Contoh Soal Aset Tak Berwujud dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal aset tak berwujud terdiri dari beberapa macam aktiva tetap diantaranya goodwill, hak cipta dan merek dagang. Aktiva tak berwujud dapat dibuat perusahaan ketika memiliki nilai lebih diantara perusahaan lain yang memiliki usia terbatas dan dapat diidentifikasi oleh sistem informasi.

Audit pemeriksaan aset tak berwujud berperan sebagai dasar pemberian opini bagi auditor tentang laporan keuangan yang dibuat oleh akuntan perusahaan. Pertanyaan tentang aktiva tetap tak berwujud akuntansi keuangan menengah seharusnya berbentuk pilihan ganda dan soal essay sebagai ujian tengah semester.

Contoh soal dan jawaban aktiva tetap tak berwujud harus dapat dilakukan pengakuan dan pengukuran awal tentang penyajian laporan keuangan. Aktivitas merger dan akuisisi antar perusahaan menjadikan timbulnya nilai lebih yang diinginkan oleh perusahaan lain sebagai penambah item laporan posisi keuangan.

Contoh Soal Aset Tak Berwujud dan Jawabannya


Karakteristik Aset Tak Berwujud Berdasarkan PSAK

Karakteristik aset tak berwujud berdasarkan psak tentu harus diatur agar dapat menyesuaikan kondisi keuangan di perusahaan. Pengertian aktiva tetap tak berwujud menurut para ahli adalah kekayaan perusahaan yang dapat diidentifikasi dan memiliki nilai materialitas walaupun tidak memiliki wujud fisik.

Ciri-ciri aktiva tetap tak berwujud menurut pernyataan standar akuntansi keuangan seharusnya didapatkan dari proses akuisisi atau merger dengan perusahaan lain. Manfaat ekonomis yang diperoleh dari aset tetap tak berwujud seharusnya dapat upaya penjualan barang atau jasa bahkan penghematan yang mampu dilakukan.

Karakteristik aset tak berwujud berdasarkan psak terdiri dari dapat diidentifikasi dan memiliki hak kontrol. Aktiva tetap perusahaan dapat dilakukan identifikasi ketika dapat dipindahkan dan diperjualbelikan kepada entitas lainnya. Hak kontrol seharusnya diperoleh dari aktivitas operasional perusahaan.

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kumpulan Pertanyaan Tentang Aset Tak Berwujud

Kumpulan pertanyaan tentang aset tak berwujud terdiri dari penyusutan, biaya perolehan dan aktivitas jualbeli yang mempengaruhi nilai buku perusahaan. Pengertian aktiva tetap tak berwujud adalah total kekayaan perusahaan yang didapatkan dari penggabungan antara entitas yang memiliki manfaat ekonomis.

Kumpulan pertanyaan tentang aktiva tetap tak berwujud berkaitan dengan penyusutan tentu berhubungan dengan masa manfaat dan biaya perolehan. Masa manfaat adalah jangka waktu dipergunakannya aktiva perusahan dalam rangka menjalankan kegiatan operasionalnya.

Kumpulan pertanyaan tentang aset tak berwujud berkaitan dengan alokasi biaya perolehan yang didapatkan dari seluruh beban yang dikeluarkan perusahaan. Aktiva tak berwujud hanya boleh diakui ketika terdapatnya manfaat ekonomis yang mungkin diperoleh perusahaan di masa depan.

Baca Juga: Contoh Kasus Rekonsiliasi Kantor Pusat dan Cabang

Contoh Soal dan Jawaban Aset Tak Berwujud

Contoh soal aset tak berwujud goodwill, hak cipta dan merek dagang menjadi salah satu bentuk kekayaan perusahaan yang boleh diakui pada laporan posisi keuangan. Penyajian aset tak berwujud diakui setelah aktiva berwujud karena menyesuaikan tingkat likuiditas kekayaan perusahaan.

Contoh soal dan jawaban aktiva tak berwujud tentu akan mengalami penyusutan yang disebut amortisasi. Pengertian amortisasi menurut para ahli adalah proses alokasi biaya perolehan yang dikeluarkan perusahaan selama masa estimasi penggunaan harta untuk kegiatan operasional.

Contoh soal aset tak berwujud akuntansi keuangan menengah terjadi pada PT Masraffi yang membeli merek dagang seharga Rp 8.000.000. Biaya legalitas dan biaya administrasi yang harus dibayarkan adalah Rp 2.000.000. Buatlah jurnal mencatat transaksi pengakuan awal aset tak berwujud?

TanggalKeterangan Debit Kredit
28/02/2021Merek Dagang Rp 10.000.000
Bank Mandiri Rp 10.000.000

Baca Juga: Contoh Kasus Pengiriman Barang Dagang Diatas Harga Pokok

Demikian contoh soal aset tak berwujud dan jawabannya menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Agar pertanyaan wawancara menjadi soal essay untuk kegiatan ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester dapat di download maka sebaiknya menyediakan materi akuntansi keuangan menengah.

0 Response to "Contoh Soal Aset Tak Berwujud dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel