Contoh Soal dan Jawaban Utang yang Dapat Dikonversi

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban utang yang dapat dikonversi menjadi salah satu bentuk informasi pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo. Obligasi konversi adalah bentuk instrumen keuangan yang berguna meningkatkan omzet perusahaan ditahun berjalan tanpa adanya setoran modal resmi dari pemegang sahamnya.

Contoh soal utang yang dapat dikonversi mengakibatkan harga kekayaan perusahaan semakin bertambah sesuai tujuan pemegang sahamnya. Hal-hal yang tercantum dalam perjanjian obligasi terdiri dari pinjaman, bunga dan tanggal jatuh tempo sesuai kontrak kerjasama penggunaan kekayaan pihak ketiganya.

Mengapa perusahaan menerbitkan sekuritas dilutif karena meninginkan tambahan modal tetapi memberikan hak kontrol yang sedikit. Hak kontrol adalah hak menguasai dan mengambil keputusan perusahaan lain berkaitan dengan kondisi keuangan dan pembayaran tagihan yang jatuh tempo.

Contoh Soal dan Jawaban Utang yang Dapat Dikonversi

Liabilitas Keuangan dan Instrumen Ekuitas

Liabilitas keuangan adalah perjanjian kontektual untuk menyerahkan sejumlah kas atau setara kas lainnya sebagai metode pembayaran atas barang dan jasa yang telah diserahkan. Instrumen ekuitas adalah opsi pembelian hak kontrol kepada pemegang surat berharga untuk menjadi bagian dari penanam modal perusahaan.

Pengertian utang yang dapat dikonversi adalah kewajiban pembayaran perusahaan atas pokok dan bunga yang tidak mampu dibayarkannya pada akhir periode dan memberikan hak opsi bagi pemilik tagihan untuk menukarkannya dengan saham atau bentuk penyertaan lain di perusahaan penerbit sekuritas dilutif tersebut.

Liabilitas keuangan dan instrumen ekuitas menjadi bagian dari laporan keuangan perusahaan untuk menciptakan kinerja yang maksimal. PSAK nomor 50 mengatur tentang pengakuan terpisah komponen laporan keuangan yang harus diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan untuk keperluan pembayaran pajak.

Baca Juga: Contoh Soal Pembatalan Penjualan Angsuran dan Jawabannya

Contoh Soal Utang Yang Dapat Dikonversi dan Jawabannya

Contoh soal utang yang dapat dikonversi dan jawabannya menjadi pedoman bagi perusahaan untuk mengurus kekayaan diakhir periode akuntansi. Setiap informasi penambahan modal ditanam dan modal ditahan berakibat pada perubahan akta pendirian yang harus disepakati oleh para pihak yang terkait.

Contoh soal utang yang dapat dikonversi berakibat pada pemberian hak opsi bagi pemegang saham. Hak opsi adalah hak untuk menerima pelunasan pokok hutang beserta bunganya atau mengubah metode pembayaran obligasi yang jatuh tempo dengan setoran saham milik perusahaan sesuai tingkat bunga pasarnya.

Contoh soal obligasi yang dimiliki hingga jatuh tempo terjadi ketika PT Masraffi menerbitkan 40 lembar obligasi dengan nilai nominal Rp 800.000 dan bunga 8% per tahun selama 7 tahun. Bagaimana jurnal yang harus dibuat apabila entitas mau mempertahankan obligasi hingga jatuh tempo di akhir periode?

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2022Utang Obligasi Rp 32.000.000
Kas Rp 32.000.000

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Interview Wawancara Staff Accounting

Pertanyaan Tentang Sekuritas Dilutif dan Kompensasi Saham

Pertanyaan tentang sekuritas dilutif dan kompensasi saham berakibat pada peningkatan jumlah saham yang beredar. Saham waran adalah informasi kepada pemegang saham lama akan terjadinya penerbitan saham biasa tambahan yang berpengaruh terhadap hak kontrol yang dimilikinya dan opsi untuk mempertahankannya.

Pertanyaan tentang sekuritas dilutif berkaitan dengan penyebab entitas mengeluarkan kompensasi saham harus diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan. Perusahaan dapat melakukan pembiayaan dengan memberikan proporsi lebih pemilikan lebih sedikit ketika terjadi permintaan hak opsi.

Net present value adalah nilai bersih atas aliran kas masuk yang mungkin diterima perusahaan dimasa depan. Contoh soal dan jawaban utang yang dapat dikonversi menjadi bentuk instrumen ekuitas yang layak diterbitkan. Macam-macam sekuritas dilutif dan kompensasi saham diantaranya

  1. Utang dan ekuitas
  2. Utang yang dapat dikonversi
  3. Saham yang dapat dikonversi
  4. Waran saham
  5. Akuntansi untuk kompensasi saham

Baca Juga: Contoh Jurnal Pembelian dan Jurnal Pengeluaran Kas

Contoh soal dan jawaban utang yang dapat dikonversi dalam akuntansi keuangan menengah. Mengapa perusahaan menerbitkan sekuritas dilutif karena ingin tetap mempertahankan hak kontrol pemegang saham lama, tanpa terjadinya perubahan terhadap akta pendirian yang telah disepakati pada awal pendirian.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Utang yang Dapat Dikonversi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel