Contoh Soal Audit Aktiva Tetap dan Penyelesaiannya

Konten [Tampil]

Contoh soal audit aktiva tetap dan penyelesaiannya berkaitan dengan harga perolehan dan biaya penyusutan aset tetap setiap periodenya. Kertas kerja pemeriksaan aset tetap harus dapat membedakan antara nilai wajar, nilai residu dan harga perolehan atas jumlah terpulihkan dan jumlah tercatatnya.

Contoh soal kertas kerja pemeriksaan aset tetap dan jawabannya tentu melibatkan karakteristik aktiva tetap diantaranya memiliki umur lebih dari satu periode akuntansi dan biaya pembeliannya memiliki nilai material. Jurnal audit aktiva tetap dapat diberikan jurnal penyesuaian ketika temuan audit diperoleh.

Studi kasus pemeriksaan aset tetap menjadi materi pengauditan yang harus menyelesaikan materi akuntansi pengantar dan perpajakan. Nilai residu adalah perkiraan harga akhir dari penggunaan aktiva tetap ketika selesai dilakukan penyusutan sampai berakhirnya masa penggunaan aset tersebut.

Contoh Soal Audit Aktiva Tetap dan Penyelesaiannya


Karakteristik Aktiva Tetap

Karakteristik aktiva tetap diantaranya tujuan penggunaan aset tetap adalah untuk melangsungkan kegiatan produksi tanpa diperjualbelikan kembali sebagai barang dagangan. Apabila investasi diperjualbelikan maka akan dianggap sebagai persediaan barang dagang dan dianggap tidak memiliki masa manfaat.

Karakteristik aset tetap adalah memiliki usia lebih dari satu periode akuntansi yang menyebabkan perusahaan harus mengalokasikan biaya perolehan sampai berakhirnya periode tersebut. Metode penyusutan yang diakui perpajakan adalah metode garis lurus dan saldo menurun berganda.

Ciri-ciri aktiva tetap berwujud tentu memiliki biaya perolehan yang material. Material adalah apabila terjadi kesalahan dalam penggunaan harta perusahaan akan menimbulkan permasalahan yang besar. Bedanya capital expenditure dan revenue expenditure adalah pengakuan dalam laporan laba rugi komprehensif.

Baca Juga: Metode Penyusutan Aktiva Tetap

Contoh Soal Kertas Kerja Pemeriksaan Aset Tetap dan Jawabannya

Contoh soal kertas kerja pemeriksaan aset tetap dan jawabannya tentu akan dipergunakan sebagai sarana memperhitungkan biaya perolehan dan masa penggunaan aktiva tetap. Biaya perolehan adalah seluruh harta perusahaan yang dikorbankan agar aktiva tetap mampu dipergunakan secara wajar.

Contoh soal kertas kerja pemeriksaan aktiva tetap dan penyelesaiannya mampu digunakan sebagai dasar mengetahui rugi penurunan nilai atau revaluasi aktiva tetap. Penilaian ulang atau revaluasi aktiva tetap akan dikenakan pajak penghasilan final yang harus dibayarkan maksimal tanggal 15 bulan berikutnya.

Contoh kertas kerja pemeriksaan aset tetap dan jawabannya berisi informasi tentang tanggal perolehan, biaya perolehan, masa manfaat, jenis dan kategori aktiva menurut pajak serta akumulasi penyusuan per tahunnya. Tanah adalah aktiva tetap yang hanya dapat disusutkan ketika dilakukan pengerukan atau pengurangan masa tanah.

Baca Juga: Prosedur Audit Kas dan Setara Kas

Contoh Kasus Audit Aktiva Tetap dan Penyelesaiannya

Contoh kasus audit aktiva tetap dan penyelesaiannya akan mampu memberikan jurnal penyesuaian kepada klien. Akuntan publik dapat memeriksa pengendalian internal entitas guna mengetahui ruang lingkup pemeriksaan sehingga dapat ditentukan batas uji compliance dan uji substantif.

Contoh kasus audit aset tetap dan penyelesaiannya terjadi pada PT Masraffi yang membeli kendaraan dengan harga Rp 7.000.000, biaya registrasi kendaraan Rp 600.000, biaya kirim kendaraan Rp 500.000 dan PPN Rp 810.000. Bagaimana jurnal penyesuaian jika perusahaan salah dalam menentukan biaya perolehan.

Kertas kerja pemeriksaan aktiva tetap dan penyelesaiannya akan membandingkan antara catatan perusahaan dengan jurnal yang sebenarnya harus dibuat. Maka jurnal penyesuaian pemeriksaan aset tetap yang diberikan akuntan publik adalah

PencatatKeterangan Debit Kredit
KlienAktiva Tetap Rp 7.000.000
Biaya Registrasi Kendaraan Rp 600.000
Biaya Kirim Rp 500.000
PPn Masukan Rp 810.000
Kas Rp 8.910.000
AuditorAktiva Tetap Rp 8.910.000
Kas Rp 8.910.000
Jurnal PenyesuaianAktiva Tetap Rp 1.910.000
   Biaya Registrasi Kendaraan Rp 600.000
Biaya Kirim Rp 500.000
PPn Masukan Rp 810.000

Baca Juga: Tujuan Pemeriksaan Aktiva Tetap

Demikian contoh soal audit aktiva tetap dan penyelesaiannya semoga dapat membantu alokasi biaya perolehan dan biaya penyusutan setiap periodenya. Jurnal penyesuaian pemeriksaan aset tetap akan membantu memahami bagaimana penyusunan kertas kerja pemeriksaan.

0 Response to "Contoh Soal Audit Aktiva Tetap dan Penyelesaiannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel