Contoh Soal Penerbitan Obligasi Dimiliki Hingga Jatuh Tempo dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penerbitan obligasi dimiliki hingga jatuh tempo dan jawabannya diberlakukan agar entitas dapat mengoptimalkan aliran pendapatan bunga. Tingkat bunga pasar adalah suku bunga yang diakui dipasar modal untuk memberikan nilai penghasilan atas peminjaman piutang kas dan setara kas yang berlaku.

Contoh soal obligasi dimiliki hingga jatuh tempo dan obligasi tersedia untuk dijual harus diungkapkan prosedur manipulasi data laporan keuangannya. Penerbitan obligasi berfungsi menambah sumber daya modal di perusahaan yang berasal dari kinerja keuangan untuk meningkatkan konsumsi kas sebagai pembelian aktiva tetap.

Cara menghitung bunga obligasi tahunan dan bulanan mengakibatkan entitas mendapatkan kemampuan melaksanakan informasi keuangannya. Jenis-jenis obligasi dan contohnya terdiri dari convertible bond dan callable bond untuk mengalokasikan seluruh informasi keuangan selama periode akuntansi yang berjalan.

Contoh Soal Penerbitan Obligasi Dimiliki Hingga Jatuh Tempo dan Jawabannya

Contoh Soal Obligasi Dimiliki Hingga Jatuh Tempo

Obligasi dimiliki hingga jatuh tempo adalah surat hutang yang dipertahankan kepemilikannya untuk mendapatkan penghasilan bunga dan mengembalikan kasnya. Penerbitan obligasi harus dilakukan oleh lembaga keuangan untuk menjamin sistem pembayaran setiap periodenya sesuai masa jatuh tempo tagihannya.

Contoh soal obligasi dimiliki hingga jatuh tempo menjadi bagian dari liabilitas jangka panjang bagi perusahaan. Entitas diwajibkan melaporkan seluruh kondisi keuangannya sebagai upaya mempertahankan kelangsungan bisnis sesuai tujuan pembentukan persekutuan bagi lawan transaksi yang didapatkannya.

Contoh soal obligasi dimiliki hingga jatuh tempo terjadi ketika PT Masraffi menerbitkan surat hutang senilai Rp 542.000.000, bunga 8% dalam waktu 48 bulan. Apabila penjualan obligasi menggunakan suku bunga pasar yang berlaku sebesar 10%. Kapan obligasi diakui sebagai premium dan diskonto periode berjalan?

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Persediaan Akhir Metode Fifo

Cara Menghitung Bunga Obligasi Tahunan

Cara menghitung bunga obligasi tahunan berdampak pada pembayaran kas dan setara kas yang hendak dilaksanakan pada akhir periode. Akuntansi keuangan menengah mewajibkan lawan transaksi menyerahkan sejumlah kekayaan sebagai pelunasan tagihan terdiri dari pokok hutang dan bunga pinjamannya.

Cara menghitung bunga obligasi berdasarkan contoh soal penerbitan obligasi dimiliki hingga jatuh tempo seharusnya menjadi dasar bagi lawan transaksi untuk mencantumkan laporan keuangannya. Entitas diwajibkan mengembalikas dana pinjaman beserta imbalan penggunaan kas selama satu periode tersebut.

Cara menghitung bunga obligasi seharusnya menjadi dasar bagi lawan transaksi mengembalikan pinjaman jangka pendeknya. Suku bunga obligasi adalah suku bunga yang tercantum pada surat hutang perusahaan atas pemberian dana sesuai nilai nominal sesuai tujuan perusahaan menggunakan liabilitas jangka panjang.

PV Nilai Nominal = Rp 542,000.000 x (1/(1+10%)^4) Rp 370.193.293
PV Pembayaran Bunga = (Rp 542,000.000*8%) x ((1-(1+10%)^-4)/10%) Rp 137.445.366
Harga Jual Obligasi Rp 507.638.659

Baca Juga: Cara Melunasi Liabilitas Jangka Pendek dan Panjang

Jurnal Penerbitan Obligasi dan Pembayaran Bunga Tahunan

Jurnal penerbitan obligasi merupakan mekanisme yang ditentukan perusahaan untuk mengalokasikan obligasi premium dan diskontonya. Setiap tambahan informasi keuangan hendaknya mencantumkan seluruh kekayaan untuk mengalokasikan penggunaan kas dan setara kas selama periode berlangsungnya kebijakan akuntansi.

Jurnal penerbitan obligasi dapat menjadi pedoman bagi lawan transaksi untuk mengakuisisi informasi keuangannya. Financial report merupakan laporan keuangan untuk memberikan informasi kondisi aktiva, passiva dan ekuitas ketika entitas menyelenggarakan bisnis. Adapun jurnal penerbitan obligasi adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2022Kas Rp 507.638.659
Premi Obligasi Rp 34.361.341
Hutang Obligasi Rp 542.000.000
(Jurnal penerbitan Obligasi)

Jurnal pembayaran bunga obligasi tahunan dan bulanan bertujuan agar entitas memberikan kebebasan bagi lawan transaksi untuk menyelenggarakan kegiatan bisnisnya. Kapan obligasi diakui premium dan diskonto bergantung pada pembayaran bunga periode berjalan yang dimiliki entitas. Adapun jurnal pembayaran bunga obligasi tahunan adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2022Beban Bunga Rp 50.763.866
Premi Obligasi Rp 7.403.866
Kas Rp 43.360.000
(Jurnal pembayaran bunga pertama)

Baca Juga: Contoh Kasus Utang yang Dapat Dikonversi

Demikian contoh soal penerbitan obligasi dimiliki hingga jatuh tempo dalam materi akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi keuangan. Catatan atas laporan keuangan diperuntukkan bagi lawan transaksi yang menyelenggarakan kegiatan bisnis sesuai penerapan prinsip akuntans berterima umum.

0 Response to "Contoh Soal Penerbitan Obligasi Dimiliki Hingga Jatuh Tempo dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel