Contoh Soal Pertukaran Aktiva Tetap Sejenis dan Tidak Sejenis

Konten [Tampil]

Contoh soal pertukaran aktiva tetap sejenis dan tidak sejenis akan mengakibatkan perusahaan memperoleh laba rugi dari selisih penjualan aset tetap. Apabila pertukaran aktiva dengan aktiva lain mengalami laba maka perusahaan melakukan pencatatan laba selisih penjualan diakui sebagai pendapatan periode berjalan.

Cara menghitung laba rugi aktiva tetap adalah mempertimbangkan nilai buku pada akhir periode. Pertukaran aktiva tetap subtansi komersial adalah penjualan aset tetap yang mempengaruhi kas periode mendatang seperti pelepasan tanah. Contoh soal jurnal aktiva tetap dapat dibuat penyusutan setiap periode yang berjalan.

Contoh soal penjualan aktiva tetap dan jawabannya harus mempertimbangkan nilai wajar pada saat penyerahan. Laba penjualan aktiva tetap koreksi fiskal harus dilakukan sebab perusahaan memperoleh penghasilan tidak berasal dari aktivitas operasionalnya. Revaluasi aset tetap akan dikenakan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 yang harus disetorkan perusahaan.

Contoh Soal Pertukaran Aktiva Tetap Sejenis dan Tidak Sejenis


Apa Yang Dimaksud Pertukaran Aktiva Tetap Yang Sejenis

Apa yang dimaksud pertukaran aktiva tetap yang sejenis adalah pengeluaran aset tetap sebagai harta perusahaan dengan menjadikan aset lain sebagai harta perusahaan. Ketika hasil penjualan lebih besar daripada nilai buku maka perusahaan akan mendapatkan laba penjualan aset pada periode tersebut.

Pertukaran aktiva tetap yang sejenis adalah perubahan bentuk aset tetap sebagai dasar pembuatan laporan keuangan. Pelepasan aktiva tetap dapat terjadi ketika perusahaan menghentikan manfaat penggunaan, penjualan dan tukar menukar aset tetap. Nilai buku adalah selisih biaya perolehan dengan aset tetap yang telah didepresiasikan.

Pertukaran aktiva tetap menurut para ahli adalah proses pengalokasikan harta perusahaan menjadi aktiva lain sejenis untuk menjalankan kegiatan operasional. Nilai residu dalam perpajakan tidak boleh diakui sehingga perusahaan harus melakukan koreksi fiskal positif atau koreksi fiskal negatif.

Baca Juga: Rumus Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Contoh Soal Pertukaran Aktiva Tetap dan Jurnalnya

Contoh soal pertukaran aktiva tetap dan jurnalnya adalah proses jual beli aset antar perusahaan dengan menggunakan nilai wajar. Perusahaan harus menetapkan metode penyusutan, umur manfaat dan kategori aktiva tetap dalam perpajakan agar pelaporan spt tahunan badan dapat dilaksanakan.

Contoh soal pertukaran aktiva tetap dan jurnalnya tentu akan memperlukan biaya perawatan setiap periodenya. Biaya pemeliharaan adalah biaya yang dikeluarkan dalam rangka mempertahankan agar aktiva tetap perusahaan dapat beroperasi secara efisien dan produktif. Pengeluaran pendapatan (revenue expenditure) adalah biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh penghasilan tahun berjalan.

Contoh soal tukar menukar aset tetap terjadi pada PT Masraffi yang mempunyai mobil dengan harga perolehan Rp 70.000.000 dan disusutkan selama 4 tahun. Pada tahun kedua, PT Masraffi menjual mobil dengan harga Rp 50.000.000. Tentukan laba penjualan aktiva tetap tersebut?

Baca Juga: Contoh Perhitungan Harga Pokok Penjualan Pada Perusahaan Manufaktur

Cara Menghitung Rugi Laba Penjualan Aktiva Tetap

Cara menghitung rugi laba penjualan aktiva tetap adalah mempertimbangkan perbandingan antara nilai buku dengan hasil penjualan. Hasil penjualan yang lebih tinggi daripada nilai buku akan menjadikan perusahaan memperoleh penghasilan tambahan.

Elemen-elemen yang membentuk harga perolehan aktiva tetap adalah biaya perolehan dan umur manfaat. Bagaimana cara mencatat perolehan aktiva tetap dan contohnya adalah mempertimbangkan nilai buku per tanggal penjualan aktiva tetap. Nilai buku adalah biaya perolehan dikurangi akumulasi penyusutan sampai periode tertentu.

Cara menghitung laba rugi penjualan aset tetap dimulai dengan menentukan nilai buku. Perusahaan dapat melaporkan laba penjualan aktiva tetap sebagai pendapatan dan beban lain-lain. Adapun perhitungan laba pertukaran aktiva tetap adalah:

Biaya Perolehan Rp 70.000.000
Akumulasi Penyusutan Rp 35.000.000
Nilai Buku Rp 35.000.000
Hasil Penjualan Rp 50.000.000
Laba Penjualan Aktiva Tetap Rp 15.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Penyusutan Fiskal Metode Garis Lurus

Demikian contoh soal pertukaran aktiva tetap sejenis dan tidak sejenis semoga dapat membantu proses alokasi biaya perolehan sesuai umur manfaatnya ya.

0 Response to "Contoh Soal Pertukaran Aktiva Tetap Sejenis dan Tidak Sejenis"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel