Contoh Soal dan Jurnal Pencatatan Saham Treasury

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban pencatatan saham treasury menjadi tindakan perusahaan membeli saham kembali yang sudah beredar. Saham treasuri dalam laporan posisi keuangan tidak diakui sebagai aktiva tetap karena akan mengurangi jumlah modal saham yang telah diperjualbelikan di pasar modal.

Perbedaan saham dengan nilai pari dan tanpa nilai pari tentu berkaitan dengan bunga yang diberikannya. Penerbitan saham untuk perolehan tanah digunakan untuk pelunasan hutang jangka pendek. Penerbitan saham biasa dan preferen mengacu pada transaksi yang terjadi di tahun fiskal tersebut.

Contoh soal modal saham dan jawabannya terdiri dari modal dasar, modal disetorkan dan saham yang dibeli kembali. Perbedaan saham treasuri dan saham biasa adalah pengakuan pencatatan akuntansi di laporan posisi keuangan. Saham treasury diakui sebagai pengurang modal bukan sebagai aktiva tetap.

Contoh Soal dan Jurnal Pencatatan Saham Treasury


Mengapa Saham Treasuri Bukan Merupakan Aktiva Perusahaan

Mengapa saham treasuri bukan merupakan aktiva perusahaan karena entitas dianggap membeli kembali harta yang telah diperjualbelikan kepada publik. Kepemilikan saham lebih dari 50% atau memiliki kendali atas perusahaan lain dianggap terjadi hubungan afiliasi antara induk dan anak perusahaan.

Mengapa saham treasuri bukan merupakan aset perusahaan sebab entitas telah mengeluarkan sejumlah dana untuk membeli kembali harta miliknya. Saham treasuri dalam laporan keuangan akan dilaporkan pada laporan perubahan modal ekuitas perusahaan yang berguna meningkatkan laba per lembar saham.

Perbedaan saham treasuri dan saham biasa adalah menyediakan kompensasi pegawai dan menggagalkan usaha pengambilalihan perusahaan dengan perolehan saham yang lebih banyak. Kepemilikan saham treasuri tidak akan memberikan hak-hak seperti pemilikan saham oleh investor asing.

Baca Juga: Cara Menghitung Piutang Tak Tertagih

Perbedan Saham Treasuri dan Saham Biasa pada Laporan Keuangan

Perbedaan saham treasuri dan saham biasa pada laporan keuangan adalah pengakuan pencatatan penerbitan saham, reakuisisi saham bahkan penarikan saham di pasar modal. Keuntungan atau kerugian akibat pembelian kembali saham yang beredar tidak diakui sebagai item laba rugi perusahaan.

Bedanya saham treasuri dan saham biasa pada laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif adalah meningkatkan laba per lembar saham dan meningkatkan harga saham di pasar modal. Penerbitan saham untuk memperoleh tanah berlaku agar ekuitas dan liabilitas dipertanggungjawabkan.

Perbedaan saham biasa dan saham treasury di laporan posisi keuangan berakibat pada surat pemberitahuan pajak yang terlaporkan. Investor akan memperoleh hak atas modal yang dipinjamkan sesuai dengan jenis saham yang dibeli seperti saham preferen dan saham biasa.

Baca Juga: Cara Menghitung Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak

Contoh Soal Saham Treasury dan Jawabannya

Contoh soal saham treasury dan jawabannya terjadi ketika penerbitan saham oleh PT Masraffi sebanyak 40.000 dengan nilai pari Rp 400 dan harga jual Rp 600. Saham yang dipesan akan menjadi kontrak penjualan sehingga akan diakui sebagai keuntungan atau kerugian pelepasan modal disetor perusahaan.

Jurnal penerbitan saham baru oleh induk perusahaan berakibat pada laporan posisi keuangan yang dilaporkan perusahaan. Perbedaan saham dengan nilai pari dan tanpa nilai pari berdampak pada laporan laba rugi yang dilaporkan setiap tahunnya. Adapun jurnal penjualan saham baru adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Kas Rp 24.000.000
Modal Saham Rp 16.000.000
Agio Saham Rp 8.000.000

Jurnal saham treasuri hanya akan dibuat ketika terjadi reakuisisi saham sebanyak 300 dengan harga Rp 650. Contoh soal saham treasuri dan jurnalnya akan dilaporkan pada laporan posisi keuangan sebagai pengurang modal disetorkan. Adapun jurnalnya sebagai berikut.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Saham Treasuri Rp 195.000
Kas Rp 195.000

Baca Juga: Soal dan Jawaban Obligasi Jangka Panjang

Demikian contoh soal dan jurnal pencatatan saham treasuri semoga dapat membant alokasi biaya perolehan atas penerbitan saham, akuisisi saham bahkan pembelian kembali saham diatas harga jualnya. Saham treasuri bukan merupakan aktiva tetapi sebagai pengurang modal perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jurnal Pencatatan Saham Treasury"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel