Contoh Soal Pengujian Substantif Terhadap Saldo Kas dan Setara Kas

Konten [Tampil]

Contoh soal pengujian substantif terhadap saldo kas dan setara kas merupakan tindakan perusahaan untuk melunasi kewajiban dan membayarkan tagihan yang telah jatuh tempo. Pemeriksaan kas dan setara kas menyangkut informasi tentang audit kas kecil, selisih kurs mata uang asing dan adanya windows dressing.

Contoh soal pemeriksaan kas dan setara kas dalam pengauditan berbasis komputer diperbolehkan dengan mengevaluasi pengendalian internal atas penerimaan dan pengeluaran kas. Pertanyaan tentang audit kas berhubungan dengan investasi jangka pendek menyangkut internal control kas yang berlaku di perusahaan.

Pertanyaan tentang audit kas berkaitan dengan pengujian substantif dan pengujian compliance. Pengertian kas menurut para ahli adalah harta perusahaan yang mudah untuk diselewengkan. Kas digunakan sebagai alat pembayaran untuk berbagai kegiatan umum perusahaan dalam menjalankan operasionalnya.

Contoh Soal Pengujian Substantif Terhadap Saldo Kas dan Setara Kas


Contoh Kas dan Setara Kas

Contoh kas dan setara kas seperti kas kecil, saldo rekening giro di bank, check tunai yang belum dicairkan perusahaan. Pengertian setara kas menurut para ahli adalah berbagai aktiva perusahaan yang dapat digunakan untuk pembayaran kewajiban tanpa mengurangi nilai intriksik aset lancar tersebut.

Kas berfungsi sebagai alat pembayaran tagihan atau beban-beban operasional perusahaan. Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas bertujuan untuk memeriksa penerapan pengendalian internal di perusahaan untuk menghindari kecurangan karena penggunaan kas yang tidak terotorisasi dan pembatasan penggunaan kas tersebut.

Memahami sistem pengendalian internal atas kas dan setara kas digunakan untuk mencegah adanya penerimaan dan pengeluaran uang perusahaan untuk berbagai transaksi yang tidak wajar. Kertas kerja pemeriksaan dipergunakan menganalisa faktur pajak yang telah jatuh tempo tetapi belum dibayarkan.

Baca Juga: Prosedur Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Pertanyaan Tentang Audit Kas dan Setara Kas

Pertanyaan tentang audit kas dan setara kas berkaitan dengan transaksi penerimaan kas dan pengeluaran kas. Bukti penerimaan kas harus diotorisasi oleh pejabat berwenang dan mencantumkan nomor faktur yang telah dibayarkan. Pengujian compliance hendak dilakukan atas transaksi penerimaan kas.

Pertanyaan tentang pemeriksaan kas dan setara kas berdampak pada kertas kerja pemerikaan pengantar audit. Akuntan publik harus membentuk top schedule dan supporting schedule bergantung kebijakan kas kecil metode imprest dan metode fluktuatif. Kas opname dapat dilakukan atas transaksi kas kecil.

Contoh soal perhitungan kas dan setara kas dipergunakan untuk menentukan adanya tindakan kecurangan seperti windows dressing dan korupsi. Saldo kas dan setara kas dalam valuta asing hendaknya dikonversikan dalam mata uang rupiah berdasarkan kurs tengah bank indonesia pada akhir periode.

Baca Juga: Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi Induk dan Anak Perusahaan

Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas berkaitan dengan pengujian compliance dan pengujian substantif. Pertanyaan tentang audit kas selalu menggunakan asersi manajemen. Pengertian asersi manajemen adalah asumsi akuntan perusahaan terhadap transaksi di perusahaan tersebut.

Contoh kasus pengujian substantif terhadap saldo kas dipergunakan untuk memeriksa sistem pengendalian internal perusahaan. Pembatasan penggunaan kas untuk pelunasan obligasi dan bunga obligasi tidak diperbolehkan diakui sebagai kas. Tapi, sebagai aktiva tak lancar pada laporan posisi keuangan.

Contoh kasus audit kas dan setara kas terjadi pada PT Masraffi yang memiliki saldo di bank dalam mata uang asing sebesar $12.000 pada saat pembayaran dicatat sebesar Rp 49.200.000. Apabila kurs jual sebesar Rp 4.200 dan kurs beli Rp 4.400 dan kurs menteri keuangan sebesar Rp 4.120 dan kurs beli Rp 4.350. Maka buatlah jurnal penyesuaian selisih mata uang asing tersebut.

Cara Hitung
- Akhir Periode Rp 51.600.000
- Pencatatan awal Rp 49.200.000
Laba Selisih kurs Rp 2.400.000

Jurnal penyesuaian pemeriksaan substantif dan compliance kas dan setara kas dilakukan untuk menilai penerapan sistem pengendalian internal. Internal kontrol yang baik atas kas akan membuktikan bahwa saldo di laporan posisi keuangan telah menunjukkan keadaan perusahaan sebenarnya. Adapun jurnal penyesuaian selisih kurs mata uang asing adalah

Tanggal KeteranganDebitKredit
31/12/2021Kas di Bank Rp 2.400.000
Laba Selisih Kurs Rp 2.400.000

Baca Juga: Contoh Internal Control Questionnaires Penerimaan Kas

Demikian contoh soal pengujian substantif terhadap saldo kas dan setara kas yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan dan kinerja keuangan. Audit pemeriksaan kas dan setara kas memerlukan kertas kerja untuk meriwayatkan seluruh transaksi yang telah dilakukan pengecekan oleh akuntan publik.

0 Response to "Contoh Soal Pengujian Substantif Terhadap Saldo Kas dan Setara Kas"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel