Contoh Soal dan Jawaban Mengelola Dana Kas Kecil

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban mengelola dana kas kecil dapat mempergunakan metode imprest dan metode fluktuatif. Laporan kas kecil (patty cash) adalah informasi yang berisi tentang penggunaan kas untuk pembayaran tagihan secara tunai atau tagihan yang memiliki nominal kecil.

Contoh soal mutasi dana kas kecil beserta jawabannya akan melibatkan sistem pengendalian internal diperusahaan. Kas memiliki resiko bawaan sehingga banyak orang yang berusaha mencurinya untuk keperluan pribadi. Internal control kas diharapkan dapat menjaga kas secara fisik dari kemungkinan dicurinya kas tersebut.

Soal pilihan ganda mengelola dana kas kecil beserta jawabannya dapat dipergunakan untuk menjaga agar tidak terjadi penumpukan kas sehingga tidak bermanfaat. Jumlah dana di kasir akan bertambah setiap kali adanya pengisian kas ketika perusahaan menggunakan metode fluktuatif.

Contoh Soal dan Jawaban Mengelola Dana Kas Kecil


Soal Pilihan Ganda Mengelola Dana Kas Kecil Beserta Jawabannya

Soal pilihan ganda mengelola dana kas kecil beserta jawabannya akan berkaitan dengan pengendalian internal atau pengisian kembali kas kecil. Administrasi perkantoran akan memperkenalkan metode imprest agar perusahaan dapat mengkontrol setiap pengeluaran dan mempertanggungjawabkan ketika pengisian kembali.

Soal dan jawaban pilihan ganda mengelola dana kas kecil berakibat pada langkah perusahaan menerapkan kebijakan akuntansi. Penggunaan sistem imprest akan mempertahankan jumlah kas kecil setiap periodenya sehingga pertanggungjawaban kas semakin lebih baik.

Soal pg dan jawaban mengelola dana kas kecil dapat dilakukan dengan mengerjakan salah satu dari contoh dibawah ini.

  1. Bagaimana sistem pengendalian internal terhadap kas?
  2. Perbedaan sistem imprest dan sistem fluktiatif?
  3. Bagaimana jurnal mencatat penetapan dana kas kecil?
  4. Bagaimana jurnal pengisian kembali dana kas kecil?

Baca Juga: Contoh Soal Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest

Contoh soal kas kecil metode imprest adalah cara yang digunakan perusahaan untuk mengisi dan kas secara tetap setiap periodenya. Alur sistem imprest adalah membentuk kas kecil dan setiap adanya pengeluaran kas kecil tidak perlu dilakukan penjurnalan tetapi dikumpulkan setiap bulannya yang akan diganti pada akhir periode.

Contoh soal dan jawaban kas kecil metode imprest akan menjaga agar kas perusahaan tidak disalahgunakan. Setiap adanya pengisian kembali dana kas akan mempertanggungjawabkan pemakaian sehingga diharapkan tidak ada kas yang hilang pada akhir periode.

Contoh soal metode imprest mengelola dana kas kecil dapat dipergunakan dalam rangka mengurangi resiko bawaan. Perusahan tidak perlu mengeluarkan cek untuk membayar tagihan kecil dan memerlukan pembayaran tunai. Perusahaan sebaiknya melakukan rekonsiliasi pada akhir periode.

Baca Juga: Sistem Pengendalian Internal atas Kas dan Setara Kas

Contoh Soal Mengelola Dana Kas Kecil dan Jawabannya

Contoh soal mengelola dana kas kecil dan jawabannya akan mempertimbangkan mekanisme pemilihan metode fluktuatif dan imprest. Kas kecil (patty cash) adalah aktiva yang digunakan untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan yang tidak dapat dilakukan dengan transfer bank.

Contoh soal kas kecil metode imprest akan mempertahankan jumlah pembentukan kas kecil sesuai kebijakan akuntansi yang berlaku. Kas kecil berfungsi sebagai alat pembayaran yang siap untuk digunakan membayar tagihan yang ada diperusahaan. Kas terdiri dari uang kartal dan setara kas.

Contoh soal dan jawaban mengelola dana kas kecil terjadi pada PT Masraffi yang menetapkan kas kecil sebesar Rp 750.000. Pada akhir periode, PT Masraffi telah mengeluarkan biaya pemeliharaan mesin Rp 70.000, biaya air dan telepon Rp 65.000, piutang karyawan Rp 90.000. Buatlah jurnal pengisian kembali kas kecil?

Jurnal Mencatat Pembentukan Dana Kas Kecil

Jurnal mencatat pembentukan dana kas kecil akan menggunakan cek untuk mencairkan dana dibank. Perusahaan sebaiknya memiliki kas yang cukup. Apabila kas terlalu banyak diperusahaan, maka perusahaan tidak memperoleh manfaat. Apabila kas terlalu sedikit, maka perusahaan tidak dapat menjalankan kegiatan operasionalnya.

Jurnal mencatat pembentukan dana kas kecil berfungsi untuk membayar tagihan yang memiliki nominal kecil. Transaksi diperusahaan dapat dilakukan secara tunai seperti pembayaran gaji karyawan, pembelian peralatan kantor bahkan piutang karyawan yang belum bekerja. Adapun jurnal untuk membentuk dana kas sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2020Kas Kecil Rp 750.000
Kas Bank Mandiri Rp 750.000

Jurnal Mencatat Pengisian Kembali Dana Kas Kecil

Jurnal mencatat pengisian kembali dana kas kecil berguna sebagai alat untuk mengevaluasi penggunaan kas untuk kegiatan operasionalnya. Mengelola dana kas kecil dapat menambah jumlah kas apabila dirasa perusahaan kurang dalam menetapkan dana kas.

Jurnal mencatat pengisian kembali kas kecil seharusnya akan menghasilkan kas yang sesuai dengan kas pada awal periode. Apabila PT Masraffi menaikkan saldo kas kecil sebesar Rp 250.000. Berikut jurnal pengisian yang diperlukan:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2020Kas Kecil Rp 750.000
Kas Bank Mandiri Rp 750.000

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Pembahasannya

Demikian contoh soal dan jawaban mengelola dan kas kecil metode imprest dan fluktuatif semoga perusahaan dapat menghindari resiko bawaan dengan menerapkan sistem pengendalian internal yang baik.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Mengelola Dana Kas Kecil"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel