Contoh Soal Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung dan Metode Langsung

Konten [Tampil]

Contoh soal laporan arus kas metode tidak langsung dan metode langsung dapat digunakan dalam rangka menilai aliran kas keluar dan masuk ke perusahaan. Pengertian kas menurut para ahli adalah aktiva tetap perusahaan yang digunakan dalam rangka menjalankan kegiatan operasional perusahaan pada tahun tersebut.

Contoh soal dan jawaban laporan arus kas metode langsung dan metode tidak langsung menjadi cara menyusun informasi aliran kas berupa penggunaan dan penerimaan kas. Aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan dapat menjadi hal yang harus dipertimbangkan dalam mengklasifikasikan informasi keuangan.

Pengendalian internal kas dan setara kas akan mencegah pengguna untuk menggunakan uang perusahaan untuk keperluan pribadi. Contoh laporan arus kas metode langsung akan mempresentasikan aliran penggunaan dan penerimaan kas untuk memperoleh penghasilan dan beban tahun berjalan.

Contoh Soal Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung dan Metode Langsung


Pengertian Kas dan Setara Kas Beserta Laporannya

Pengertian kas dan setara kas adalah harta perusahaan yang memiliki sifat liquid yaitu dapat dicairkan tanpa mengurangi nilai. Pengendalian internal yang baik atas kas dan setara kas adalah menggunakan sistem imprest ketika mengisi kas kecil dan penggunaan cek sebagai metode pembayaran penjualan dalam jumlah besar.

Pengertian kas dan setara kas beserta laporannya seharusnya dapat digunakan dalam rangka mencegah aliran kas masuk dan keluar tanpa adanya otorisasi. Laporan arus kas berisikan informasi tentang aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan yang dilakukan perusahaan dalam satu periode akuntansi.

Pengertian kas dan setara kas menurut para ahli adalah investasi yang bersifat likuid dan jangka pendek sehingga diharapkan dapat digunakan tanpa merubah nilainya. Bunga dan dividen dalam laporan arus kas diakui sebagai aktivitas investasi dan aktivitas operasi bergantung pada jenis perusahaan yang melaporkannya.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Mengelola Dana Kas Kecil

Sistem Pengendalian Internal Kas dan Setara Kas

Sistem pengendalian internal kas dan setara kas menjadi aktiva perusahaan yang memiliki resiko hilang dan dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Perusahaan diharapkan dapat merancang sistem yang dapat mencegah adanya resiko bawaan, resiko pengendalian dan resiko lainnya.

Sistem pengendalian internal kas dan setara kas adalah suatu program yang dijalankan untuk mempertahankan kas perusahaan dari penyalahgunaan wewenang. Pemisahan tugas antara kasir dan pencatat serta pembayar tagihan menjadi faktor penting untuk mengelola kas kecil.

Bagaimana cara menilai dan mengevaluasi pengendalian internal perusahaan adalah menggunakan internal control questionnaires dan flow chart. Sistem pengendalian internal yang lemah dapat digunakan oleh oknum untuk memanfaatkan kelengahan atas pengendalian resiko perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Pembiayaan Mudharabah dan Jawabannya

Contoh Soal Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung

Contoh soal laporan arus kas metode tidak langsung dimulai dari memperhitungkan laba rugi tahun berjalan. Laba rugi akan dikurangkan dengan aliran aktiva non kas dan perubahan persediaan barang dagang serta hutang piutang. Perusahaan dianjurkan menggunakan metode langsung dalam penyusunan laporan arus kas.

Cara membuat laporan arus kas hanyalah mengklasifikasi penggunaan dan penerimaan kas menjadi aktivitas investasi, aktivitas operasi dan aktivitas pendanaan. Agar seluruh aktivitas kas dapat dilaporkan dengan baik, maka pencatatan seluruh transaksi perusahaan dianjurkan untuk digunakan.

Contoh soal laporan arus kas metode tidak langsung terjadi pada PT Masraffi yang memperoleh laba bersih sebesar Rp 63.100.000. Transaksi yang melibatkan kas adalah piutang sebesar Rp 3.000.000 hutang Rp 1.000.000 keuntungan penjualan aktiva tetap Rp 4.200.000. Bagaimana cara membuat laporan arus kas perusahaan?

Laba Ditahan Rp    63.100.000
Piutang Rp (3.000.000)
Hutang Rp (1.000.000)
Keuntungan Penjualan Aktiva Tetap Rp (4.200.000)
Arus Kas Netto dari Aktivitas Operasi Rp 54.900.000

Baca Juga: Contoh Soal Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah

Demikian contoh soal laporan arus kas metode tidak langsung dan metode langsung semoga dapat membuat dan menyusun laporan sesuai aliran kas masuk dan aliran kas keluar perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung dan Metode Langsung"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel