutu baru
  7. Prosedur keluarnya anggota sekutu lama
  8. Prosedur likuidasi persekutuan

Contoh Soal Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 dan Jawabannya

Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan 1 tentang pendirian persekutuan terjadi ketika PT Masraffi mengadakan peningkatan kapasitas bisnis dimana terjadi penggabungan usaha dengan setoran dari mas raffi sebesar kas Rp 90.000.000, kendaraan Rp 34.000.000 dan tanah Rp 123.000.000. Rekan bisnis menyetorkan kas senilai Rp 84.000.000, mesin produksi Rp 30.000.000 dan bangunan Rp 130.000.000. Bagaimana jurnal pencatatan atas setoran modal awal aset perusahaan tersebut?

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Rugi Persekutuan

Jurnal Pembentukan Firma dengan Menggunakan Buku Baru

Buatlah jurnal yang diperlukan untuk pembentukan firma apabila firma melanjutkan pembukuan ud citra atau menggunakan buku baru bergantung pada akta pendirian. Prosedur penggabungan usaha hendaknya didasarkan pada kenyataan perusahaan telah menyetorkan seluruh aset yang dimilikinya.

Faktor faktor apa yang menyebabkan persekutuan bubar disebabkan adanya ketidakcocokan antara para sekutunya. Bagaimana cara pembayaran kewajiban bila pada saat likuidasi persekutuan para anggotanya mengalami defisit modal adalah melalui transfer bank senilai total hutang eksternal yang harus ditanggung.

Contoh soal pertanyaan tentang akuntansi pendirian firma harus mencantumkan informasi bagaimana tanggungjawab anggota firma terhadap utang perusahaan? Apa yang dilakukan jika uang kas tidak mencukupi untuk memenuhi hutang firma adalah mengadakan rapat umum antara para sekutu yang terlibat.

Buatlah jurnal yang diperlukan untuk pembentukan firma apabila persekutuan menggunakan buku baru adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2023Kas Rp 90.000.000
Kendaraan Rp 34.000.000
Tanah Rp 123.000.000
Mesin produksi Rp 30.000.000
Bangunan Rp 130.000.000
Modal Masraffi Rp 247.000.000
Modal Rekan Bisnis Rp 160.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Demikian contoh soal pertanyaan tentang akuntansi pendirian firma dalam akuntansi keuangan lanjutan. Tujuan persekutuan adalah memaksimalkan setoran modal oleh para sekutu agar dapat menjalankan bisnis secara maksimal sehingga laba atau keuntungan dapat meningkat di periode mendatang.

0 Response to "2 Contoh Soal Pertanyaan Tentang Akuntansi Pendirian Firma"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel