Contoh Soal Penghapusan Piutang Langsung dan Tidak Langsung

Konten [Tampil]

Contoh soal penghapusan piutang langsung dan tidak langsung berkaitan dengan pengakuan piutang usaha atas kegiatan penjualan kredit. Analisis umur piutang berkaitan dengan penggunaan metode cadangan dan metode penghapusan piutang agar dapat menyesuaikan dengan kebijakan akuntansi perusahaan.

Contoh soal pilihan ganda dan soal essay piutang usaha seharusnya dilakukan ketika perusahaan telah memperoleh informasi bahwa debitur tidak mampu melunasi hutang yang telah jatuh tempo. Pengukuran piutang dagang mempertimbangkan jumlah bersih piutang yang dapat ditagihkan kepada pelanggan entitas.

Contoh soal piutang tak tertagih dan jawabanya memberikan informasi bahwa entitas dapat menaksir jumlah yang dapat ditagihkan kepada pelanggan. Akun cadangan kerugian piutang dilaporkan dalam laporan posisi keuangan sebagai akun kontra piutang dagang yang diakui sebagai aktiva perusahaan.

Contoh Soal Penghapusan Piutang Langsung dan Tidak Langsung


Perbedaan Penghapusan Piutang dan Penyisihan Piutang Tak Tertagih

Perbedaan penghapusan piutang dan penyisihan piutang tak tertagih dapat menjadi pedoman bagi perusahaan ketika menetapkan kebijakan akuntansi yang berlaku di perusahaan. Pilihan ganda dan soal essay piutang dagang berkaitan dengan penerapaan materi akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi 2.

Perbedaan penghapusan piutang dan penyisihan piutang tak tertagih adalah bagaimana perusahaan mengakui adanya kerugian atas kekayaan perusahaan yang tidak dikembalikan oleh pelanggan. Penghapusan piutang akan mengakui beban kerugian piutang pada periode yang sama dengan periode diterbitkannya memo penghapusan piutang langsung.

Perbedaan penyisihan piutang tak tertagihan dan penghapusan piutang tentunya harus mempertimbangkan konsep penandingan antara pendapatan dan beban periode yang sama. Prinsip matching concept adalah membandingkan antara biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh penghasilan pada periode tersebut.

Baca Juga: Cara Menghitung Nisbah Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah

Contoh Soal Pengukuran Piutang Usaha Perusahaan Manufaktur

Contoh soal pengukuran piutang usaha perusahaan manufaktur harus diakui sebesar jumlah yang ditagihkan kepada pelanggan dan tidak termasuk pajak pertambahan nilai. Piutang usaha adalah tagihan perusahaan kepada pelanggan atas transaksi penjualan barang atau jasa secara kredit.

Contoh soal dan jawaban pengukuran piutang usaha atas penjualan kredit biasanya entitas mengharapkan dapat menerima penghasilan dalam kurun waktu 30-60 hari setelah faktur pajak diterbitkan. Sistem pengendalian internal atas piutang dagang harus dapat memperlihatkan perusahaan mengevaluasi kualitas kredit yang dilakukan pelanggan.

Contoh soal pengukuran piutang usaha dan piutang dagang menjadi cara yang dilakukan perusahaan untuk melihat umur piutang. Piutang dagang diakui sebesar jumlah yang dapat ditagihkan kepada pelanggan. 

PT Masraffi memberikan kredit atas penjualan barang senilai Rp 50.200.000 kepada pelanggannya. Apabila nilai penjualan tersebut sudah termasuk pajak pertambahan nilai, berapakah piutang yang yang dilaporkan perusahaan dan jurnal yang harus dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Piutang Usaha Rp 50.200.000
Penjualan Rp 45.180.000
PPN Keluaran Rp 5.020.000

Baca Juga: Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung

Contoh Soal Pilihan Ganda Piutang Dagang dan Jawabannya

Contoh soal pilihan ganda piutang dagang dan jawabannya telah menjadi pedoman dalam membuat makalah akuntansi keuangan menengah. Cadangan kerugian piutang adalah akun yang digunakan untuk memperkirakan jumlah piutang yang tidak dapat ditagihkan perusahaan kepada pelanggan.

Contoh pilihan ganda dan soal essay piutang dagang akuntansi pengantar menjadi pedoman perusahaan dalam menggunakan kebijakan akuntansi sesuai dengan ketentuan umum perpajakan. Analisis umur piutang akan diterapkan ketika perusahaan menggunakan metode cadangan dalam mengakui kerugian piutang.

Contoh soal penghapusan piutang langsung dan tidak langsung terjadi pada pelanggan PT Masraffi yang tidak mampu membayar hutangnya. Apabila piutang dagang sebesar 40% tidak dapat dikembalikan ke entitas. Buatlah jurnal penghapusan piutang langsung yang dibuat perusahaan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Beban kerugian piutang Rp 20.080.000
Piutang Usaha Rp 20.080.000

Baca Juga: Contoh Soal Aktiva dan Kewajiban Pajak Tangguhan

Demikian contoh soal penghapusan piutang langsung dan tidak langsung semoga dapat membantu memperkirakan dan menghitung umur piutang agar dapat menerapkan metode cadangan kerugian piutang tak tertagih.

0 Response to "Contoh Soal Penghapusan Piutang Langsung dan Tidak Langsung"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel