Cara Membuat Daftar Supplier dan Customer di Myob

Konten [Tampil]

Cara membuat daftar supplier dan customer di myob menjadi tindakan mengumpulkan informasi tentang alamat, tanggal jatuh tagihan bahkan saldo awal pelanggan dan pemasok pada program myob accounting. Menu yang dipakai untuk membuat customer card pada myob accounting adalah List > Card.

Langkah-langkah memasukan saldo awal supplier dan customer di myob menjadi perbuatan untuk mengetahui jumlah piutang dan hutang yang belum terbayarkan. Supplier card dan customer card berperan sebagai buku pembantu hutang serta buku pembantu piutang antara perusahaan dengan pihak ketiga.

Cara input data customer dan supplier di myob accounting harus dilakukan agar perusahaan tahu kepada siapa memiliki kewajiban dan aktiva dengan pihak ketiga. Pelanggan adalah pihak yang membeli barang. Supplier adalah tempat perusahaan memperoleh barang untuk di perjualbelikan.

Cara Membuat Daftar Customer dan Supplier pada Myob Accounting

Cara membuat daftar customer dan supplier pada myob accounting berperan sebagai alat pertanggungjawaban atas kekayaan yang akan dialihkan kepada pihak ketiga. List Card berisi informasi tentang nama pelanggan, nama karyawan dan nama pemasok barang kepada entitas tersebut.

Langkah-langkah input data supplier dan customer pada program myob accounting versi terbaru harus dapat menunjukan keadaan keuangan yang sebenarnya terjadi. Menu yang digunakan untuk memasukan saldo awal pemasok dan pelanggan adalah balance sheet card yang dapat diakses di modul myob.

Cara membuat daftar supplier dan customer pada myob accounting menjadi pilihan agar catatan atas laporan keuangan dapat dipublikasikan. Dalam myob accounting, langkah-langkah membuat supplier card dan customer card adalah

  • Pilih modul List > Card.
  • Cara Membuat Daftar Supplier dan Customer di Myob
  • Pilih New.
  • Cara Membuat Daftar Supplier dan Customer di Myob
  • Pilih type card menjadi customer card, individual card, supplier card. isikah data seperti nama, alamat bahkan nomor teleponnya.
  • Cara Membuat Daftar Supplier dan Customer di Myob
  • Kemudian klik ok.
  • Seluruh daftar supplier dan customer sudah tercatat di aplikasi myob.
  • Cara Membuat Daftar Supplier dan Customer di Myob
Baca Juga: Cara Membuat, Menghapus, Mengedit Akun di Myob

Pengertian Supplier dan Customer Menurut Para Ahli

Pengertian supplier dan customer menurut para ahli adalah pihak ketiga yang melakukan kerjasama dalam pertukaran barang, jualbeli barang bahkan retur barang ketika terjadi kerusakan dalam pengiriman. Aktivitas dengan pemasok dan pelanggan akan menghasilkan saldo hutang piutang.

Pengertian supplier menurut para ahli adalah pihak yang memberikan barang kepada perusahaan dalam rangka kegiatan produksi atau langsung diperjualbelikan tanpa mengubah bentuknya. Data pemasok akan digunakan sebagai saldo awal hutang dagang yang belum dibayarkan sampai akhir periode.

Pengertian customer menurut para ahli adalah pihak yang membeli barang produksi atau barang dagang di perusahaan. Pelanggan akan menghasilkan penjualan tunai atau penjualan kredit. Apabila terjadi penjualan kredit maka akan menghasilkan informasi tentang hutang sampai akhir periode.

Baca Juga: Cara Input Neraca Saldo Awal di Myob

Cara Memasukan Saldo Awal Customer dan Supplier pada Program Myob

Cara memasukan saldo awal customer dan supplier pada program myob berperan sebagai alat untuk melakukan perincian terhadap transaksi piutang dan hutang yang telah terjadi di masa lalu. Piutang adalah kekayaan perusahaan yang belum dibayarkan oleh pelanggan sebagai akibat penjualan kredit.

Pada program myob, langkah-langkah memasukan saldo awal customer dan pelanggan wajib dilakukan terutama apabila dilaporan keuangan menunjukan adanya piutang dan hutang. Menu yang digunakan untuk memasukan saldo awal adalah setup > balance > customer balance.

Menu yang digunakan untuk membuat customer card dan supplier card harus dilakukan pada awal pembuatan database myob accounting baru. Apabila saldo awal perusahaan salah, maka laporan keuangan yang dipublikasikan tidak sesuai keadaan sebenarnya dan laporan spt tahunan badan harus direvisi.

Baca Juga: Langkah-Langkah Mengatur Termin Pembayaran di Myob

Demikian cara membuat daftar supplier dan customer di myob semoga dapat membantu alokasi piutang dan hutang perusahaan sampai akhir periode. Agar pemasukan dan pengeluaran kas dapat dilakukan pelacakan maka sebaiknya disertakan bukti transaksi yang berlaku.


0 Response to "Cara Membuat Daftar Supplier dan Customer di Myob"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel