Contoh Soal Saham yang Dipesan dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal saham yang dipesan dan jawabannya tentu induk perusahaan dapat menjual sahamnya secara langsung kepada investor. Pesanan saham akan menjadikan adanya kontrak kerjasama sebelum saham resmi diterbitkan. Penjualan saham dan pertukaran saham dengan aktiva selain kas dapat menjadi tambahn kekayaan perusahaan.

Contoh pertukaran saham dengan aktiva selain kas dilakukan dalam rangka memperoleh kekayaan tanpa harus mengeluarkan biaya di perusahaan. Penyajian investasi saham dalam laporan keuangan akan dianggap sebagai penambah kekayaan di perusahaan dalam rangka menjaga keberlangsungan hidup entitas.

Cara menghitung nilai saham dapat didasarkan pada nilai kurs atau nilai pari. Contoh soal dan jawaban pencatatan penerbitan saham dapat menjadi permasalahan ketika pengumpulan kekayaan di entitas. Agio saham dan disagio saham dapat terjadi ketika penjualan saham diatas nilai nominal saham.

Contoh Soal Saham yang Dipesan dan Jawabannya


Jenis-Jenis Saham

Jenis-jenis saham dan jumlah saham yang dikeluarkan perusahaan harus dicatatkan pada akta pendirian perseroan terbatas. Perusahaan yang mengeluarkan satu jenis saham dianggap sebagai saham biasa dimana menjadi perwakilan investor untuk menjadi dewan komisaris di entitas tersebut.

Pengertian saham menurut para ahli adalah tanda penyertaan investor di perusahaan dalam rangka menjalankan kegiatan operasionalnya. Jenis-jenis saham terdiri dari saham biasa dan saham preferen. Karakteristik saham biasa adalah menjadi perwakilan pemilik saham ketika rapat umum pemegang saham.

Jenis-jenis saham perusahaan dapat mengeluarkan saham preferen dan saham biasa. Bedanya saham preferen dan saham biasa adalah prioritas pembagian dividen atas laba ditahan perusahaan. Laba ditahan adalah keuntungan perusahaan di masa lalu yang akan dibagikan sesuai persentase pemilikan saham.

Baca Juga: Contoh Kasus Pertukaran Modal dengan Aktiva Selain Kas

Contoh Soal dan Jawaban Saham Yang Dipesan

Contoh soal dan jawaban saham yang dipesan biasanya terjadi ketika entitas menawarkan saham kepada pihak ketiga secara langsung. Manfaat pesanan saham bagi perusahaan adalah menghindari adanya kekuasaan yang lebih tinggi daripada pemilikan saham oleh direktur utama entitas.

Contoh soal pesanan saham dan jawabannya dapat menjadikan entitas membagikan keuntungan ditahun berjalan. Saham preferen menjadikan pemiliknya tidak dapat menunjuk dewan komisaris kecuali ditentukan dalam akta pendirian. Modal saham dibagimenjadi modal dasar dan modal ditempatkan.

Contoh soal saham yang dipesan terjadi pada PT Masraffi menerima pesanan saham sebanyak 600 lembar dengan nilai nominal Rp 78.000. Harga jual yang disepakati adalah Rp 81.000 yang akan dibayarkan secara angsuran selama semesteran. Bagaimana jurnal penerbitan saham perusahaan?

Baca Juga: Contoh Perhitungan Laba Per Lembar Saham

Jurnal Pesanan Saham dan Penyajian Investasi Saham Laporan Keuangan

Jurnal pesanan saham dan penyajian investasi saham dalam laporan keuangan tidak boleh diakui sebagai tambahan kekayaan perusahaan sampai saham resmi diterbitkan. Saham yang dipesan akan dicatat pada rekening akun saham biasa dipesan dan piutang pesanan saham biasa.

Penyajian investasi saham dalam laporan keuangan akan dibuatkan laporan perubahan modal perusahaan. Contoh soal dan jawaban pencatatan penerbitan saham harus dilakukan pembayaran sebelum saham resmi diterbitkan. Adapun jurnal mencatat pesanan saham adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2021Piutang Pesanan Saham Rp 48.600.000
Saham biasa dipesan Rp 46.800.000
Agio Saham Rp 1.800.000

Agio saham dan disagio saham berasal dari selisih antara modal saham yang diperjualbelikan diantara nilai pari. Penerimaan angsuran pembelian saham pesanan dan penerbitkan saham harus dibuatkan jurnal transaksi dengan mengeluarkan bukti transaksi berupa memo kegiatan. Adapun jurnal penerbitan saham adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/06/2021Kas Rp 24.300.000
   Piutang Pesanan Saham Rp 24.300.000
(Penerimaan Angsuran Pembelian Saham Pesanan Pertama)
31/12/2021Kas Rp 24.300.000
   Piutang Pesanan Saham Rp 24.300.000
(Penerimaan Angsuran Pembelian Saham Pesanan Kedua)
31/12/2021Saham Biasa dipesan Rp 46.800.000
Modal Saham Biasa Rp 46.800.000
(Jurnal Penerbitan Saham Biasa)

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Jual Obligasi Premium dan Diskonto

Demikian contoh soal saham yang dipesan dan jawabannya semoga dapat membantu menyajikan investasi saham dalam laporan posisi keuangan dan laporan perubahan modal. Laporan perubahan modal berisi modal saham tahun lalu, laba atau rugi, pengambilan pribadi investor pada tahun berjalan.

0 Response to "Contoh Soal Saham yang Dipesan dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel