Contoh Soal Audit Kas Kecil dan Penyelesaiannya

Konten [Tampil]

Contoh soal audit kas kecil dan penyelesaiannya dilaksanakan untuk memaksimalkan pemungutan pajak pertambahan nilai. Kas dan setara kas merupakan aktiva lancar yang digunakan membiayai kegiatan operasional perusahaan dan memiliki sifat likuid sebagai metode pembayaran dengan risiko bawaan dan risiko pengendalian.

Contoh soal audit pemeriksaan kas dan setara kas dapat diselenggarakan setelah uji subtantif dan uji compliant. Ruang lingkup pemeriksaan akun laporan keuangan dapat dipersempit ketika internal control yang diterapkan di perusahaan sejalan dengan aktivitas untuk mendatangkan bukti transaksi yang valid.

Jurnal penyesuaian audit pemeriksaan kas kecil bertujuan agar entitas dapat menerapkan kebijakan keuangannya. Tujuan pemeriksaan kas adalah mengetahui kebenaran saldo yang tercantum dan kesesuaian penggunaan kas untuk pembayaran tagihan yang dibebankan ke rekening perusahaan.

Contoh Soal Audit Kas Kecil dan Penyelesaiannya

Prosedur dan Tujuan Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Prosedur audit pemeriksaan kas dan setara kas ditujukan bagi entitas yang melaksanakan aktivitas penerimaan kas dan pengeluaran kas. Cash count adalah metode mengetahui kebenaran saldo kas yang tercantum pada laporan keuangan dengan melakukan perhitungan secara fisik di tempat penyimpanan kas seperti brankas.

Tujuan pemeriksaan kas dan setara kas adalah mengetahui nilai sesungguhnya dari kas yang dimiliki perusahaan. Perbedaan saldo kas dan saldo rekening bank yang tercatat dalam pembukuan perusahaan diakibatkan adanya perbedaan waktu pencatatan transaksi dan kesalahan input data oleh pelanggan perusahaan.

Prosedur dan tujuan pemerikaan kas dan setara kas adalah memaksimalkan bukti penerimaan kas yang didapatkan perusahaan. Bukti pengeluaran kas kecil adalah invoice dan surat persetujuan penggunaan dana yang telah ditandatangani pihak berwenang. Internal control kas dapat menggunakan kas kecil metode imprest.

Baca Juga: Pengertian Akuntansi Sektor Publik Menurut Para Ahli

Contoh Kasus Audit Kas Kecil dan Penyelesaiannya

Contoh kasus audit kas kecil dan penyelesaiannya dilaksanakan pada akhir periode. Masa tutup buku pencatatan dilaksanakan tanggal 31 desember di tahun fiskal. Perhitungan atas kinerja keuangan akan dilaksanakan setiap tahunnya untuk meminimalisir kecurangan yang mungkin terjadi selama periode pemeriksaa,

Contoh kasus audit pemeriksaan kas kecil dan setara kas akan membandingkan antara saldo yang tercantum di pembukuan dengan saldo kas sebenarnya dibrankas. Penerimaan kas dan pengeluaran kas harus mendapatkan persetujuan dari pejabat yang berwenang untuk meminimalisir penggunaan dana tanpa persetujuan.

Contoh soal audit kas kecil dan jawabannya terjadi setelah pemeriksaan uji subtantif di PT Masraffi. Disimpulkan sistem pengendalian internal yang diterapkan mampu menghasilkan saldo akhir kas kecil sebesar Rp 115.000.000. Proses cash count dan cash opname didapatkan hasil temuan dalam berita acara pemeriksaan kas dibrankas sebagai berikut:


Nominal Uang

Jumlah

Total

Rp200

572

Rp114.400

Rp500

832

Rp416.000

Rp 1.000

225

Rp225.000

Rp 2.000

967

Rp 1.934.000

Rp 5.000

265

Rp 1.325.000

Rp 10.000

654

Rp 6.540.000

Rp 20.000

160

Rp 3.200.000

Rp 50.000

657

Rp 32.850.000

Rp 100.000

666

Rp 66.600.000

Total

Rp 113.204.400

Baca Juga: Contoh Soal Audit Aktiva Tetap dan Pembahasannya

Contoh Kertas Kerja Audit Rekonsiliasi Saldo Kas dan Bank

Contoh kertas kerja audit rekonsiliasi saldo kas dan bank merupakan aktivitas menyesuaikan pencatatan atas rekening koran yang diterbitkan. Perusahaan yang menggunakan jasa perbankan akan dikenakan biaya administrasi pemakaian layanan seperti penerbitan bilyet giro dan penerimaan penghasilan jasa giro.

Contoh kertas kerja audit rekonsiliasi saldo kas dan bank dilaksanakan setiap akhir bulan untuk memastikan saldo laporan keuangan yang diterbitkannya. Karakteristik kas adalah akun yang memiliki tingkat risiko pengendalian internal paling lemah dan dapat diinvestasikan untuk mendatangkan pendapatan lainnya.

Contoh soal audit kas kecil dan penyelesaiannya dapat dikerjakan setelah proses perhitungan fisik uang kertas dan uang logan. Uji subtantif dan uji compliant dilaksanakan sebelum terjadi pemeriksaan lapangan oleh akuntan publik. Adapun jurrnal penyesuaian yang diajukan oleh akuntan publik sebagai berikut:


Tanggal

Keterangan

Debit

Kredit

31/12/2022

Macam-Macam Biaya

Rp 1.795.600

Kas Kecil

Rp 1.795.600

(Audit adjustment journal)

Baca Juga: Macam-Macam Opini Audit

Demikian contoh soal audit kas kecil dan jawabannya yang menjadi materi praktikum audit berbasis komputer. Setiap akun dilaporan keuangan memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda dan dapat diatasi ketika entitas mampu membentuk sistem pengendalian internal yang baik sesuai standar audit.

0 Response to "Contoh Soal Audit Kas Kecil dan Penyelesaiannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel