Contoh Soal Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal piutang tak tertagih dan jawabannya menjadi langkah perusahaan melaporkan saldo piutang usaha sebagai aktiva perusahaan yang bersifat likuid. Pilihan ganda dan soal essay piutang dagang akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah harus menyesuaikan dengan prinsip dan kebijakan akuntansi yang berlaku.

Contoh soal pilihan ganda piutang usaha dan jawabannya menjadi salah satu resiko penjualan kredit yang dilakukan perusahaan. Kerugian yang disebabkan piutang yang tidak dibayarkan pelanggan menjadi resiko dalam proses penerimaan piutang usaha. Daftar umur piutang seharusnya dimasukan dalam proses alokasi cadangan kerugian piutang.

Contoh soal dan jawaban analisis umur piutang menjadi daftar usia piutang pelanggan yang harus diciptakan pengendalian internal. Perusahaan yang memiliki transaksi penjualan kredit biasanya memiliki pihak yang bertanggungjawab atas penilaian kualitas kredit pelanggan atas riwayat transaksi di masa lalu.

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya


Perbedaan Penghapusan Piutang dan Penyisihan Piutang Tak Tertagih

Apa perbedaan penghapusan piutang dan penyisihan piutang tak tertagih menjadi upaya perusahaan untuk meminimalisir dampak tidak terbayarnya hutang dagang pelanggan. Kerugian piutang tak tertagih ditaksir 2% dari saldo piutang dagang dan saldo penjualan menjadi bentuk kebijakan akuntansi perusahaan.

Penghapusan piutang adalah tindakan perusahaan menghapus piutang sehingga menyebabkan aset perusahaan tiba-tiba menghilang. Penyisihan piutang tak tertagih adalah alokasi sistematis tentang jumlah piutang yang diperkirakan tidak dapat dilunasi oleh pelanggan yang menyebabkan perusahaan menjadi rugi.

Perbedaan penghapusan piutang dan penyisihan piutang tak tertagih adalah akun pos laporan keuangan yang dipergunakan perusahaan. Penghapusan piutang akan menggunakan akun beban kerugian piutang dan piutang usaha. Penyisihan piutang tak tertagih menggunakan akun cadangan kerugian piutang dan piutang usaha.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Musyarakah dan Jawabannya

Contoh Soal Piutang Dagang Akuntansi Pengantar 2

Contoh soal piutang dagang akuntansi pengantar 2 adalah aktiva perusahaan yang masih di pelanggan yang akan dibayarkan pada saat transaksi akan jatuh tempo. Daftar umur piutang menjadi solusi bagi perusahaan untuk menentukan jumlah alokasi yang tepat agar aktiva perusahaan dapat dipertanggungjawabkan.

Contoh soal pilihan ganda dan soal essay piutang usaha akuntansi pengantar 2 dan akuntansi keuangan menengah harus disesuaikan dengan prinsip akuntansi berterima umum. Piutang usaha dilaporkan pada laporan keuangan sejumlah uang yang dapat ditagihkan kepada pelanggan pada akhir periode.

Penilaian piutang usaha yang menggunakan metode penghapusan piutang menyebabkan perbandingan antara pendapatan dan biaya tidak sesuai realita. Metode penghapusan langsung piutang usaha akan dilakukan ketika perusahaan memperoleh informasi bahwa debitur telah bangkrut sehingga tidak dapat melaksanakan kewajiban pembayarannya.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Pajak Penghasilan

Contoh Soal Analisis Umur Piutang dan Pembahasannya

Contoh soal analisis umur piutang dan pembahasannya menjadikan perusahaan menggunakan cadangan kerugian piutang dalam mengatasi piutang tak tertagih. Perusahaan harus menaksir besarnya piutang yang diperkirakan tidak dapat dilunasi oleh debitur sehingga dapat menerapkan prinsip perbandingan biaya dan pendapatan periode yang sama.

Contoh soal dan jawaban analisis umur piutang terjadi pada PT Masraffi yang memiliki akun cadangan kerugian piutang sebesar Rp 1.210.000. Apabila jumlah piutang usaha sebesar Rp 55.000.000 dimana kebijakan akuntansi sebesar 3% dari piutang usaha harus dicadangkan. Buatlah jurnal cadangan kerugian piutang yang harus dibuat perusahaan?

Makalah analisis umur piutang berisikan metode penilaian piutang usaha pada akhir periode. Maka, besarnya cadangan kerugian piutang yang harus dibuat perusahaan adalah Rp 55.000.000 x 3% = Rp 1.650.000. PT Masraffi seharusnya membuat jurnal cadangan kerugian piutang yaitu:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Beban Kerugian Piutang Rp 440.000
Cadangan Kerugian piutang Rp 440.000

Baca Juga: Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Persentase Penyelesaian

Demikian contoh soal piutang tak tertagih dan jawabannya semoga dapat membantu membuat analisis tentang umur piutang usaha sehingga dapat diterapkan metode penghapusan atau metode cadangan kerugian piutang.

0 Response to "Contoh Soal Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel