Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya berkaitan dengan materi bunga obligasi diantara dua tanggal bunga. Akuntansi penerbitan obligasi terdapat beberapa istilah seperti nilai nominal obligasi, tanggal jatuh tempo, bunga obligasi dan tanggal pembayaran bunga setiap akhir periode.

Contoh soal obligasi dijual diantara dua tanggal bunga terjadi ketika penjualan obligasi sesudah tanggal diterbitkannya. Bunga berjalan adalah masalah pembayaran beban bunga yang berasal dari obligasi yang belum terjual tetapi bunga harus dibayarkan oleh penerbit obligasi tersebut.

Contoh kasus nilai nominal obligasi dan jawabannya terjadi ketika pencetakan dan penandatanganan obligasi bagi perusahaan penerbit obligasi. Penjualan dan pembelian kewajiban jangka pendek dan panjang terutama obligasi akan dikenakan pajak penghasilan atas bunga yang didapatkan wajib pajak.

Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya


Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Obligasi Jangka Panjang

Contoh soal essay dan pilihan ganda obligasi jangka panjang digunakan sebagai dasar pengenaan pajak bagi wajib pajak badan. Liabilitas jangka panjang adalah hutang yang harus dibayarkan perusahaan untuk beberapa periode dimasa mendatang karena adanya penggunaan sumber daya modal dimasa lampau.

Soal essay dan pilihan ganda obligasi jangka panjang berkaitan dengan tingkat bunga pasar. Bunga pasar adalah permintaan bunga yang dilakukan investor ketika menyerahkan sejumlah dana ke masyarakat. Obligasi adalah surat janji yang dikeluarkan dalam rangka melunasi hutang jangka pendek dan membayarkan beban bunganya.

Contoh soal essay dan pilihan ganda obligasi panjang berguna sebagai alat pembayaran. Tingkat bunga pasar akan dibayarkan perusahaan dalam waktu 3, 6 dan 12 bulan bergantung kebijakan perusahaan tersebut. Penerapan konsep nilai waktu uang sebuah aktiva tetap akan menghasilkan beban bunga.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Produksi 2 Departemen

Contoh Soal dan Jawaban Obligasi Jangka Panjang

Contoh soal dan jawaban obligasi jangka panjang dapat dijual dan menghasilkan premi atau diskonto. Tingkat bunga obligasi ditentukan secara pasti dan tercantum pada surat obligasi. Selisih antara nilai nominal dengan harga jual akan menjadi premium dan diskonto bagi obligasi tersebut.

Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya akan dilaporkan pada laporan posisi keuangan bagian liabilitas jangka pendek. Metode bunga efektif dan metode garis lurus berguna untuk menentukan tingkat persentase keuntungan perusahaan ketika membeli liabilitas orang lain.

Soal dan jawaban obligasi yang dibeli diantara dua tanggal bunga terjadi pada PT Masraffi yang mengeluarkan surat hutang periode maret sampai juni. Penerbitan obligasi sinking fund berhasil terjual pada bulan april dengan nilai nominasl Rp 500.000 dan bunganya 9%. Bagaimana jurnal akuntansi kewajiban jangka panjangnya?

Baca Juga: Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Jurnal Penerbitan dan Penjualan Obligasi Jangka Panjang

Jurnal penerbitan obligasi jangka panjang harus dibuat pada saat terjadinya penjualan. Obligasi termasuk pos laporan posisi keuangan bagian liabilitas jangka panjang. Penjualan obligasi akan memperoleh keuntungan dan kerugian ketika tingkat bunga pasar naik atau turun.

Jurnal penjualan obligasi diantara dua tanggal bunga akan menimbulkan permasalah karena pembayaran bunga akan dilakukan berdasarkan waktunya. Pembayaran bunga oleh perusahaan penerbit obligasi harus dilakukan agar digunakan sebagai dasar pengenaan pajak.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Kas Rp 503.750
Utang Obligasi Rp 500.000
Utang Bunga Rp 3.750

Jurnal pembayaran bunga obligasi kepada pembeli harus dilaksakan agar perusahaan membayarkan tingkat bunga pasar yang dimintanya. Adapun pencatatan jurnal obligasi jangka panjang dan obligasi jangka pendek yaitu:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Utang Bunga Rp 3.750
Beban Bunga Rp 11.250
Kas Rp 15.000

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Buku Metode Garis Lurus

Demikian contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya semoga dapat membantu proses pembayaran beban bunga yang harus dikeluarkan perusahaan. Penjualan obligasi dengan diskonto dan premium akan berlaku ketika terjadi perubahan terhadap tingkat bunga pasar.

0 Response to "Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel