Contoh Soal dan Cara Menghitung Revaluasi Aktiva Tetap Pajak

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung revaluasi aktiva tetap menurut pajak berlaku bagi perusahaan yang akan melakukan penilaian kembali atas aset tetap yang mengalami penurunan nilai. Pengertian revaluasi aktiva tetap adalah tindakan perusahaan dalam rangka menyamakan nilai perolehan harta sesuai periode sekarang.

Contoh soal jurnal revaluasi aset tetap akan dimulai ketika entitas melakukan penilaian secara wajar terhadap pembelian aktiva tetap perusahaan. Perusahaan yang memiliki akuntabilitas publik harus berpedoman pada IFRS. Sedangkan, perusahaan yang tidak memiliki akuntabilitas publik berpedoman pada SAK-ETAP.

Contoh perhitungan revaluasi aktiva tetap dan jawabannya harus didasarkan bukti bahwa aktiva perusahaan telah mengalami perubahan. Biaya perolehan adalah beban yang dikeluarkan perusahaan dalam rangka mempersiapkan aktiva tetap untuk digunakan kegiatan produksi barang jadi.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Revaluasi Aktiva Tetap Pajak


Pengertian Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Para Ahli

Pengertian revaluasi aktiva tetap menurut para ahli adalah tindakan perusahaan untuk menyesuaikan nilai buku terhadap nilai wajar sekarang dalam rangka memperoleh laba atau rugi selisih kurs mata uang asing. Laporan keuangan berfungsi untuk menjelaskan konsep biaya perolehan yang dibeli dan penyimpangan pengakuannya.

Definisi revaluasi aktiva tetap menurut para ahli adalah penilaian kembali aktiva tetap perusahaan atas transaksi yang berlangsung dimasa lampau. Pertanyaan, makalah dan syarat revaluasi aktiva tetap harus mempertimbangkan kebijakan akuntansi yang berlaku di perusahaan agar mempertanggungjawabkan pembayaran pajak finalnya.

Penurunan dan revaluasi aktiva tetap akan dikenakan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 dengan tarif 10%. Selisih nilai revaluasi dan nilai buku akan dicatat sebagai surplus revaluasi. Perubahan estimasi masa manfaat dan penurunan nilai aktiva tetap berlaku sepanjang tahun pajak entitas tersebut.

Baca Juga: Cara Penilaian Kembali Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak

Contoh soal revaluasi aktiva tetap menurut pajak akan dikenakan PPh pasal 4 ayat 2. Sebab, perusahaan dianggap telah mengakhiri masa pakai aktiva dan dianggap membeli aset tetap baru untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Syarat revaluasi harus didasarkan pada peraturan menteri keuangan (PMK).

Contoh soal dan jawaban revaluasi aset tetap menurut pajak berlaku untuk seluruh kategori aktiva tetap. Masa manfaat aktiva tetap harus menyesuaikan ketentuan umum perpajakan untuk menghindari koreksi fiskal positif dan koreksi fiskal negatif sebagai deductible expance.

Soal revaluasi aktiva tetap akuntansi keuangan menengah terjadi pada PT Masraffi yang memiliki kendaraan dengan harga perolehan Rp 63.000.000 dan akumulasi depresiasi aktiva tetap Rp 15.750.000. Apabila perusahaan melakukan penilaian biaya perolehan sebesar Rp 55.000.000. Bagaimana jurnal akuntansi yang harus dibuat?

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Biaya Produksi 2 Departemen atau Lebih

Jurnal Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak

Cara menghitung revaluasi aktiva tetap menurut pajak akan dikenakan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 dengan tarif 10% dan bersifat final. Revaluasi aset adalah perhitungan ulang atas biaya perolehan aktiva tetap yang dimiliki perusahaan pada akhir periode akuntansi dan perpajakan.

Jurnal revaluasi aktiva tetap menurut pajak akan diberlakukan setelah perusahaan menetapkan kebijakan akuntansi tentang biaya perolehan. Cara menghitung revaluasi aktiva tetap menurut perpajakan yang berlaku adalah:

Nilai Buku Akhir Periode Rp 47.250.000
Nilai Revaluasi Rp 55.000.000
Surplus Revaluasi Rp 7.750.000
PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 775.000

Jurnal revaluasi aset tetap menurut ketentuan umum perpajakan mengharuskan entitas menyetorkan PPh pasal 4 ayat 2 paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya. Pembayaran hutang PPH harus dilampirkan SPT masa bulan terjadinya transaksi revaluasi tersebut. Adapun jurnal akuntansi revaluasi aktiva tetap adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 15.750.000
Aktiva Tetap Rp 8.000.000
Suplus Revaluasi Rp 7.750.000
Beban PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 775.000
Hutang PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 775.000

Baca Juga: Pengujian Substantif dan Compliance Aktiva Tetap

Demikian contoh soal dan cara menghitung revaluasi aktiva tetap menurut pajak. Perusahaan sebaiknya menyesuaikan kebijakan akuntansi tentang masa manfaat dan metode depresiasi yang digunakan untuk menghindari koreksi fiskal positif atau koreksi fiskal negatif.

0 Response to "Contoh Soal dan Cara Menghitung Revaluasi Aktiva Tetap Pajak"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel