Contoh Soal Anggota Sekutu Membeli Hak Sekutu Lain

Konten [Tampil]

Contoh soal anggota sekutu membeli hak sekutu lain berakibat pada pembubaran firma sesuai akta pendirian. Pembubaran firma adalah proses keluarnya anggota sekutu atau masuknya anggota sekutu baru yang tidak sesuai dengan akta pendirian. Karakteristik utama firma adalah modal yang disetorkan berasal dari sekutu.

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan dapat berupa pembelian hak sekutu lain, membeli seluruh hak sekutu atau menambahkan kekayaan di perusahaan. Jika anggota sekutu meninggal dunia maka berdasarkan akta pendirian persekutuan akan dibubarkan secara otomatis karena tidak sesuai hukum.

Perbedaan firma dan perseroan terbatas perlu diketahui oleh akuntan agar proses pembagian laba rugi persekutuan dapat dilakukan. Peristiwa setelah tanggal pelaporan keuangan menjadi prioritas ketika seorang auditor berusaha mencari kewajaran dari saldo yang telah di publikasikan melalui laporan keuangan.

Contoh Soal Anggota Sekutu Membeli Hak Sekutu Lain


Penyebab Terjadinya Pembubaran Firma Persekutuan

Pembubaran firma berarti adanya anggota baru yang masuk atau anggota lama yang keluar dari perusahan karena suatu alasan. Penyebab terjadinya pembubaran persekutuan firma berakibat pada persentase pembagian laba rugi yang telah disepakati oleh masing-masing sekutu dalam akta pendirian.

Penyebab terjadinya pembubaran firma persekutuan adalah salah satu anggota sekutu meninggal dunia. Komposisi sekutu yang tidak sesuai dengan akta pendirian menjadikan firma dianggap sudah tidak ada berdasarkan badan hukum sehingga akta pendirian perlu di perbarui sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Bagaimana persekutuan dapat dibubarkan karena permasalahan internal dalam firma. Pembagian laba rugi menjadi tujuan utama seseorang bekerjasama sehingga mampu menghasilkan laba yang lebih tinggi. Kerugian firma harus ditanggung oleh sekutu berdasarkan persentase yang telah disepakati dalam akta pendirian.

Baca Juga: Contoh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Perusahaan Manufaktur

Contoh Soal Anggota Sekutu Membeli Seluruh Hak Beberapa Sekutu Lainnya

Perubahan pemilikan persekutuan dapat terjadi dengan adanya perubahan terhadap komposisi pemodal. Perubahan akta pendirian diperlukan karena sekutu aktif dan sekutu pasif yang tercatat tidak sesuai secara hukum. Pembelian hak sekutu lain dan penambahan kekayaan persekutuan diperbolehkan berdasarkan kebijakan akuntansi.

Contoh soal anggota sekutu membeli seluruh hak beberapa sekutu lainnya diperkenankan karena penggunaan metode goodwill dan bonus pada firma. Perbedaan metode bonus dan metode goodwill terjadi karena kebijakan sekutu tentang pengurangan modal dan penambahan modal yang terjadi.

Contoh soal anggota sekutu membeli sebagian hak sekutu lainnya menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan persekutuan. Menambah kekayaan anggota sekutu diperkenankan karena sekutu aktif menerapkan kebijakan prosedur masuk dan keluarnya anggota persekutuan firma.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pajak Penghasilan

Soal dan Jawaban Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan persekutuan dapat menjadi materi tentang laporan keuangan konsolidasi beberapa perusahaan. Hubungan istimewa adalah relasi yang terjadi diantara masing-masing pemegang saham dan dewan komisaris yang terdapat di suatu perusahaan.

Soal pilihan ganda dan essay akuntansi keuangan lanjutan menjadikan materi persekutuan dan penjualan angsuran harus dimengerti. Pembelian hak sekutu lain akan mengurangkan modal sekutu dan keuntungan yang didapatkan diluar transaksi tidak menjadi persekutuan.

Contoh soal anggota sekutu membeli hak beberapa anggota sekutu lainnya berdampak pada pembuatan laporan posisi keuangan. Keuntungan yang didapatkan oleh anggota sekutu akan berkaitan dengan pembagian laba rugi. Anggota firma masraffi memutuskan menjual sebagian modalnya sebesar Rp 33.000.000 kepada sekutu baru sebesar Rp 40.000.00. Bagaimana jurnal yang harus dibuat?

TanggalKeteranganDebitKredit
31/1/21Modal MasraffiRp 32.000.000
   Modal KakraffiRp 32.000.000

Baca Juga: Cara Menghitung Piutang Tak Tertagih dan Jawababnya

Demikian contoh soal anggota sekutu membeli hak sekutu lain semoga dapat membantu menjawab pilihan ganda akuntansi keuangan lanjutan. Perubahan pemilikan persekutuan dapat terjadi sebab adanya ketidaksesuaian dengan akta pendirian perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Anggota Sekutu Membeli Hak Sekutu Lain"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel