Contoh Soal Jurnal Penerimaan Kas dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penerimaan kas dan jawabannya akan membantu perusahaan dagang untuk mengetahui piutang yang telah dilunasi dan piutang yang sudah jatuh tempo. Termin pembayaran adalah waktu yang disepakati pelanggan untuk membayarkan tagihan sesuai periode yang telah ditentukan selama tahun berjalan.

Contoh jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas disesuaikan standar akuntansi keuangan yang berlaku di indonesia. Kekayaan perusahaan harus diungkapkan pada catatan atas laporan posisi keuangan guna menghindari adanya kesalahan pemberian bantuan kepada badan usaha yang tidak berwenang.

Jurnal pengeluaran kas dan jurnal penerimaan kas perusahaan manufaktur memiliki kelebihan diantaranya dapat dipergunakan untuk melangsungkan kehidupannya dimasa mendatang. Siklus akuntansi perusahaan dagang harus membentuk jurnal umum dan jurnal khusus ketika memperoleh bukti transaksi yang valid.

Contoh Soal Jurnal Penerimaan Kas dan Jawabannya

Pengertian Jurnal Penerimaan Kas dan Pengeluaran Kas

Pengertian jurnal penerimaan kas dan pengeluaran kas merupakan aktivitas menerima aliran kas masuk dan keluar untuk menjalankan aktivitas bisnis perusahaan. Kas adalah sumber kekayaan perusahaan yang terbatas jumlahnya dan memiliki sifat likuid yang mengakibatkan harus dijada agar terhindar dari risiko bawaan.

Pengertian jurnal penerimaan kas adalah jurnal pencatatan untuk aliran kas masuk sebagai dasar pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo. Kekayaan perusahaan harus diatribusikan dengan jelas untuk mencegah penggunaan kas yang tidak sesuai peruntukkannya dengan menerapkan sistem pengendalian internal.

Pengertian jurnal pengeluaran kas adalah jurnal mencatat aliran kas keluar untuk membayarkan tagihan yang telah jatuh tempo. Piutang tak tertagih dapat dihapus dengan metode langsung dan metode cadangan kerugian piutang. Penggunaan metode penghapusan piutang disesuaikan karakteristik dari perusahaan dagang dan manufaktur.

Baca Juga: Contoh Kasus Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Format Jurnal Penerimaan Kas

Format jurnal penerimaan kas disesuaikan kebutuhan perusahaan seperti informasi termin pembayaran, mutasi aliran kas, riwayat pembelian pelanggan bahkan kartu pelanggan. Siklus akuntansi perusahaan dagang mewajibkan entitas melaporkan segala kekayaan yang dimiliki kepada para pemegang sahamnya.

Perbedaan jurnal umum dan jurnal khusus terletak pada informasi keuangan yang diberikan kepada para pemegang saham. Jurnal umum berkaitan dengan transaksi yang jarang terulang setiap harinya. Jurnal khusus berkaitan dengan transaksi yang sering dilaksanakan setiap hari seperti penjualan dan pembelian.

Contoh soal jurnal penerimaan kas dan jawabannya menjadi aktivitas yang sering dilakukan perusahaan. Penerimaan kas merupakan aktivitas pelanggan melunasi tagihan yang jatuh tempo. Sistem pengendalian internal wajib mencegah adanya penerimaan kas yang tidak sesuai tagihan yang diterbitkan.

Baca Juga: Contoh Soal Metode Perpetual dan Metode Periodik

Contoh Soal Jurnal Penerimaan Kas dan Jurnal Penjualan

Contoh soal jurnal penerimaan kas dan jurnal penjualan secara kredit diperlukan sebagai dasar bagi entitas melaporkan sumber kekayaannya. Perusahaan adalah badan usaha yang didirikan dengan tujuan memakmurkan para pemegang saham sesuai tingkat keberlangsungan ushaa yang dilaksanakannya.

Contoh soal jurnal penjualan dan jurnal penerimaan kas perusahaan dagang menjadi satu kesatuan karena entitas tidak akan menerima aliran kas masuk ketika tidak terjadi penjualan. Persediaan merupakan aktiva lancar utama yang dimiliki perusahaan dagang dihampir setiap laporan keuangannya.

Contoh soal jurnal penerimaan kas dan jawabannya terjadi pada PT Masraffi yang berhasil menjual barang seharga Rp 842.000 sebanyak 42 buah. Harga pokok penjualannya adalah Rp 134.000 dengan FOB Shipping point. Bagaimana cara membuat jurnal umum perusahaan dagang tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2022Piutang Rp 39.254.040
HPP Rp 5.628.000
Penjualan Rp 35.364.000
PPN Keluaran Rp 3.890.040
Persediaan Rp 5.628.000
(Jurnal penjualan secara kredit)
06/09/2022Kas Rp 39.254.040
Piutang Rp 39.254.040
(Jurnal penerimaan pelunasan piutang)

Baca Juga: Contoh Jurnal Pembelian dan Jurnal Pengeluaran Kas

Demikian contoh soal jurnal penerimaan kas dan jurnal penjualan secara kredit dengan ppn di perusahaan dagang sesuai standar akuntansi keuangan. Setelah pembuatan jurnal, perusahaan harus melakukan posting ke buku besar agar dapat menentukan saldo akhir masing-masing akun laporan keuangan.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penerimaan Kas dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel