Contoh Soal Akuntansi Kewajiban Jangka Pendek dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal kewajiban jangka pendek menjadi item laporan posisi keuangan selain aktiva dan modal perusahaan. Liabilitas jangka pendek disebut hutang lancar karena entitas harus berusaha melunasi tagihan sebelum jatuh tempo. Pendapatan diterima dimuka dan uang muka pembelian termasuk aktiva dan hutang perusahaan.

Contoh soal dan jawaban liabilitas jangka panjang dapa berbentuk soal essay dan pilihan ganda akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi. Transaksi hutang lancar diantaranya pendapatan diterima dimuka, hutang dagang dan hutang wesel, pajak penghasilan terutang yang belum dibayarkan per bulannya.

Hutang jangka panjang dan hutang jangka pendek menjadi penambah kekayaan perusahaan tetapi harus dapat dilunasi ketika jatuh tempo. Contoh soal akuntansi kewajiban jangka pendek dan jawabannya sebaiknya telah dilakukan penjadwalan pembayaran tagihan bulanan perusahaan.

Contoh Soal Akuntansi Kewajiban Jangka Pendek dan Jawabannya


Jenis-Jenis Liabilitas Jangka Pendek

Jenis-jenis liabilitas jangka pendek dikategorikan berdasarkan tanggal jatuh tempo atas tagihan yang belum terbayarkan. Transaksi kewajiban lancar biasanya melibatkan rasio likuiditas sebab perusahaan yang dibiayai hutang akan menjadikan ketergantungan kepada pihak ketiga sehingga diragukan keberlangsungan usahanya.

Jenis-jenis liabilitas jangka pendek seperti pendapatan diterima dimuka, hutang wesel dan hutang dagang, biaya-biaya bulanan yang harus dibayarkan seperti beban gaji dan tunjangan karyawan. Karakteristik hutang jangka pendek diantaranya harus mampu dibayarkan kurang dari satu tahun fiskal perusahaan.

Hutang jangka panjang dan hutang jangka pendek terjadi karena adanya peristiwa pemakaian aktiva milik lawan transaksi dimasa lalu yang mengakibatkan adanya penyelesaian dengan arus kas yang keluar dari perusahaan yang mengandung manfaat ekonomis. Pengorbanan aktiva perusahaan akan mengurangi hutang lancar.

Baca Juga: Contoh Kasus Pembelian Saham Treasury Perusahaan

Karakteristik Hutang Jangka Pendek atau Kewajiban Lancar

Karakteristik hutang jangka pendek adalah adanya kewajiban perusahaan untuk menyelesaikan masalah pembayaran karena adanya kontrak kerjasama, peraturan perundang-undangan dimana entitas akan mengorbankan sumber dayanya untuk memberikan pelunasan atas tagihan tersebut.

Karakteristik liabilitas jangka pendek adalah penggunaan hutang lancar akan menambah kekayaan perusahaan yang dapat digunakan sebagai alat investasi. Penjualan kredit menjadi pedoman dalam mengeluarkan termin pembayaran dan schedule pembayaran yang disepekati kedua belah pihak.

Karakteristik kewajiban lancar akan diakui sebagai item laporan posisi keuangan. Laporan posisi keuangan adalah laporan yang berisikan informasi tentang dampak penggunaan uang perusahaan karena adanya transaksi. Pengertian transaksi adalah kegiatan yang mengakibatkan kas masuk dan kas keluar.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Penyusutan Metode Satuan Hasil Produksi

Contoh Soal Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya

Contoh soal dan jawaban liabilitas jangka pendek akan menambah tagihan perusahaan yang harus dibayarkan dengan segera. Laporan kinerja keuangan berisikan informasi tentang pendapatan perusahaan dan biaya untuk memperoleh penghasilan pada tahun berjalan.

Contoh soal pilihan ganda hutang jangka pendek dan jawabannya menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Liabilitas akan disajikan pada laporan posisi keuangan karena berisikan informasi tentang kejadian masa lalu tetapi akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan di masa mendatang.

Contoh soal liabilitas jangka pendek terjadi pada PT Masraffi yang memiliki 50 karyawan dengan rata-rata gaji Rp 7.200.000. Atas penghasilan yang diterima karyawan akan dipotongkan pph pasal 21 sebesar 5% dan dipotongkan iuran bpjs ketenagakerjaan sebesar 3%. Bagaimana jurnal penggajian yang harus dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/04/2021Beban Gaji Rp 734.000.000
Hutang PPH pasal 21 Rp 360.000.000
Hutang BPJS ketenagakerjaan Rp 18.000.000
Kas Rp 10.800.000
(Jurnal penggajian karyawan)
10/05/2021Hutang PPh pasal 21 Rp 360.000.000
Hutang BPJS Ketenagakerjaan Rp 18.000.000
Kas Rp 378.000.000
(Jurnal pelunasan hutang jangka pendek)

Baca Juga: Contoh Soal Saham Yang Dipesan dan Jawabannya

Demikian contoh soal akuntansi kewajiban jangka pendek dan jawabannya semoga dapat membantu mengerjakan pilihan ganda dan soal essay akuntansi keuangan menengah tentang liabilitas lancar atau hutang lancar perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Kewajiban Jangka Pendek dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel