Contoh Soal Rekonsiliasi Kantor Pusat dan Cabang

Konten [Tampil]

Contoh soal rekonsiliasi kantor pusat dan cabang berguna untuk mencocokan data keuangan antara pihak yang memiliki hubungan bisnis. Sistem desentralisasi dapat menyebabkan perbedaan pengakuan barang yang telah dikirimkan oleh induk perusahaan tetapi belum diterima oleh anak perusahaan sampai akhir periode.

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan cabang menjadi materi dalam makalah akuntansi keuangan lanjutan. Sistem sentralisasi dalam akuntansi kantot pusat dan cabang dapat berlaku agar memudahkan mengkontrol siklus persediaan, siklus penjualan dan siklus pembelian barang dagang disuatu periode.

Pertanyaan tentang akuntansi kantor pusat dan cabang dapat tentu melibatkan reciprocal account atau rekening timbal balik. Tujuan pembuatan rekening timbal balik adalah memonitor transaksi yang masih berada dalam satu induk perusahaan dan penyerahan barang dagang tidak terutang pajak pertambahan nilai.

Contoh Soal Rekonsiliasi Kantor Pusat dan Cabang


Pengertian Kantor Pusat, Kantor Agen dan Kantor Cabang

Pengertian kantor pusat dan kantor cabang berkaitan dengan siklus pencatatan transaksi penjualan barang dagang melalui penggunaan sistem sentralisasi dan desentralisasi. Proses rekonsiliasi kantor pusat dan cabang memiliki cara yang hampir sama ketika akuntan merekonsiliasi transaksi bank pada akhir periode.

Pengertian kantor pusat dan agen menurut para ahli adalah agen tidak diperkenankan melakukan penjualan sehingga hanya mencatat transaksi penerimaan kas, pembayaran kas dan mutasi persediaan barang dagang. Pengiriman barang yang belum diterima oleh agen menyebabkan adanya proses rekonsiliasi.

Definisi kantor pusat, kantor agen dan kantor cabang menurut para ahli akan menyebabkan saldo yang tidak sama antar pihak yang berkepentingan. Contoh transaksi agen seperti pengiriman barang, pengiriman uang dan pembayaran piutang langsung dari pelanggan cabang ke kantor pusat.

Baca Juga: Download Makalah Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Contoh Soal Rekonsiliasi Kantor Pusat dan Cabang

Contoh soal rekonsiliasi kantor pusat dan cabang tentu melibatkan pencatatan akhir dimasing-masing pihak. Hubungan kantor cabang dan pusat akan melibatkan penggunaan sistem sentralisasi dan sistem desentralisasi terutama berkaitan dengan alokasi penggunaan sumber daya modal perusahaan.

Contoh soal rekonsiliasi kantor pusat dan cabang terjadi pada PT Masraffi yang mengirimkan barang sebesar Rp 7.000.000 kepada kantor cabang semarang. Pengiriman barang dilaksanakan pada akhir periode sehingga belum diterima oleh kantor cabang. Adapun jurnal rekonsiliasinya adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/2/21Pengiriman barang dari Pusat dalam Perjalanan Rp 7.000.000
R/K Kantor Pusat Rp 7.000.000

Soal dan jawaban akuntansi kantor pusat dan cabang menjadi materi dan makalah akuntansi keuangan lanjutan. Bila pelanggan kantor cabang membayarkan tagihan sebesar Rp 3.400.000 langsung ke rekening kantor pusat. Maka, jurnal rekonsiliasi yang harus dibuat induk perusahaan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/2/21R/K Kantor Pusat Rp 3.400.000
Piutang Dagang Rp 3.400.000

Baca Juga: Perbedaan Agen dan Cabang

Sistem Sentralisasi dalam Kantor Pusat dan Cabang

Sistem sentralisasi dalam kantor pusat dan cabang berguna untuk mencatat transaksi antar pihak berkepentingan. Kantor cabang diberikan kebebasan untuk melaksanakan kegiatan jualbeli selain barang kiriman pihak pusat dan mempertanggungjawabkan biaya dan pendapatan periode berjalan.

Sistem sentralisasi dalam kantor pusat dan cabang memiliki karakteristik untuk dapat mengalokasikan biaya perolehan persediaan diatas harga pokok penjualan. Masalah barang yang di notra diatas harga pokok tetapi belum habis terjual sampai akhir periode melibatkan kesalahan pencatatan pajak penghasilan badan.

Sistem sentralisasi dan desentralisasi dalam kantor cabang dan kantor pusat telah terjadi pada PT Masraffi yang mengirimkan uang secara kliring ke kantor cabang semarang sebesar Rp 4.320.000. Apabila uang kliring belum diterima sampai akhir periode, bagaimana jurnal eliminasi yang dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/2/21Kas dalam Perjalanan Rp 4.320.000
R/K Kantor Pusat Rp 4.320.000

Baca Juga: Contoh Laporan Keuangan Kantor Pusat dan Cabang

Demikian contoh soal rekonsiliasi kantor pusat dan cabang semoga dapat membantu download kumpulan makalah akuntansi keuangan lanjutan. Penggunaan rekening resiprokal diperlukan untuk menentukan laba per kantor cabang yang harus dipotongkan pajak penghasilan badan.

0 Response to "Contoh Soal Rekonsiliasi Kantor Pusat dan Cabang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel