Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Kantor Pusat dan Agen

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban akuntansi kantor pusat dan agen diselenggarakan untuk memaksimalkan keuntungan agar entitas dapat menjalankan kegiatan operasional. Kantor agen dan cabang memiliki perbedaan yang terletak pada hak penjualan dan menerima order langsung dari pelanggannya.

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan agen menjadi bagian dari akuntansi keuangan lanjutan. Pos-pos apakah yang dicatat dalam akun kantor pusat di kantor cabang diantaranya pengiriman barang, transfer kas dan setara kas, pembelian aktiva tetap dan pelunasan tagihan langsung ke rekening kantor pusat.

Hubungan kantor pusat, cabang dan agen harus diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan. Rekening resiprokal adalah akun yang menampung sementara transaksi berkaitan dengan perpindahan barang, penjualan barang bahkan pemberian modal kepada agen atau cabang dalam prinsip akuntansi kesatuan usaha.

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Kantor Pusat dan Agen

Laporan Keuangan Gabungan Kantor Pusat dan Cabang

Laporan keuangan gabungan kantor pusat dan cabang akan mendistribusikan seluruh informasi keuangan ke dalam beberapa bagian informasi. Aktiva dan passiva harus diakui sebagai total kekayaan perusahaan yang terpisah dari harta pribadi pemilik sesuai dengan karakteristik perseroan terbatas. Saham adalah bukti pemilikan perusahaan.

Contoh laporan keuangan gabungan kantor pusat dan cabang memberikan kebebasan bagi kantor pusat menerapkan sistem dana kas kecil. Sistem pengendalian internal atas kas di kantor agen dapat menggunakan sistem imprest atau sistem fluktuasi yang disesuaikan kebijakan akuntansinya.

Contoh soal dan jawaban akuntansi kantor pusat dan agen menjadi dasar bagi wajib pajak mengungkapkan informasi sukarela dalam laporan keuangan. Rekening resiprokal adalah rekening timbal balik yang digunakan ketika perusahaan memiliki beberapa anak cabang, agen bahkan terjadi penggabungan usaha.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Kas Kecil dan Jawabannya

Makalah Akuntansi Kantor Pusat, Cabang dan Agen

Makalah akuntansi kantor pusat, cabang dan agen memprioritaskan pada keuntungan antar divisi. Persediaan barang di kantor agen dianggap sebagai persediaan barang sampel. Pengelolaan kas di agen dapat menggunakan sistem kas kecil metode imprest atau fluktuasi sesuai karakteristik perusahaan.

Contoh soal dan jawaban akuntansi kantor pusat dan agen diprioritaskan pada penerapan sistem pengendalian internal perusahaan. Pembuatan faktur pajak dan invoice tagihan akan dilakukan oleh kantor pusat atas informasi penjualan yang didapatkan kantor agen dan pembayarannya ditujukan ke rekening pusat.

Makalah akuntansi kantor pusat, cabang dan agen menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan lanjutan. Setiap penambahan dan pengurangan kekayaan perusahaan hendaknya dicantumkan pada buku besar pembantu piutang dan persediaan yang telah disiapkan oleh perusahaan induk atau kantor pusat.

Baca Juga: Cara Menghitung Umur Piutang Dagang yang Benar

Contoh Soal Akuntansi Kantor Agen dan Kantor Pusat

Contoh soal dan jawaban akuntansi kantor pusat dan kantor agen harus dicantumkan pada catatan atas laporan keuangan. Seluruh informasi berkaitan dengan penjualan dan pembelian barang lewat kantor agen harus diketahui oleh kantor pusat sehingga laporan keuangan dapat dibuat secara real time.

Contoh soal akuntansi kantor agen dan kantor pusat terjadi ketika PT Masraffi telah mendirikan agen di semarang agar dapat memperluas kegiatan penjualan. Kantor agen berfungsi memberikan produk sampel kepada pelanggan baru dan mencari upaya memperluas pangsa pasarnya. Adapun transaksi yang terjadi sebagai berikut:

  • Pengiriman barang dagang sebesar Rp 800.000
  • Pemberian modal kas sebesar Rp 5.620.000
  • Penjualan melalui cabang sebesar Rp 8.650.000 dengan HPP sebesar Rp 500.000
  • Biaya pemeliharaan barang dan promosi sebesar Rp 510.000
  • Biaya gaji karyawan marketing dan administrasi sebesar Rp 2.650.000

Jurnal akuntansi kantor agen dapat dibuat setelah terdapat informasi pasti tentang kedatangan barang digudang dan kesepakatan denga pembeli. Laporan persediaan barang sampel harus dibuat per periode agar kantor pusat dapat menetapkan batas minimal sampel yang ada di kantor agen. Adapun jurnal yang dibuat kantor pusat sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/03/2022Persediaan sampel Rp 800.000
pengiriman barang ke agen Rp 800.000
02/03/2022Modal kerja agen Rp 5.620.000
Kas Rp 5.620.000
12/03/2022Piutang dagang Rp 8.650.000
HPP Rp 500.000
Penjualan Agen Rp 8.650.000
Persediaan barang Rp 500.000
18/03/2022Biaya promosi Rp 510.000
Kas Rp 510.000
31/03/2022Biaya gaji Rp 2.650.000
Kas Rp 2.583.750
Hutang PPh Pasal 21 Rp 66.250
31/03/2022Penjualan agen Rp 8.650.000
Biaya promoso Rp 510.000
Biaya gaji Rp 2.650.000
HPP agen Rp 500.000
Laba Agen Rp 4.990.000

Baca Juga: Contoh Soal Pembatalan Penjualan Angsuran dan Pembahasannya

Demikian contoh soal dan jawaban akuntansi kantor pusat dan agen dalam pilihan ganda dan soal essay akuntansi keuangan lanjutan. Mengapa kantor cabang mengadakan pembukuan tersendiri dengan sistem desentralisasi untuk mempertimbangkan kemampuan lawan transaksi setelah pembayaran pajak.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Kantor Pusat dan Agen"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel