Contoh Soal Kasus Pemeriksaan Kas Kecil

Konten [Tampil]

Contoh soal kasus pemeriksaan kas dan setara kas tentunya akan melibatkan perhitungan kas kecil di perusahaan. Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas diperlukan terutama untuk memenuhi tujuan pemeriksaan dan prosedur pemeriksaan. Kas adalah aset lancar yang mudah untuk diselewengkan ketika pengendalian internal yang jelek di perusahaan.

Contoh kasus audit kas dan penyelesaiannya diperlukan terutama bagi perusahaan yang menggunakan kas kecil metode fluktuatif dan imprest. Pengendalian internal kas dan setara kas perlu diperketat agar penyelewengan dan penyalahgunaan kas untuk transaksi tertentu tidak terjadi di perusahaan.

Pertanyaan tentang kas dan setara kas berhubungan dengan pemeriksaan yang mungkin terjadi. Kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas berguna untuk proses dokumentasi auditor sehingga dapat digunakan untuk proses audit ditahun depan. Audit kas dan bank menjadi faktor penting untuk menghindari risiko bawaan pos laporan keuangan.

Contoh Soal Kasus Pemeriksaan Kas Kecil


Pengendalian Internal Kas dan Setara Kas

Pengendalian internal kas dan setara kas menjadi pertanyaan pertama yang ditanyakan oleh auditor kepada klien. Apabila pengendalian internal perusahaan baik maka compliance test dapat dipersempit hingga jangka waktu penyelesaian audit semakin cepat.

Internal control kas dan setara kas menjadi perhatian utama bagi perusahaan sebab adanya kemungkinan penyalahgunaan uang perusahaan untuk keperluan pribadi. Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas memungkinkan pengguna dapat mengetahui kelemahan pengendalian internal yang jelek di perusahaan tersebut.

Pengendalian internal kas dan setara kas untuk menghindari adanya penyelewengan penggunaan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi adalah

  1. Pemisahan tugas dan tanggungjawab antar departemen
  2. Petugas yang melakukan rekonsiliasi harus berbeda dengan yang mengerjakan buku bank.
  3. Penggunaan metode imprest fund sebagai dasar mengelola kas kecil.
  4. Prosentase kas harus sesuai antara yang digunakan dan yang disimpan di bank.
  5. Penggunaan kuintansi bernomor urut tercetak untuk menghindari penggunaan yang tidak terotorisasi

Baca Juga: Contoh Soal Audit Piutang dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Kasus Pemeriksaan Kas Kecil dan Penyelesaiannya

Contoh soal kasus pemeriksaan kas kecil dan penyelesaiannya memungkinkan perusahaan mendeteksi kecurangan yang dilakukan bagian purchasing atau akunting. Proses pembelian alat kantor tidak mungkin dilakukan dalam bentuk pembayaran dengan menggunakan cek bahkan transfer karena akan menyulitkan.

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas tentunya melibatkan kas kecil karena kas kecil berguna untuk membayara gaji karyawan secara cash atau pembelian perlengkapan dan peralatan kantor perusahaan.

Contoh soal kasus pemeriksaan kas kecil dan penyelesaiannya terjadi pada PT Rafinternet yang melaporkan kas kecil dalam laporan keuangan sebesar Rp 6.550.700. Pada saat pemeriksaan lapangan, auditor telah menemukan temuan audit sebagai berikut.

KeteranganNominalJumlahTotal
Uang recehRp200600Rp120.000
Rp500400Rp200.000
Rp1.000320Rp320.000
Uang KertasRp5.00020Rp100.000
Rp10.00025Rp250.000
Rp20.00050Rp1.000.000
Rp50.00040Rp2.000.000
Rp100.00037Rp3.700.000
Total Kas OpnameRp7.690.000

Baca Juga: Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Jurnal Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Jurnal pemeriksaan kas dan setara kas harus dibuat apabila temuan audit dan pencatatan yang dilakukan klien tidak sama. Audit kas dan bank menjadi materi praktikum auditing sehingga diharapkan mahasiswa mengetahui tujuan dan prosedur audit kas.

Jurnal pemeriksaan kas dan setara kas harus dibuatkan audit adjustment karena mungkin adanya salah saji material dalam laporan keuangan. Walaupun berupa kas kecil, auditor tetap memiliki tingkat materialitas tertentu dalam memberikan pendapat tentang kewajaran laporan keuangan.

Adapun jurnal pemeriksaan kas kecil dengan metode imprest berdasarkan hasil pemeriksaan lapangan oleh auditor adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2020Kas KecilRp1.139.300
Pendapatan Lain-LainRp1.139.300

Baca Juga: Hal-hal Yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Audit Plan

Demikian contoh soal kasus pemeriksaan kas kecil dan harus didokumetasikan pada kertas kerja pemeriksaan auditor semoga dapat membantu anda ya.

0 Response to "Contoh Soal Kasus Pemeriksaan Kas Kecil"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel