Contoh Soal Obligasi Dimiliki Untuk Diperdagangkan dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan dan pembahasannya diperlakukan sebagai total tambahan kekayaan bagi perusahaan. Harga jual obligasi diperuntukkan bagi entitas yang mengalami kesulitan keuangan dan ingin menambah sumber daya modal tanpa menerbitkan saham baru.

Contoh soal obligasi premium dan diskonto dalam akuntansi keuangan lanjutan harus dikerjakan agar entitas mendapatkan kepastian tentang jumlah tagihan yang harus dibayarkannya. Investasi dalam obligasi berlangsung agar perusahaan dapat memperoleh kas dan setara kas dalam jumlah yang besar sesuai peruntukkannya.

Cara menghitung bunga obligasi tahunan dan bulanan dikerjakan untuk mengetahui pokok hutang dan bunga yang dibebankan. Tabel amortisasi diskonto obligasi dibuat ketika harga jual obligasi dibawah nilai nominalnya disebabkan adanya perbedaan tingkat bunga pasar yang diberlakukan oleh perusahaan.

Contoh Soal Obligasi Dimiliki Untuk Diperdagangkan dan Pembahasannya

Contoh Soal Obligasi Dimiliki untuk Diperdagangkan dan Jawabannya

Contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan dan jawabannya adalah sekuritas dilutif yang dibeli dengan tujuan diperdagangkan secara singkat. Sekuritas dilutif adalah investasi jangka panjang yang diperuntukkan agar entitas mendapatkan kepastian tentang informasi keuangan selama satu periode akuntansi.

Contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan, tersedia untuk dijual dan dimiliki hingga jatuh tempo mengakibatkan adanya kewajiban jangka panjang yang dimiliki perusahaan. Tujuan penerbitan obligasi adalah entitas diwajibkan menjalankan aktivitas bisnis sejalan dengan keinginan perusahaan yang berlaku.

Contoh soal obligasi premium dan diskonto terjadi ketika PT Masraffi menerbitkan surat hutang senilai Rp 430.000.000 dengan bunga 8% yang dibayarkan setiap 1 maret dan 1 september. Apabila PT Masraffi mampu menjual obligasi dengan kurs 97 dan bunga telah berjalan selama 2 bulan. Bagaimana jurnal yang harus dibuat?

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Jual Obligasi Premium dan Diskonto

Jurnal Pembelian Obligasi dan Pencatatan Pendapatan Bunga Obligasi

Jurnal pembelian obligasi dan pencatatan pendapatan bunga obligasi diperuntukkan agar entitas mendapatkan kebijakan keuangan tentang penambahan sumber daya modal. Biaya perolehan obligasi terdiri dari harga beli, pendapatan komisi, bunga dan biaya peralihan hak modal kepada sekutu baru.

Jurnal pembelian obligasi dihitung berdasarkan biaya perolehan selama menjalankan aktivitas bisnisnya. Harga jual obligasi dengan kurs dapat mempertimbangkan nilai penjualan yang ditentukan oleh pemegang saham berdasarkan tingkat bunga efektif. Adapun jurnal pembelian obligasi diantara dua tanggal bunga adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01 October 2021Investasi Obligasi Rp 417.100.000
Piutang bunga obligasi Rp 5.733.333
Kas Rp 422.833.333

Jurnal pencatatan pendapatan bunga obligasi dapat menyesuaikan aturan keuangan yang diberlakukan oleh perusahaan. Bunga obligasi adalah pendapatan yang diterima oleh wajib pajak dalam rangka menjalankan aktivitas bisnis sesuai informasi keuangan atas kesulitan financial yang dialaminya. Adapun jurnal pendapatan bunga obligasi adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31 December 2021Piutang bunga obligasi Rp 17.200.000
Kas Rp 17.200.000

Baca Juga: Contoh Soal Agio dan Disagio Saham Biasa dan Preferen

Jurnal Penjualan Investasi Sebelum Jatuh Tempo

Jurnal penjualan investasi sebelum jatuh tempo bertujuan agar entitas mendapatkan arus kas lebih cepat dibandingkan menunggunya hingga maturity. Investasi dalam sekuritas bertujuan agar entitas mendapatkan kebebasan financial ketika mengelola data keuangan berdasarkan contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan.

Contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan beranggapan perusahaan membeli surat berharga dalam jangka pendek untuk menerima selisih bunga obligasi yang berjalan. Obligasi diterbitkan diantara dua tanggal bunga berakibat adanya penambahan sejumlah biaya perolehan dan laba tertentu.

Jurnal penjualan investasi sebelum jatuh tempo terjadi ketika PT Masraffi menyepakati harga jual obligasi senilai Rp 512.000.000. Penerbitan obligasi premium dan obligasi diskonto diwajibkan agar entitas mendapatkan kepastian tentang jumlah tagihan yang jatuh tempo sesuai informasi keuangannya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31 December 2021Kas Rp 512.000.000
Investasi Obligasi Rp 417.100.000
Laba penjualan obligasi Rp 94.900.000

Baca Juga: Contoh Soal Dividen Saham dan Jawabannya

Demikian contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan dan pembahasannya dalam materi pengantar akuntansi keuangan menengah. Investasi dalam sekuritas dapat dilakukan pemeriksaan dengan menerbitkan subtantive test dan compliance test sejalan aktivitas bisnis perusahaan tersebut.

0 Response to "Contoh Soal Obligasi Dimiliki Untuk Diperdagangkan dan Pembahasannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel