Contoh Soal Menghitung Harga Obligasi Premium dan Diskonto

Konten [Tampil]

Contoh soal menghitung harga obligasi premium dan diskonto dilakukan perusahaan dalam rangka membayar beban bunga atas keterlambatan pembayaran tagihan pihak ketiga. Akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi harus menerangkan tingkat bunga efektif dan bunga menurun.

Contoh soal obligasi pengantar akuntansi menjadi materi akuntansi keuangan menengah yang menyesuaikan kebijakan perusahaan. Cara menghitung keuntungan obligasi dilakukan ketika perusahaan membeli obligasi dengan nilai nominal atasu bunga pasar yang berlaku tentang resiko entitas.

Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya berkaitan dengan cara menilai suku bnga pasar dan suku bunga nominal. Perbedaan premi dan diskonto obligasi adalah pembelian surat hutang diatas nilai nominal akan dianggap sebagai premi. Diskonto akan terjadi ketika obligasi dibeli dibawah harga pasar.

Contoh Soal Menghitung Harga Obligasi Premium dan Diskonto


Contoh Perhitungan Obligasi Akuntansi Pengantar dan Keuangan Menengah

Contoh perhitungan obligasi menjadi materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah yang berkaitan nilai waktu dari sebuah uang. Obligasi akan dijual dibawah nilai nominal (diskonto) ketika investor memperoleh tingkat bunga yang lebih besar apabila diinvestasikan di produk lain dengan resiko yang sama.

Cara menghitung bunga obligasi dan nilai jual obligasi bergantung kepada tingkat bunga pasar. Pengertian tingkat bunga pasar adalah harapan investor tentang pinjaman dana yang telah diberikan dan bersedia menanggung resiko kegagalan pembayaran. Nilai pari adalah nilai nominal obligasi sesuai yang tercantum.

Cara menghitung obligasi menjadi salah satu kewajiban jangka panjang yang harus disiapkan pembayarannya. Ketika investor membeli obligasi dibawah nilai nominal maka investor akan memperoleh suku bunga efektif yang dapat meningkatkan pendapatan bunga akhir periodenya.

Baca Juga: Cara Menentukan Nilai Buku dan Nilai Wajar

Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya

Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya berlaku ketika kewajiban perusahaan harus dibayarkan pada tahun berjalan. Penyesuaian terhadap beban bunga akan diakui sebagai amortisasi dengan menggunakan metode suku bunga efektif berdasarkan persentase tetap nilai buku awal periode.

Contoh soal dan jawaban obligasi jangka panjang harus digunakan nilai nominal dan tanggal jatuh tempo. Uang obligasi termasuk liabilitas yang menyesuaikan tanggal jatuh tempo pembayarannya. Obligasi bisa terjual diantara tanggal penerbitan dan tanggal transaksi dimana bunga telah berjalan.

Contoh soal obligasi akuntansi keuangan menengah dan jawabannya terjadi pada tanggal 1 Januari 2012 PT Sakura menerbitkan obligasi senilai Rp 6.000.000. Nilai bunga obligasi adalah 6% pertahun selama 5 tahun. Berapakah harga jual obligasi di pasar? Jurnal akuntansi jika suku bunga pasar 8%?

Baca Juga: Contoh Soal Penurunan Nilai Aktiva Tetap Tak Berwujud

Cara Menghitung Harga Jual Obligasi Diskonto dan Premium

Cara menghitung harga jual obligasi diskonto dan premium tentu memerlukan nilai kini dari kekayaan yang diterima kemudian hari. Pembayaran kupon obligasi dapat dilakukan secara triwulan, bulanan, annual bahkan semesteran. Rate of return obligasi berperan menarik minat investor baru.

Contoh perhitungan harga jual obligasi dan pembayaran bunga dapat menggunakan suku bunga efektif berdasarkan nilai kini dari nilai nominal obligasi. Langkah menentukan tingka bunga obligasi bergantung kesepakatan investor dan perusahaan penjamin emisi efek entitas.

Cara menghitung harga jual obligasi diskonto dan premium akan menghasilkan tingkat beban bunga yang harus dibayarkan. Tingkat bunga pasar adalah nilai bunga yang diterima investor akhir sebelum dikenakan pajak penghasilan atas orang pribadi. Adapun contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya:

Baca Juga: Cara Menentukan Termin Pembayaran Tagihan

Demikian contoh soal menghitung harga jual obligasi premium dan diskonto agar perusahaan dapat menerangkan kewajiban jangka panjang dalam catatan atas laporan keuangan hendaknya mempertimbangkan nilai nominal dan tingkat bunga yang diberikan kepada investor akhir.

0 Response to "Contoh Soal Menghitung Harga Obligasi Premium dan Diskonto"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel